Bacaterus / Tanaman Air / 10 Tumbuhan Darat yang Juga Bisa Hidup di dalam Air

10 Tumbuhan Darat yang Juga Bisa Hidup di dalam Air

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika kamu berpikir bahwa tumbuhan darat hanya bisa hidup di atas tanah, maka sebaiknya buang jauh-jauh pikiran tersebut. Karena pada kenyataannya terdapat beberapa jenis tumbuhan darat yang bisa bertahan hidup di air. Tumbuhan sendiri adalah salah satu ciptaan Tuhan yang mengagumkan. Keberadaannya sendiri cukup penting dan bermanfaat bagi kehidupan.

Nah, supaya kamu mengetahui jenis-jenis tanaman darat yang bisa tumbuh di air. Kali ini Bacaterus telah merangkum tentang hal tersebut dalam artikel di bawah. Yuk, langsung saja cari tahu tentang tanaman darat yang juga bisa hidup dalam air!

1. Lavender

Lavender

Lavender adalah tumbuhan berbunga yang termasuk dalam keluarga Lamiaceae. Tumbuhan yang aromanya kerap dimanfaatkan untuk tujuan komersial ini biasa tumbuh di wilayah selatan Afrika sampai ke wilayah timur India.

Lavender merupakan tumbuhan pendek yang kerap digunakan sebagai tanaman hias atau pun diekstrak menjadi minyak esensial. Selain memiliki aroma khas yang menenangkan, tumbuhan liar yang satu ini memiliki keunikan yang jarang diketahui oleh masyarakat.

Nah, bunga Lavender sendiri ternyata menjadi salah satu tumbuhan yang bisa bertahan hidup di air. Hanya saja untuk hal ini diperlukan pengetahuan serta teknik khusus dalam prakteknya.

2. Lily

Lily

* sumber: thehijau.com

Lily atau bunga Bakung adalah jenis tumbuhan berbau harum yang kerap dijadikan hiasan di pekarangan rumah. Bunga yang termasuk dalam keluarga Liliaceae ini memiliki ribuan spesies yang tumbuh subur di sebagian besar wilayah Eropa.

Bunga Bakung memiliki memiliki ciri fisik tangkai yang kuat. Kebanyakan dari spesies ini membentuk umbi polos di bawah tanah. Meskipun demikian beberapa jenis tanaman ini memiliki kemampuan hidup di air.

Bunga Lily sendiri memiliki karakteristik bunga besar dengan aroma wangi yang cukup kuat serta memiliki beragam warna mulai dari putih, merah, jingga, ungu, bahkan hitam. Umumnya bunga ini memiliki corak berupa bintik dibagikan bunga.

3. Mint

Mint

* sumber: www.gardeningknowhow.com

Daun mint memiliki nama ilmiah Mentha piperita L. Daun mint sendiri merupakan  jenis tanaman yang banyak ditemukan di wilayah Eropa. Masyarakat kerap memanfaatkan daun ini untuk berbagai keperluan seperti pengobatan atau untuk kuliner.

Daun mint memiliki karakteristik daun berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan memberikan sensasi dingin ketika dikonsumsi. Aroma khas dari daun ini pun cukup unik dan menyegarkan.

Nah, bila sebagian besar berpikir tumbuhan ini hanya bisa hidup di darat, maka itu tidak sepenuhnya benar. Karena pada kenyataannya daun Mint merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bisa tumbuh dan bertahan di air.

4. Rosemary

Rosemary

* sumber: www.amazingherbgarden.com

Rosemary adalah jenis tumbuhan yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan. Di Indonesia ini jenis tanaman ini memang tidak begitu dikenal dengan baik. Rosemary sendiri lebih populer di kawasan Eropa dan kawasan laut tengah. Selain untuk kuliner, tumbuhan ini pun biasa digunakan untuk pengobatan atau pengusir hama.

Nah, Rosemary dikenal memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Tanaman ini tidak hanya mampu tumbuh di darat tapi juga di air. Masyarakat sendiri kerap menjadikan tanaman jenis ini untuk hiasan di dalam rumah.

5. Anggrek

Anggrek

* sumber: wallup.net

Siapa yang tidak kenal dengan bunga indah dan semerbak ini? Ya, hampir sebagian besar masyarakat tanah air menyukai jenis tanaman ini. Anggrek adalah jenis tanaman hias yang tumbuh subur di wilayah tropis.

Tanaman berbunga indah ini memiliki aroma wangi yang kuat yang disukai oleh masyarakat. Anggrek memiliki karakteristik berdaging tebal dengan kandungan air yang cukup banyak. Nah, selain mampu tumbuh di darat, tanaman yang masuk dalam keluarga Orchidaceae ini mampu juga tumbuh dan bertahan di dalam air.

6. Rumput Teki

Rumput Teki

* sumber: www.azaqua.nl

Rumput Teki adalah jenis tanaman lain yang juga cukup adaptif. Tanaman ini memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik, bahkan pertumbuhannya sendiri sangat sulit untuk dikendalikan. Rumput Teki menyebar hampir di seluruh dunia. Warnanya yang hijau memang memberikan visual yang indah.

Di Indonesia sendiri tanaman jenis ini sering dijadikan untuk bahan pengobatan berbagai penyakit mulai dari sakit mata, diare, meredakan demam hingga mengurangi gejala PMS. Nah, meski tumbuh subur di darat, namun jenis tanaman ini juga bisa hidup di air. Masyarakat sendiri kerap menjadikan tanaman ini sebagai hiasan untuk akuarium di rumah.

7. Pakis Lidah

Pakis Lidah

* sumber: www.discus.com

Pakis lidah memiliki nama ilmiah Microsorum pteropus. Tanaman ini termasuk jenis paku-pakuan biasa tumbuh di negara Asia. Jika kamu salah satu orang yang hobi dengan aquascaping, maka pasti tidak asing dengan tanaman bernama Java Fern atau Pakis Jawa.

Jenis tanaman yang kerap digunakan untuk hiasan akuarium ini memang cukup populer. Selain karena ketersediaannya yang melimpah, kemampuan adaptasinya juga terbilang cukup baik. Pakis Lidah sendiri memiliki karakteristik daun memanjang seperti lidah dengan kulit ari yang terlihat jelas. Warnanya yang hijau dapat membuat tampilan akuarium atau ruangan semakin menarik.

Baca juga: Inilah 5 Perbedaan Tumbuhan Lumut dan Tumbuhan Paku

8. Sirih Gading

Sirih Gading

* sumber: ilmubudidaya.com

Sirih Gading merupakan jenis tanaman darat lainnya yang juga mampu tumbuh di air. Sirih Gading adalah tumbuhan merambat yang biasa ditanam untuk menghiasi pekarangan rumah. Sirih Gading sendiri dikenal karena warnanya yang cerah.

Tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga Araceae ini memang kerap dimanfaatkan untuk sejumlah keperluan seperti pengobatan dam juga tanaman hias. Karakteristik daunnya berwarna kuning cerah dengan daun berukuran besar. Sirih gading mampu hidup di media tanam air. Tanaman ini kerap dijadikan hiasan ruangan karena bentuknya yang unik.

9. Begonia

Begonia

* sumber: threepsandq.com

Begonia adalah  jenis tumbuhan  yang juga memiliki kemampuan bertahan hidup di air. Begonia sendiri adalah jenis tanaman berbunga indah yang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai hiasan di pekarangan rumah. Begonia terdiri dari 1500 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Selain memiliki visual yang dapat menambah estetika ruangan, tanaman ini juga cukup mudah dalam hal perawatan.

Nah, jika kamu tidak memiliki pekarangan yang cukup untuk menanam tumbuhan, maka kamu pun bisa memanfaatkan media tanam air. Kemampuan Begonia dalam beradaptasi memang cukup baik. So, kamu tidak perlu khawatir tumbuhan ini tidak bisa bertahan hidup.

10. Ivy

Ivy

*

Bunga Ivy adalah jenis tanaman merambat yang memiliki nama ilmiah Hedera. Tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga Araliaceae ini biasa tumbuh di Eropa, Afrika, dan juga Asia. Masyarakat kerap menggunakan tanaman ini sebagai hiasan ruangan.

Tanaman ini memiliki bentuk yang indah serta memiliki warna yang cukup beragam. Hal inilah yang menjadi alasan bagi orang-orang untuk menjadikannya sebagai tanaman hias. Meski termasuk tumbuhan darat, namun bunga Ivy sendiri memiliki kemampuan yang baik untuk tumbuh dan berkembang di air.

Nah, jika kamu salah satu orang yang hobi untuk mengkoleksi tanaman hias di ruangan, maka bunga yang satu ini menjadi tanaman yang tepat untuk hal tersebut.

Demikianlah informasi mengenai 10 tumbuhan darat yang bisa hidup di air. Semoga informasi yang telah Bacaterus bahas di atas bisa menjadi referensi bagi kamu yang hobi untuk merawat tanaman di ruangan dengan media air.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *