Bacaterus / Kopi / 10 Tren Kopi Terbaru dan Terunik yang Harus Anda Coba

10 Tren Kopi Terbaru dan Terunik yang Harus Anda Coba

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Desember 2018

Kopi menjadi salah satu minuman yang paling berkembang beberapa tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan menjamurnya kedai kopi di berbagai sudut kota dengan konsep yang friendly. Konsep ini membuat para pelanggan dan barista berkesempatan untuk mengetahui segala hal tentang kopi, mulai dari biji, penyajian, hingga alat pembuatan kopi.

Sekilas, penyajian dan rasa kopi seperti begitu-begitu saja. Mungkin bagi sebagian orang, hanya mengenal espresso, Americano, dan latte, dengan rasa pahit dan manis. Padahal, beberapa barista dan ahli sekarang ini tengah bereksperimen dengan cita rasa unik yang dimiliki kopi, mulai dari orisinal hingga mencampurnya dengan sayuran sehingga menjadikan lebih sehat.

Berikut ini, ada 10 tren kopi baru yang telah Bacaterus rangkum dari berbagai sumber yang perlu Anda ketahui. Tertarik untuk mencobanya?

10 Tren Kopi Terbaru

1. Kopi Olahan

* sumber: www.pinterest.co.uk

Menurut ahli kopi di Taylors of Harrogate, Inggris, Rick Tingley, kopi olahan alami cenderung meningkat beberapa tahun terakhir. Olahan ini mencampurkan kopi dengan buah-buahan, sehingga karakteristik rasanya sangat unik.

Metode olahan ini berasal dari tempat-tempat penghasil kopi terbaik, yakni Etiopia dan Panama, yang telah ada sejak ratusan tahun lalu. Di Indonesia sendiri, ada beberapa petani yang telah mengembangkannya. Bagi Anda pecinta kopi, pasti pernah, kan, merasakan atau mendengar kopi rasa nangka, pisang, dan pepaya?

2. Teh Ceri Kopi atau Cascara

Teh ceri kopi atau Cascara

* sumber: www.comunicaffe.com

Mungkin ini membuat Anda cukup bingung, apakah ini minuman teh atau kopi? Cascara yang umumnya dikonsumsi di Bolivia adalah minuman teh terbuat dari kulit ceri kopi yang dikeringkan.

Kehadiran Cascara tentu bukanlah hal yang baru, tetapi orang mulai meliriknya kembali sebagai alternatif karena kandungan kafeinnya yang sangat rendah. Terlebih, jenis minuman ini bisa mengurangi limbah kulit ceri kopi yang biasanya dibuang begitu saja atau hanya menjadi kompos.

Untuk rasa, Cascara tidak pahit seperti kopi. Minuman ini hampir mirip dengan teh pada umumnya. Tetapi, ada juga beberapa rasa yang telah dikembangkan, seperti notes juicy velvet, mouthfeel, dried plum, bahkan dried apple.

3. Cold Brew

* sumber: id.pinterest.com

Kopi tidak melulu disajikan panas. Terkadang, penyajian dingin membuat kopi lebih nikmat apalagi dalam cuaca terik. Namun, metode penyajian ini berbeda dengan kopi dingin pada umumnya karena harus melalui ekstraksi atau perendaman minimal delapan jam. Selain itu, air yang digunakan untuk menyeduhnya juga dingin, tidak panas. Hal ini membuat keasaman kopi tidak begitu keluar dan dapat dinikmati siapa saja.

4. Nitro Brew

Nitro Brew

* sumber: knowyourgrinder.com

Cara penyajian yang satu ini memang bukan hal yang baru, tetapi masih sangat jarang ditemukan di Indonesia. Nitro brew merupakan penyajian kopi yang hampir sama dengan cold brew, yang menggunakan air dingin untuk penyeduhannya. Namun, proses ekstrasinya lebih lama dan menambahkan nitrogen di dalamnya.

Setelah membuat cold brew biasa, kopi ini akan dimasukan ke dalam alat khusus tanpa oksigen, kemudian akan dipompa nitrogen ke dalam. Biasanya, waktu penyimpanan dilakukan selama lima hari hingga satu minggu. Hasilnya, kopi ini memiliki gelembung-gelembung putih di atasnya. Daripada terlihat seperti kopi, minuman ini lebih mirip bir, dengan rasa kopi yang lebih tajam dan sedikit manis.

5. Tonic Espresso

Tonic Espresso

* sumber: www.bluedonkeycoffee.com

Minuman ini mungkin terdengar aneh, sebab biasanya tonik menjadi campuran koktail, terumata dengan Gin. Tetapi, kini tonik telah dipasangkan dengan kopi dan menghasilkan minuman dingin yang unik di mana dalam satu gelas terdapat kafein yang berkarbonasi.

Meski seperti pasangan yang kurang pas, tapi kopi dan tonik bisa menjadi pilihan Anda ketika cuaca panas. Tak hanya itu, tampilan Tonic Espresso yang ciamik bisa menghiasi feed Instagram Anda.

6. Kopi Rempah

* sumber: www.instagram.com

Anda pasti akan memberi gula, susu, atau krimer agar kopi tidak terlalu pahit, bukan? Sayangnya, pemanis membuat minuman tersebut mengandung kalori yang cukup tinggi. Untuk mengatasinya, remah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, bunga lawing, dan lainnya, bisa menjadi pilihan terbaik. Selain memberi kompleksitas rasa, rempah-rempah ini dapat memberi khasiat baik untuk tubuh.

Meski minuman ini sudah ada sejak lama bahkan ratusan tahun lalu di negara-negara Timur Tengah, khususnya Maroko, tapi para pecinta kopi mulai melirik kopi rempah sebagai alternatif menikmati kopi dengan cara yang sehat.

7. Latte Warna

Latte warna

* sumber: www.baristainstitute.com

Pernah melihat kopi dengan latte pelangi di Instagram? Ya, kopi ini sempat menjadi perbincangan warganet dan para pecinta kopi.

Cara ini mungkin menjadi salah satu pilihan tepat para barista untuk menggaet sejumlah kalangan terutama generasi milenial untuk datang ke kedai dan mencicipi hidangan kopinya. Memang, akhir-akhir ini minuman dan makanan akan dibuat lebih sensasional agar terlihat Instagramable, apalagi pada seni latte yang kian populer.

Pada umumnya, latte hanya berwarna cokelat atau krem kemudian diolah menjadi berbagai bentuk dengan keahlian para barista. Nah kini, para barista akan menambahkan pewarna makanan untuk membuat latte pada kopi Anda, tidak hanya lezat tapi juga lebih terlihat menyenangkan.

8. Kopi Jamur

* sumber: us.foursigmatic.com

Apakah Anda merupakan orang-orang yang tak bisa melewatkan kopi di pagi hari? Ya, kopi terkenal akan khasiatnya untuk menambah energi agar hari-hari bisa dilalui dengan semangat. Sayangnya, jika dikonsumsi terlalu banyak, kopi akan membuat jantung Anda berdetak tak karuan dan menyebabkan gangguan tidur.

Dalam mengatasi hal ini, para pakar menciptakan racikan kopi yang bisa membuat tubuh tetap sehat, yakni dengan menginfusi jamur ke dalamnya. Bahkan mereka percaya, kopi jamur lebih sehat daripada kopi biasa karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Tak hanya itu, kafein yang dihasilkannya pun tidak berlebihan seperti pada kopi pada umumnya.

9. Kopi Brokoli

* sumber: www.independent.co.uk

Anda pasti sudah meyadari jika tahun ini atau bahkan sebelumnya, orang-orang mulai beralih pada makanan dan minuman yang sehat, bukan? Ketika gaya hidup dan kebiasaan mengonsumsi junk food sulit dipisahkan, akan selalu tercipta pilihan-pilihan yang menarik.

Salah satunya adalah kopi brokoli. Minuman yang satu ini hampir seperti kopi jamur, namun berbeda dalam penyajian. Jika kopi jamur disajikan dengan cara menginfus tanaman ke dalam kopi, yang satu ini hanya ditaburi serbuk saja.

Para pakar gizi berhasil mengubah brokoli menjadi serbuk untuk campuran pada kopi. Jika kopi kemasan ada yang menggunakan bubuk cokelat sebagai taburannya, nah jenisnya kini diganti dengan brokoli dan tentu saja membuat kandungan gizi minuman tersebut lebih menyehatkan.

Bubuk ini diciptakan bertujuan untuk memberi asupan sayur dengan cara yang lebih sederhana dan bisa dicampur dengan minuman favorit. Ke depannya, serbuk ini diharapkan bisa digunakan pada makanan juga.

10. Peralatan Kopi yang Berbasis Teknologi Tinggi

Peralatan Kopi yang Berbasis teknologi tinggi

* sumber: pixabay.com

Seiring berjalannya waktu, cara penyeduhan kopi tidak hanya ditubruk saja. Ada opsi lain yang membuat pecinta kopi dapat menikmati minuman favoritnya lebih beragam. Memang, hal itu tidak lepas dari keahlian para barista di belakangnya. Namun tidak menutup mata, ada alat penyajian kopi yang membantu mereka menghasilkan cita rasa kopi yang konsisten.

Jika sebelumnya menggunakan penyeduhan manual, kini para produsen alat kopi memberi kemudahan dengan menciptakan alat berbasis teknologi tinggi sehingga lebih praktis. Beberapa alat mulai dari penggilingan, timbangan, hingga penyaring kopi, bisa ditemukan di setiap kedai, tentu dengan kecanggihan yang luar biasa.

Dengan beragamnya tren kopi yang kian menjamur, Anda tentunya sudah tidak akan memesan menu itu-itu saja, kan? Atau sudah pernah mencoba salah satu dari 10 tren kopi di atas? Jika belum, sebaiknya segera mencicipinya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar