Bacaterus / Sekolah / Yuk, Ketahui 10 Tugas yang Harus Dilakukan Ketua Kelas

Yuk, Ketahui 10 Tugas yang Harus Dilakukan Ketua Kelas

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bicara mengenai sekolah dan strukturnya, pasti memiliki berbagai ragam kelas. Kelas yang terdiri dari berbagai jurusan dan peminatan ini menjadi salah satu rumah dalam sebuah sekolah. Yang mana terdapat struktur organisasi di dalamnya. Struktur organisasi di dalam kelas tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting.

Salah satu fungsi pembuatan struktur kelas adalah supaya terbentuknya peraturan di dalam kelas. Serta wewenang dalam menentukan berbagai hal yang terjadi di kelas bisa diberikan secara adil. Apabila sebuah kelas tidak memiliki struktur organisasi, maka dalam mengambil sebuah keputusan akan rancu.

Kali ini Bacaterus akan menyajikan informasi mengenai tugas ketua kelas. Sebelumnya, apakah kamu tahu definisi ketua kelas? Menurut KBBI ketua artinya adalah orang yang memimpin atau mengepalai suatu perkumpulan, rapat, dewan dan sebagainya. Jadi bisa dikatakan ketua kelas adalah pimpinan dalam suatu kelas yang memiliki beberapa tugas tambahan.

Di Indonesia sendiri rata-rata pemilihan ketua kelas dilakukan dengan demokrasi yaitu memilih secara voting. Ada juga yang mengajukan diri atau ditunjuk oleh wali kelas. Nantinya setelah ketua kelas sudah dipilih. Maka ketua kelas yang akan menjadi moderator dalam pemilihan jajaran di bawahnya.

1. Menjadikan Kelas Kondusif

Menjadikan Kelas Kondusif

* sumber: www.mentimeter.com

Ketua kelas merupakan struktur tertinggi dalam kelas, dibawah wali kelas. Salah satu tugas wajib seorang ketua kelas adalah menjadikan kelas kondusif. Ketika Sekolah Dasar Anda pasti tidak asing dengan wewenang ketua kelas. Mencatat gerak-gerik siswa lain apabila ruang kelas di tinggal oleh guru.

Ketika SMP dan SMA ketua kelas juga tetap wajib menjaga kondusif kelasnya. Walaupun dengan cara yang berbeda. Seperti ketika terdapat teman yang bertengkar atau ricuh. Ketua kelas lah yang wajib menjadi penengah dibantu teman-teman yang lainnya. Ini merupakan cara menjaga kondusif kelas versi usia remaja.

2. Perantara Guru Memberikan Tugas

Perantara Guru Memberikan Tugas

* sumber: www.thoughtco.com

Selain menjaga kondisi kelas agar tetap tenang dan aman. Tentunya ini merupakan tugas wajib ketua kelas yang sudah tidak asing lagi. Menjadi perantara guru dalam memberikan sebuah tugas.

Sering sekali Anda menemui jam kosong mata pelajaran. Lalu ketua kelas memberikan pengumuman atau ditulis di papan tulis mengenai tugas saat jam kosong. Ketua kelas biasanya juga akan mengantarkan tugas yang telah selesai ke ruang guru.

Mereka memang dikenal dekat dan akrab dengan para guru. Apalagi ketua kelas tersebut juga menjadi juara kelas dan mengikuti berbagai organisasi. Pastinya semakin terlihat wibawanya di mata guru-guru.

3. Memimpin Rapat di Kelas

Memimpin Rapat di Kelas

* sumber: www.myrecordjournal.com

Pasti sudah tidak kaget lagi bukan, terdapat rapat dadakan di kelas. Apalagi seusai ujian akhir sekolah. Biasanya akan diadakan berbagai lomba antar kelas yang dinamakan “class Meeting” nah ini merupakan kegiatan tahunan dari OSIS yang diadakan di sekolah masing-masing.

Ketua kelas lah yang berwenang dalam memimpin rapat. Dibantu oleh sekretaris menulis notulensi rapat. Biasanya yang dibahas mulai dari ide-ide dalam lomba. Pembagian tugas dan kelompok serta berbagai hal yang menarik. Di sini peran aktif ketua kelas sangat dibutuhkan untuk memancing minat seluruh anggota kelas.

4. Perwakilan Kelas untuk Hadir Saat Rapat Sekolah

Perwakilan Kelas untuk Hadir Saat Rapat Sekolah

* sumber: learnenglish.britishcouncil.org

Hal yang dilakukan ketua kelas, selain menjadi pimpinan di kelas adalah menjadi perwakilan kelas dalam rapat antar kelas di sekolah. Biasanya rapat-rapat besar ini dilakukan saat akan acara besar OSIS dan harus ada bantuan dari berbagai kelas.

Ketika penentuan seleksi untuk lomba dan sebagainya. Ketua kelas juga mewakili untuk mendengarkan instruksi saat rapat antar kelas. Apabila rapat telah usai, ketua kelas akan mengumumkan di kelasnya mengenai pembahasan dalam rapat antar kelas.

5. Bertanggung Jawab untuk Semua Siswa di Kelas

Bertanggung Jawab untuk Semua Siswa di Kelas

* sumber: www.zerotoalpha.com

Ketua kelas tidak hanya bertanggung jawab terhadap dirinya. Namun ia juga bertanggung jawab terhadap isi kelas. Ibarat kata ia ditunjuk menjadi kepala keluarga dalam kelas. Mengatur segala hal agar kelas tetap terjaga dan baik.

Seorang ketua kelas wajib memiliki sifat tanggung jawab. Ia tidak akan menyalahkan orang lain apabila memang ada kesalahan di dalam kelas. Menjadi penengah yang baik dalam kelas, serta tidak boleh memilih-milih teman.

Ketua kelas harus bersifat sosial dan mendisiplinkan peraturan yang telah dibuat. Seperti peraturan tidak mengikuti jadwal piket, membuang sampah sembarang di kelas diberikan sanksi dan sebagainya. Semua itu dapat ditindaklanjuti oleh ketua kelas dibantu seksi keamanan dan jajaran lainnya.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Lingkungan Sekolah agar Bersih dan Rapi

6. Memberikan Arahan dan Masukan

Memberikan Arahan dan Masukan

* sumber: www.woodlandschools.org

Tentunya selain menjadi perwakilan dan memimpin rapat. Tugas pokok seorang ketua kelas adalah memberikan arahan dan saran. Serta kritikan kepada jajaran di bawahnya. Hal ini dilakukan dengan cara musyawarah mufakat. Seharusnya kegiatan ini diadakan setiap 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali.

Memberikan arahan ini bersifat  feedback antara ketua kelas dengan anggota kelas yang lain. Saling memberikan masukan dan ketua kelas lah yang menjadi perwakilan untuk mewakili anggota lainnya. Menyampaikan kritik dan saran selama satu semester tersebut.

7. Melakukan Segala Tindakan Secara Netral

Melakukan Segala Tindakan Secara Netral

* sumber: wcfcourier.com

Pada kenyataannya hal ini sangat susah apalagi dilakukan oleh anak-anak di masa remaja. Kecenderungan untuk mencari kelompok baru sesuai dengan yang Ia inginkan sangatlah kuat.

Namun sebagai ketua kelas, Anda harus bersifat netral. Artinya tidak memihak A atau B ketika terjadi perselisihan. Hal ini menjadi tugas yang cukup berat bagi seorang ketua kelas. Menjadi penyeimbang dan penengah adalah hal yang tepat untuk ketua kelas.

Anda harus bersifat berwibawa dan mampu menyelesaikan permasalahan tanpa menimbulkan masalah baru. Mencari win win solution ketika terjadi masalah juga menjadi salah satu kunci suksesnya problem solving.

8. Melaporkan Evaluasi Kepada Wali Kelas

Melaporkan Evaluasi Kepada Wali Kelas

* sumber: www.mlabs.com.br

Ini juga menjadi tugas pokok seorang ketua kelas. Memberikan hasil evaluasi dari kelas selama satu semester yang sudah dirangkum oleh sekretaris. Hal ini digunakan sebagai acuan guru dalam menentukan metode pembelajaran selanjutnya.  untuk memberikan pembelajaran secara optimal.

Pengambilan evaluasi juga dilakukan secara demokrasi dan transparan. Supaya anggota kelas dapat menambahkan masukan ataupun tambahan dalam evaluasi yang akan diberikan kepada wali kelas.

9. Memberikan Contoh yang Baik

Memberikan Contoh yang Baik

Menjadi seorang ketua kelas adalah menjadi pemimpin tertinggi di kelas. Ibarat sebuah keluarga menjadi kepala keluarga. Yang artinya tingkah lakunya menjadi sorotan semua anggota kelas dan dijadikan contoh di kelas.

Untuk itu menjadi ketua kelas bukanlah perkara mudah. Bukan saja pandai memanajemen kelas. Melainkan perbuatan dan tingkah lakunya juga harus menyeimbangi.

10. Bekerjasama dengan Baik

Bekerjasama dengan Baik

* sumber: www.sundaresanthinks.com

Bekerjasama dengan baik adalah tugas yang wajib dilakukan ketua kelas. Berkolaborasi dengan ketua kelas dari kelas lain, OSIS, anggota di kelas dan jajarannya akan memberikan efek yang baik untuk keberhasilan memimpin sebuah kelas.

Bukan hanya itu kerjasama di sini dalam arti memiliki rasa team work, dan tidak individualis. Menjadi ketua kelas biasanya menjalin kerjasama saat akan ada lomba antar kelas. Ketua kelas harus bisa berkolaborasi dengan team di kelasnya untuk mencapai tujuan bersama.

Untuk itu apabila kamu berminat menjadi ketua kelas. Anda harus paham betul makna sesungguhnya ketua kelas dan memahami tugas pokok ketua kelas dan jajarannya.

Semoga informasi ini dapat membantumu menjadi ketua kelas yang baik dan amanah. Terus baca artikel favorit Anda di Bacaterus dan jangan lupa share sebanyak-banyaknya artikel favoritmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *