bacaterus web banner retina

4 Jenis Transportasi dari Kuala Lumpur International Airport

Ditulis oleh Linda

PERHATIAN

Artikel Sponsor PERMANEN LINK

Bingung mencari transportasi dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) menuju ke KL sentral atau pusat kota? Tenang, ada banyak pilihan transportasi kok. Bahkan, ada kereta ekspres yang menghubungkan KLIA dan KLIA2 dengan KL sentral, lho. Menariknya, KLIA Ekspres ticket price Traveloka mempunyai harga spesial!

Jika saat ini kamu masih bingung memilih moda transportasi dari KLIA atau KLIA2 menuju ke KL sentral, Bacaterus akan memberikan beberapa pilihan transportasi nih. Yuk, simak beberapa pilihan transportasi berikut ini.

1. Bus

Bus
*

Pilihan transportasi paling ekonomis untuk menuju ke KL sentral adalah bus. Ada dua jenis bus yang beroperasi hampir 2 jam, yakni Aerobus dan SkyBus. Namun, bus ini hanya tersedia di KLIA2, bandara khusus low cost flight atau maskapai penerbangan yang ekonomis.

Untuk naik bus, kamu bisa langsung ke Transportation Hub yang ada di Level 1 KLIA2. Belilah tiket terlebih dahulu di loket, kemudian silakan menuju ke peron tempat bus menunggu penumpang.

Perlu kamu ketahui, bus dari KLIA2 ke KL sentral berangkat setiap 30 menit sekali. Bus ini beroperasi mulai pukul 04:30 sampai pukul 02:30 dini hari. Tarif busnya cukup murah, yakni sekitar RM 15. Kamu akan menghabiskan waktu 75 menit dari KLIA2 menuju ke KL sentral dengan menggunakan bus.

2. KLIA Ekspres

KLIA Ekspres
*

Jika Indonesia memiliki Railink, kereta yang menghubungkan stasiun di tengah kota ke Bandara Soekarno Hatta, Kuala Lumpur punya KLIA Ekspres. Ini adalah pilihan transportasi tercepat yang akan membawamu dari KLIA atau KLIA2 menuju ke KL sentral.

Harga tiket KLIA Ekspres ini lebih mahal dibanding bus, yakni RM 55 per orang. Namun, kamu akan tiba di KL sentral dengan cepat. Dari KLIA – KL sentral hanya membutuhkan waktu 28 menit, sedangkan KLIA2 – KL sentral cukup memakan waktu 33 menit saja. Sangat cepat, bukan?

Walaupun harganya berkali-kali lipat lebih mahal dari bus, KLIA Ekspres menawarkan kecepatan dan kenyamanan bagi penumpangnya. Kereta ini berangkat setiap 15 menit sekali pada jam sibuk. Sementara di luar jam sibuk atau lewat tengah malam, KLIA Ekspres akan berangkat setiap 20-30 menit sekali. Jadi, kamu tidak perlu menunggu lama untuk bisa naik KLIA Ekspres ini.

3. Taksi

Taksi
*

Di Kuala Lumpur, ada juga taksi konvensional yang tersedia di bandaranya. Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan bus atau KLIA Ekspres. Namun, taksi adalah pilihan transportasi yang cocok untuk kamu yang membawa banyak barang dan ingin duduk dengan nyaman tanpa perlu menunggu jadwal keberangkatan bus atau kereta.

Untuk memesan taksi, kamu bisa langsung menghubungi pusat informasi yang tersedia di bandara. Cara pemesanan taksi hampir sama dengan ketika kamu memesan taksi dari bandara-bandara di Indonesia. Tarif taksinya sendiri beragam, mulai dari RM 75 – 200, sesuai dengan jenis taksinya.

4. Taksi Online

Taksi Online
*

Opsi lain untuk menuju ke KL sentral dari KLIA atau KLIA2 adalah dengan menggunakan taksi online yang juga cukup berkembang di Malaysia. Kamu bisa memakai aplikasi taksi online yang sudah ter-install di smartphone-mu untuk memesan kendaraan ketika berada di Kuala Lumpur. Cara pemesanannya sama, hanya saja kode promo yang kamu dapat di Indonesia biasanya tidak bisa dipakai di negara lain.

Taksi online adalah alternatif bagi kamu yang membawa banyak barang. Kamu yang pergi dengan rombongan 3-4 orang bisa menggunakan taksi online dari bandara ke KL sentral. Hindari penggunaan taksi online jika rombonganmu lebih dari 4 orang karena rata-rata mobil yang dipakai di sana adalah sedan yang hanya bisa menampung 4 orang saja.

Pada umumnya, taksi online menawarkan harga yang lebih murah dari taksi konvensional. Namun, waktu tempuhnya sama, sekitar 75 – 90 menit.

Itulah beberapa pilihan transportasi dari KLIA atau KLIA2 menuju ke KL sentral. Setiap jenis transportasi pasti memiliki plus minus-nya tersendiri. Jika kamu ingin transportasi yang murah meriah, jelas bus adalah pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika kamu lebih menginginkan transportasi cepat dan bebas macet, naik saja KLIA Ekspres yang tiketnya bisa kamu beli melalui Traveloka.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram