bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 7 Tornado Terbesar di Dunia yang Menelan Banyak Korban

7 Tornado Terbesar di Dunia yang Menelan Banyak Korban

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 29 Mei 2020

Tornado adalah bencana yang kerap menghampiri Negara Amerika Serikat, bencana alam yang dapat mengakibatkan kehancuran yang sangat dahsyat. Kerusakan yang diakibatkannya bahkan dapat menghancurkan seluruh kota, selain itu juga dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Berikut ini ulasan tentang beberapa tornado yang sangat besar yang pernah terjadi.

Sebelum membahas tentang tornado yang besar kamu harus tahu dulu skala untuk mengetahui kategori dari setiap tornado. Tornado dibagi menjadi beberapa kategori berikut ini adalah skala yang biasa digunakan untuk mengetahui kategori tornado.

Fujita Scale (F) dan Encahnced Fujita Scale (EF)

Fujita Scale (F) dan Encahnced Fujita Scale (EF)

Skala Fujita merupakan skala yang diciptakan oleh Tetsuya Theodore Fujita dari Universitas Chicago dan Allen Pearson dari National Severe Storm Forecast Center (NSSFC) yang saat ini menjadi Storm Prediction Center (SPC). Skala ini digunakan unutk mengukur intensitas tornado dari kehancuran yang diakibatkan oleh kecepatan angin.

Pada tahun 2007 di Amerika Serikat Fujita Scale digantikan oleh Enhanced Fujita Scale (EF), dirumuskan setelah kecepatan angin pada Fujita Scale ditaksir terlalu tinggi. Kategori dari Skala Fujita adalah F0 artinya rusak ringan, F1 Kerusakan sedang, F2 Kerusakan yang cukup besar, F3 kerusakan parah, F4 kerusakan yang menghancurkan, dan F5 kerusakan luar biasa.

Tornado Terbesar didunia

Tornado Terbesar didunia

Tornado yang terjadi dalam skala yang besar sebagian besar terjadi di Amerika Serikat, berikut ini adalah beberapa tornado terbesar yang pernah terjadi dengan kekuatan tornado yang menghancurkan.

1. Tornado El Reno (Oklahoma 2013)

Tornado El Reno (Oklahoma 2013)

Tornado El Reno terjadi pada tanggal 31 Mei 2013 di Oklahoma, tornado ini dianggap tornado yang paling besar dengan lebarnya sekitar 2,6 mil. Tornado ini berlangsung selama 40 menit, dimulai pada jam 6.03 sampai jam 6.43 sore hari. Awalnya tornado ini dikategorikan sebagai tornado kategori EF-3  tetapi National Weather Service melakukan peningkatan kategori tornado menjadi EF-5.

Peningkatan kategori menjadi EF-5 yaitu level tertinggi, dikarenakan kecepatan angin yang diukur oleh beberapa peneliti. Kecepatan angin diperkirakan mencapai  300 mph atau sama dengan 486 km/jam. Tornao El Reno ini telah mengakibatkan korban Jiwa sebanyak 18 orang dan lebih dari 150 orang terluka.

Tornado El Reno ini juga telah membunuh 4 orang para pemburu badai, yaitu seorang pioner dalam perburuan badai Tim Samaras dan Paul anaknya, serta koleganya Carl Young, dan seorang pemburu badai amatir Richard Charles Henderson. Tim samaras adalah seorang professional dibidang perburuan badai selama 30 tahun.

2. Tornado Hallam (Nebraska 2004)

Tornado Hallam (Nebraska 2004)

Tornado Hallam terjadi pada tanggal 22 Mei 2004, tornado terbesar kedua setelah tornado El Reno yang lebar maksimumnya 2.5 mil atau setara dengan 4 km. Tornado ini adalah satu tornado yang berlansung cukup lama dari pukul 19.30 sampai dengan pukul 21.10 dan menyapu banyak kota, dan kota Hallam yang menjadi nama dari tornado ini, karena Hallam kota terdampak yang paling parah.

Tornado pada saat awal terbentuk masih ada dalam kategori F-1 saat di sebelah barat laut kota Daykin di Wilayah Jeffeson, dan terus bertambah seiring tornado ini menyapu sebagian wilayah seperti Salline, Gage, Lancaster, dan Otoe hingga akhirnya mencapai kategori F-4. Wilayah terdampak juga cukup luas sekitar 84 km.

Kota-kota yang terdampak mengalami kerusakan cukup parah, banyak sekali bangunan yang hancur dan rata dengan tanah. Korban yang meninggal hanya satu orang dan 40 orang mengalami luka-luka, beruntung karena kota-kota yang dilewatinya termasuk kota yang jarang penduduknya.

3. Tornado Mulhall (Oklahoma 1999)

Tornado Mulhall (Oklahoma 1999)

Tornado Mulhall terjadi pada tanggal 3 Mei 1999 di Oklahoma, tornado pada tahun ini sering disebut juga dengan Oklahoma Tornado Ourbreak. Rangkaian tornado ini terjadi dalam waktu satu minggu dari tanggal 2-9 Mei dengan jumlah rangkaian tornado mencapai 154 tornado, dan masa puncak dari wabah tornado tersebut terjadi pada tanggal 3 – 4 Mei.

Lebar dari tornado ini 1,5 – 4,38 mil atau setara dengan 2,4 – 7,05 km dan kecepatan anginnya sekitar 260 mph atau sama dengan 418, 43 km/jam. Tornado yang terjadi di Mulhall masuk dalam kategori F4,  dengan kerusakan  dan kehancuran sekitar 60-70 %  dari 130 rumah yang ada di kota Mulhall. Tetapi korban jiwa dari daerah Mulhall hanya seorang penduduk yang mengalami cedera serius.

4. Tornado Bridge Creek-Moore (Oklahoma – 1999)

Tornado Bridge Creek-Moore (Oklahoma – 1999)

Tornado ini terjadi pada saat rangkaian tornado yang terjadi di Oklahoma pada tanggal 3 Mei 1999, tornado yang terjadi di daerah ini lebarnya sekitar 1-1,4 mil atau sama dengan 1,61 – 2,315 km.  Di saat tornado melewati daerah Bridge Creek pada pukul 18.54 kecepatan angin mencapai 302 ± 22 mph atau sama dengan 486 ±  35km/jam, dan dikategorikan sebagai tornado F5.

Tornado ini berlangsung cukup lama sekitar 1 jam 25 menit, dan mengakibatkan banyak kerusakan, banyak rumah mobil yang rusak, sekitar 200 rumah mobil, hal itu dikarenakan rumah mobil tersebut berada dalam jalur tornado. Tornado ini mengakibatkan korban jiwa sebanyak 36 orang meninggal dunia dan yang mengalami luka-luka hampir 600 orang.

5. Tornado Spencer Dakota Selatan (1998)

Tornado Spencer Dakota Selatan (Dakota Selatan 1998)

Tornado yang terjadi di Dakota selatan terjadi pada tanggal 30 Mei 1998, tornado ini diperkirakan menerjang kota Spencer pada pukul 20.38, dengan kecepatan angin sebesar 264 mph. Kerusakan yang diakibatkan oleh tornado ini menempatkan tornado ini pada tornado kategori F4.

Kerusakan yang diakibatkan oleh Tornado Spencer ini membuat tampak kota ini seperti hilang, karena sekitar 90% bangunan yang ada di kota hancur luluh lantak. Banyak rumah dan bangunan yang rata dengan tanah. Korban jiwa yang diakibatkan oleh tornado Spencer berjumlah 6 orang tewas dan sekitar 150 orang mengalami luka-luka.

6. Tornado Red Rock Oklahoma (Oklahoma 1991)

Tornado Red Rock Oklahoma (Oklahoma 1991)

Tornado yang terjadi di Red Rock Oklahoma terkadi pada tanggal, 26 April 1991, tornado Red Rock adalah rangkaian dari sebuah tornado. Tornado Red Rock adalah tornado dengan jalur kerusakan terpanjang tetapi karena melewati daerah dengan penduduk yang jarang maka tornado ini masuk kategori F4 dengan kecepatan angin 268 mph. 

7. Tornado Tri-state (Missouri Selatan, Illinois, Indiana 1925)

Tornado Tri-state (Missouri Selatan, Illinois, Indiana 1925)

Tornado yang melewati tiga negara bagian yaitu Missouri sebelah selatan, Illinois, dan Indiana ini terjadi pada tanggal 18 Maret 1925. Tornado ini dikategorikan sebagai tornado dengan kategori F5. Tornado ini tercatat sebagai tornado dengan jalur terpanjang yang diperkirakan sekitar 243 – 378, 3 km. Selain itu tornado ini tercatat sebagai tornado dengan durasi yang panjang yaitu 3 jam 37 menit.

Walaupun memiliki jalur yang panjang dan berdurasi lama, tetapi lebar tornado hanya sekitar 1,61 km. Korban jiwa yang diakibatkan oleh tornado ini berjumlah 695 orang meninggal dunia, 105 korban yang meninggal dari cedera setelah satu minggu kejadian, dan 2.027 orang mengalami luka-luka. Ada sekitar 15.000 rumah hancur serta di tiga negara bagian ada sembilan sekolah  yang hancur.

Nah, itulah beberapa tornado terbesar yang pernah terjadi di dunia. Dari ulasan diatas kamu jadi tahu pentingnya perkiraan cuaca, terutama apabila daerahmu adalah daerah yang rawan dengan bencana alam sehingga kamu dapat lebih waspada dan segera menyelamatkan diri dengan cepat  apabila bencana datang.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram