bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Tubir

“Tubir” diartikan sebagai "ribut" atau suatu situasi yang tidak keruan yang sering kali diidentikkan dengan pertengkaran, terutama pertengkaran secara virtual atau di dunia maya.

Kata "tubir" dalam bahasa gaul cenderung memiliki konotasi negatif. Ini karena situasi tubir biasanya menggambarkan keadaan yang tidak harmonis, penuh dengan adu argumen, dan sering kali tidak produktif.

Ketika seseorang mengatakan "Jangan tubir di sini", maksudnya adalah untuk mengingatkan agar tidak menciptakan keributan atau pertengkaran di suatu tempat.

Asal Muasal Istilah Tubir

Penggunaan kata "tubir" dalam bahasa gaul muncul seiring dengan berkembangnya penggunaan media sosial di kalangan anak muda. Media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook sering menjadi tempat di mana orang saling berbagi pendapat, yang tidak jarang berujung pada debat panas atau pertengkaran.

Misalnya, ketika ada sebuah topik kontroversial yang sedang hangat dibicarakan, dan terjadi banyak perdebatan sengit di kolom komentar, situasi ini sering disebut sebagai "tubir". Contoh penggunaan dalam kalimat adalah, "Lihat deh, di postingan itu lagi tubir habis-habisan soal politik."

Contoh Penggunaan Istilah Tubir

Berikut adalah contoh tweet di X/Twitter yang menggunakan istilah “tubir”:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross