Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jakarta / 10 Toko Coklat di Jakarta yang Enaknya Membekas di Hati

10 Toko Coklat di Jakarta yang Enaknya Membekas di Hati

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Chocoholic mana suaranyaaa? Pasti banyak sekali yang suka coklat di sini. Author Bacaterus sendiri merupakan penggemar coklat, walaupun tidak sampai “fans berat”. Tapi, apakah Anda termasuk fans hardcore coklat atau pun bukan, itu tidak penting. Yang penting adalah, Anda harus menyimak artikel ini sampai selesai.

Kenapa? Karena Bacaterus mau memberi tahu Anda 10 toko coklat di Jakarta yang endeus banget! Toko coklat yang akan Bacaterus bahas di sini tidak cuma yang menjual coklat yang sudah dibentuk saja, ya. Mungkin ada juga toko yang menjual aneka kue coklat, es krim coklat, atau minuman coklat. Karena, Bacaterus percaya, setiap bentuk olahan coklat memiliki kelezatannya sendiri-sendiri.

So, apakah Anda penasaran di mana saja sepuluh toko coklat di Jakarta yang recommended banget? Ini dia rangkumannya khusus untuk Anda:

10 Toko Coklat Di Jakarta yang Enak Banget

1. Better Chocolate Than Never

Better Chocolate Than Never

* sumber: www.betterchocolatethannever.com

Toko coklat di Jakarta yang enak banget dan berada di urutan pertama adalah Better Chocolate Than Never. Toko ini bukan cuma toko coklat biasa saja, loh. Better Chocolate Than Never mengklaim bahwa mereka adalah sebuah kafe butik yang menyediakan semua jenis produk dark chocolate. Kafe butik ini membuat aneka kue, pie, cookies, minuman coklat, es krim, dan truffle.

Truffle di sini bukan jamur yang dilapisi coklat, ya! Truffle adalah nama dari sejenis confectionery (makanan manis/permen) yang dibuat dari chocolate ganache (campuran coklat dan krim) sebagai isinya.

Lalu, ganache akan dilapisi lagi dengan coklat cair dan diberi taburan kacang panggang (almond, hazelnut, dll) atau kadang parutan kelapa. Karena bentuk akhirnya biasanya mirip seperti jamur truffle, makanya nama makanan ini disebut truffle.

Itu tadi sekilas mengenai truffle. Kembali lagi pada kafe butik Better Chocolate Than Never lagi. Mereka mengklaim bahwa setiap kue yang mereka buat selalu fresh, mulai dari adonan hingga coklat yang digunakan.

Mereka juga selalu menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas tinggi, dan tidak pernah menambahkan bahan pengawet apa pun. Jadi, tentunya selain lezat, produk Better Chocolate Than Never juga menyehatkan.

Berikut adalah pricelist di Better Chocolate Than Never: es krim Rp 40 ribu, truffle dijual per boks dengan ukuran berbeda-beda (harga mulai dari Rp 80 – 390 ribu), kue/muffin kecil Rp 30 – 40 ribu, dan cake/pie besar mulai dari Rp 340 – 600 ribuan.

Ada juga paket parsel untuk memudahkan Anda yang mau memberikan Better Chocolate Than Never sebagai gift untuk kerabat. Better Chocolate Than Never berlokasi di Jalan Panglima Polim IV No. 14, RT 02 / RW 07, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Godiva

Godiva

* sumber: mohegansun.com

Para chocoholic sejati pasti sudah kenal banget dengan Godiva. “Godiva Chocolatier” merupakan produsen cokelat yang sudah berdiri sejak tahun 1926. Godiva pertama kali hadir di Brussel, Belgia. Lalu, pada tahun 1966, Godiva memulai pemasaran globalnya di Amerika Serikat.

Hingga kini, Godiva memiliki lebih dari 450 kafe butik di Amerika, Eropa, Kanada, dan Asia. Salah satunya ada di Indonesia, yang bertepatan di ibukota kita, Jakarta.

Anda bisa menemukan toko Godiva di Plaza Indonesia, Level 1, Unit 114. Alamat Plaza Indonesia ada di Jalan M. H. Thamrin, Kav 28-30. Lalu, ada satu lagi toko Godiva di Jakarta, yaitu di Plaza Senayan. Lebih tetepatnya di The FoodHall Plaza Senayan, B floor. Alamat Plaza Senayan adalah di Jalan Asia Afrika No. 8, Jakarta Selatan. Mereka beroperasi sesuai jam mall, yaitu dari jam 10 pagi – 10 malam.

3. Pipiltin Cocoa

Pipiltin Cocoa

* sumber: www.instagram.com

Tahukah Anda, kalau Indonesia merupakan negara penghasil biji kakao terbesar di dunia, setelah Pantai Gading dan Ghana? Lalu, kenapa Anda harus pusing-pusing mencari coklat enak di luar negeri, kalau di Indonesia ada Pipiltin Cocoa? Ya, Pipiltin Cocoa 100% menggunakan kokoa dari Indonesia yang diambil dari banyak daerah, seperti Flores, Bali, Aceh, dan Jawa Timur.

Pipiltin Cocoa terletak di Jalan Barito II No. 5, RT 09 / RW 07, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pipiltin Cocoa merupakan produsen coklat asli Indonesia yang sudah cukup dikenal. Pipiltin Cocoa ingin orang-orang Indonesia tahu, kalau coklat nusantara pun tidak kalah enaknya dari coklat buatan luar negeri.

Produk favorit Pipiltin Cocoa adalah chocolate bar-nya. Karena, Pipiltin Cocoa menyediakan choco bar dari coklat yang berbeda (bisa Anda lihat pada gambar di atas). Lalu, choco bar-nya masih dibagi lagi menjadi dua, yaitu yang 100% coklat murni, namanya adalah Single Origin Chocolate Bar. Atau, kalau Anda ingin makan choco bar yang ada isian almond, pretzel, atau sea salt-nya, pilihan choco bar-nya bernama Mix Chocolate Bar.

Harga choco bar Pipiltin Cocoa berkisar Rp 35 – 55 ribu per kemasan. Jika Anda ingin mencoba varian coklat yang lain dari Pipiltin Cocoa, langsung saja datang ke kafenya di Pusat Perbelanjaan Sarinah, ya. Selain itu, Anda bisa juga mengikuti cooking class, di mana Anda akan diajari cara membuat kue coklat atau choco bar khas Pipiltin Cocoa hingga sampai proses packaging-nya.

4. The Chocolate Boutique & Cake Shop

The Chocolate Boutique & Cake Shop

* sumber: www.themulia.com

The Chocolate Boutique & Cake Shop merupakan bagian dari Mulia Hotel. Kenapa chocolate shop ini bisa menjadi terkenal? Mungkin kita bisa berterimakasih kepada tim kreatif The Chocolate Boutique yang membuat varian coklat fashion, di mana mereka membuat aneka coklat dan kue yang berbentuk tas, sepatu, hingga baju. Semua bagian dari item itu dibuat dari coklat, loh!

Mulia Hotel ada dua di Indonesia, yaitu di Bali dan di Jakarta. Untuk yang di Jakarta, namanya adalah Hotel Mulia Senayan & The Suites. Alamatnya ada di Jalan Asia Afrika, Senayan. Anda bisa langsung ke ground floor-nya untuk menemukan The Chocolate Boutique.

5. Nomz Kitchen & Pastry

Nomz Kitchen & Pastry

* sumber: foodliberator.blogspot.co.id

Toko coklat di Jakarta yang ke-5 ada Nomz Kitchen & Pastry atau yang lebih akrab disapa “Nomz”. Nomz bukanlah sebuah toko khusus coklat, tapi lebih kepada kafe dan pastry. Jadi, olahan coklat yang bisa Anda temui di Nomz tidak akan sebanyak yang ada di toko spesialis coklat. Nomz Kitchen & Pastry ini milik Chef Arnold, seleb koki yang sempat menjadi juri Master Chef selama tiga tahun kebelakang.

Tapi, Chef Arlond tidak memegang bagian pastry, karena bagian ini di-handle oleh Chef Kim Pangestu. Jika Anda beruntung, Anda bisa bertemu langsung dengan dua chef tersebut, karena biasanya mereka tidak segan-segan untuk mengantarkan pesanan langsung ke meja Anda sambil mengobrol sebentar tentang menu yang Anda pesan.

Menu yang harus Anda coba di kafe ini adalah Chocolate Crunchy Tart (Rp 45 ribu). Tart ini tampilannya unik dan manis banget. Lalu ada Chocolate Spoon Eclair, perpaduan sus lembut dengan sendok yang dibuat dari coklat asli benar-benar unik.

Nomz Kitchen & Pastry terletak di East Mall Grand Indonesia, Ground Floor. Mereka beroperasi setiap weekdays dari jam 10 pagi – 10 malam dan weekends dari jam 10 pagi – 12 malam. Untuk reservasi atau informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi mereka di nomor 021-23581211/12.

6. Eric Kayser Artisan

Eric Kayser Artisan

* sumber: www.instagram.com

Toko coklat yang satu ini sebenarnya merupakan toko roti dengan nama lengkap Eric Kayser Le Restaurant du Boulanger. Untuk simpelnya, Anda bisa menyebutnya Eric Kayser Artisan. Tapi, menu yang ada di Eric Kayser Artisan bukan cuma roti saja, loh. Karena merupakan toko roti sekaligus restoran, Anda bisa menikmati menu makan pagi – malam, aneka roti, kopi, dan tentu saja menu yang berbau coklat.

Anda bisa mencicipi aneka pastry dan kue yang dibuat dari coklat seperti Rocky Chocolate Cake (lihat gambar), Royal Slice (Rp 50 ribu), Milkshake Chocolate Nutella (Rp 45 ribu), Hot Chocolate, dan Financier Chocolate (Rp 23 ribu). Eric Kayser Artisan terletak di Plaza Senayan Lantai 3. Tepatnya di Jalan Asia Afrika No. 8, RT 01/RW 03, Gelora, Jakarta Pusat.

7. Bake-a-Boo

Bake-a-Boo

* sumber: eatandtreats.blogspot.co.id

Bake-a-Boo, Happy Halloween! Loh, sudah lewat, ya, Halloween-nya? Hihi, Bake-a-Boo di sini bukan bertujuan untuk menakut-nakuti orang, tapi merupakan nama sebuah toko kue yang viral banget, apalagi di kalangan netizen Jakarta. Dimulai dari toko online, kini Bake-a-Boo sudah memiliki dua toko dan kabarnya akan menyusul satu lagi. Sejauh ini produk best selling mereka adalah aneka roti, risoles, dan kue kering.

Untuk menu coklat dari Bake-a-Boo, Anda bisa memesan aneka donat kentang, seperti rasa Mocha Mesis dan Chocolate Mesis (IDR 9k), roti coklat, Es Coklat (IDR 23k), dan Es Coklat Baileys (IDR 38k). Anda bisa memesan menu-menu ini di Bake-a-Boo secara online.

Atau, Anda bisa juga langsung datang ke store mereka di Jalan Muara Karang Barat No. 36, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Toko yang satu lagi terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 91 A, Menteng, Jakarta Pusat. Kedua toko ini sama-sama buka dari jam 9 pagi – 10 malam, ya.

8. Chocolate Monggo (Monggo Coklat)

Chocolate Monggo (Monggo Coklat)

* sumber: www.justgola.com

Chocolate Monggo adalah merk oleh-oleh baru dari Kota Yogyakarta. Coklat ini dapat Anda temui di semua toko buah tangan. Tapi, sekarang Chocolate Monggo sudah ada di Jakarta, loh! Showroom mereka terletak di area Kemang. Lebih lengkapnya ada di Jalan Kemang 1 No. 72, Kemang, Jakarta Selatan. Anda bisa mengunjungi toko mereka dari jam 11 siang – 10 malam.

9. Parish Cake Shop

Parish Cake Shop

* sumber: www.bakerymagazine.com

Anda ingin kue yang cuma ada satu-satunya di dunia? Datang saja ke Parish Cake Shop, karena toko kue ini mengusung konsep DIY alias do it yourself. Jadinya, Anda bisa mendekorasi kue yang Anda beli sesuka hati Anda, dengan gaya dan budget yang Anda punya. Karena konsepnya yang sangat unik, toko kue ini selalu laris manis sejak dibuka tahun 2005 hingga kini.

Signature cake toko kue ini adalah Devil Food Cake alias basic chocolate cake. Para pecinta coklat wajib banget mencoba kue ini! Selain kue-kue tart, toko ini juga menyediakan aneka cookies, cupcake, 3D cake, dan coklat jadi. Devil Food Cake terbagi menjadi tiga tempat yang bisa Anda kunjungi, yaitu di:

  • Dessert Cafe. Jalan Kyai Maja No. 21, Jakarta Selatan. (Seberang RSPP Blok M)
  • Menteng Huis. Jalan Cikini Raya 2 (Ground Floor), Jakarta Pusat.
  • fX Sudirman, fB floor unit K-4.

10. Dapur Cokelat

Dapur Cokelat toko coklat di Jakarta

* sumber: dapurcokelat.com

Nama Dapur Cokelat sepertinya sudah diketahui semua penggemar coklat. Tidak hanya di Jakarta, tapi sampai kota-kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, hingga Makassar. Dapur Cokelat mengolah coklatnya menjadi berbagai macam bentuk. Tapi, yang paling laris adalah varian cake-nya. Selain cake, Dapur Cokelat juga menyediakan aneka Praline, snack, Tartlet, dan custome cake serta decoration cake. 

Selesai sudah pembahasan Bacaterus tentang 10 toko coklat di Jakarta yang lezat banget. Ternyata coklat tidak hanya bisa dibentuk satuan saja, tapi bisa dibuat jadi aneka kue, pastry, dan minuman juga. Yang manakah toko coklat favorit Anda?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment