Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jogja / 10 Rekomendasi Toko Buku di Yogyakarta yang Paling Lengkap

10 Rekomendasi Toko Buku di Yogyakarta yang Paling Lengkap

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Menyebut nama Yogyakarta sebagai tujuan wisata favorit tidak akan pernah keliru. Daerah yang diapit Jawa Tengah dan Timur ini memiliki ragam destinasi memesona, mulai dari alam, budaya, hingga keseniannya. Sayangnya, tak sedikit orang-orang yang berkunjung ke sana melupakan satu hal yang cukup penting dari Yogyakarta, menyandang gelar sebagai kota pelajar.

Pernah mendengarnya? Ya, tentu kita semua pernah, mungkin di salah satu mata pelajaran ketika mengenyang bangku sekolah dasar atau lainnya. Menyandang julukan sebagai kota pelajar, Yogyakarta menjadi salah satu tujuan utama orang untuk melanjutkan pendidikan di jenjang universitas.

Deretan universitas ternama berdiri di sana. Contohnya, sebut saja Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Namun tak sampai di sana, kota pemilik gudeg ini punya sejumlah toko buku yang dapat memudahkan kamu untuk belajar dan membaca. Untuk itu, Bacaterus memiliki daftar 10 toko di Yogyakarta yang wajib kamu datangi untuk menambah koleksi terbaru atau mencari kitab-kitab langka.

10 Toko Buku di Yogyakarta

1. Taman Pintar Book Store

Taman Pintar Book Store

Yang pertama dan sangat wajib dikunjungi adalah toko buku yang berada di kompleks Taman Pintar. Alasannya, di sini kamu dapat menemukan beragam jenis buku yang sangat lengkap, mulai dari buku anak, dewasa, agama, hingga resep memasak ada di sini. Yang menjadikannya menarik adalah, harga yang ditawarkan juga lebih murah dari toko lainnya.

Selain itu, di toko yang beralamat di Jalan Sriwedari No.1, Ngupasan, Gondomanan, ini terdapat buku-buku langka yang jarang sekali ditemui. Bahkan kitab-kitab hukum peninggalan Belanda pun masih bisa ditemukan di sana. Nah, bagi kamu yang ingin datang ke sana, toko-toko mulai buka pukul 8 pagi hingga 8 malam.

2. Kebun Bibi

* sumber: oumagz.com

Mencari buku impor di Yogyakarta, kamu tidak akan tersesat datang ke Kebun Bibi Artbook Coffee. Di sana terdapat buku-buku impor edisi lawas dan bekas. Selain toko buku, kamu juga bisa melihat pameran seni mini.

Bagi yang ingin ngopi-ngopi cantik sambil membaca buku lawas, kamu bisa langsung sambangi Kebun Bibi di Jalan Minggiran No 61A, Suryodiningratan, atau tepatnya di pinggir gang kecil sekitar Jalan Bantul. Tidak jauh dari Pasar Satwa dan Tanaman Hias. Namun harus diperhatikan, Kebun Bibi libur di hari Senin dan hanya buka di senja hari atau sekitar pukul 7 malam sampai dini.

3. The Lucky Boomerang Bookshop

* sumber: sukmakur.blogspot.com

Jalan-jalan di kawasan Malioboro memang sangat mengasyikan. Jika kamu kebetulan di sana dan ingin mencari toko buku, terdapat The Lucky Boomerang Bookshop. Toko buku ini menyediakan koleksi buku-buku bekas berbahasa asing, mulai dari Jepang, Belanda, Prancis, hingga Swedia.

Selain buku, Lucky Boomerang juga menjual postcard dan barang-barang kerajinan tangan yang bisa dijadikan cenderamata. Untuk lokasi, toko ini berada di gang sempit antara Jalan Pasar Kembang dan Jalan Sosrowijayan. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam.

4. Social Agency Baru

* sumber: www.instagram.com

Social Agency Baru ini merupakan toko buku baru besar di Yogyakarta. Di sini terdapat buku berbagai jenis genre, sangat cocok untuk para pecinta buku dan membaca. Namun selain terkenal sebagai toko buku, Social Agency Baru menyediakan juga alat-alat tulis keperluan kantor dan sekolah.

Lokasi toko berada di Jalan Godean KM.3 No.1, Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman. Kamu bisa datang pukul 8 pagi dan toko akan tutup pada pukul 9 malam.

5. Kios Buku Terban

* sumber: bonvoyagejogja.com

Mencari buku murah dan bisa di tawar yang terletak di pinggir jalan? Kios Buku Terban bisa jadi pilihan. Kamu bisa menemukannya di sepanjang Jalan Terban, dekat dengan Tugu Jogja. Lokasinya sangat strategis, sehingga kamu bisa jalan-jalan sambil melihat banyak buku yang beragam.

Selain buku yang cukup lengkap, kios buku di Terban terkenal dengan harganya yang cukup murah jika dibandingkan dengan toko buku lainnya. Saking murahnya, banyak mereka yang membeli buku berasal dari luar daerah, seperti Solo, Semarang, Klaten, dan wilayah-wilayah terdekat lainnya.

6. Toko Buku Tiga Serangkai

* sumber: www.tigaserangkai.com

Pernah mendengar nama Tiga Serangkai Group? Nah, mereka adalah salah satu penerbit terkenal dari Yogyakarta. Tiga Serangkai menjual buku secara langsung ke masyarakat. Jenis-jenisnya pun beragam, ada buku agama, pelajaran sekolah, hingga fiksi. Kolelsinya cukup lengkap.

Untuk masalah harga, Tiga Serangkai cukup terjangkau. Jika kamu sudah tidak sabar untuk ke sana, bisa datang ke Jalan Gejayan. Tokonya buka selama 12 jam, mulai dari pukul 8 pagi hingga malam.

7. Toko Buku Raja Murah

* sumber: hsn97.wordpress.com

Toko buku ini merupakan penyedia buku yang telah hadir sejak lama. Sesuai namanya, buku yang ditawarkan harganya cukup murah. Meski demikian, koleksi bukunya beragam. Bisa menjadi alternatif kamu untuk berburu buku-buku lawas juga ketika di Yogyakarta.

Toko Buku Raja Murah berada di Jalan Affandi No.43, Kitren, Gondokusuman. Nah, kamu tinggal datang saja kapan pun ke sini, di jam operasional mulai pukul 8 pagi hingga malam di jam yang sama.

8. Toko Buku Menara Kudus

* sumber: qashwa.com

Sama seperti Raja Murah, Menara Kudus juga menjadi salah satu toko buku lama di Yogyakarta. Selain dari bangunan tokonya yang memiliki desain jadul, buku-buku yang disediakan juga merupakan koleksi lama. Alasan kamu harus ke sini, harga buku di Menara Kudus lumayan miring. Toko Buku Menara Kudus terletak di Jalan Ibu Ruswo No.51, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Jogja.

9. Periplus

* sumber: blog.periplus.com

Siapa yang tak tahu Periplus? Salah satu toko buku ini memiliki gerai di berbagai kota, termasuk di Yogyakarta. Buku-buku yang ditawarkan berupa impor berbahasa asing. Koleksinya cukup lengkap, dengan pilihan genre dan kategori yang dapat membuat kamu ingin terus berbelanja.

Sama seperti di kota-kota lain, Periplus berlokasi di mal-mal besar. Di Jogja sendiri, kamu bisa datang ke Mal Hartono dan Mal Malioboro. Tapi, kalau kamu ke Jogja menggunakan pesawat, Periplus juga memiliki gerai di ruang tunggu Bandara Adi Sutjipto.

10. Gramedia

Gramedia

* sumber: www.instagram.com

Toko buku yang terakhir mungkin telah dikenal semua orang. Ya, Gramedia tersebar di seluruh kota di Indonesia. Di Yogyakarta sendiri, toko buku ini terletak di Jalan Jend. Sudirman No. 54-56, Kotabaru, Gondokusunan. Karena bangunannya cukup besar dan terkenal, di tempat itu orang-orang Jogja seringkali menamakannya sebagai perempatan Gramedia.

Untuk koleksi buku, jangan pernah ditanya karena di sini kamu dapat menemukan berbagai buku mulai dari impor hingga mata pelajaran. Tak ketinggalan, buku-buku dari penerbit-penerbit lokal juga sering kali nangkring di sana. Selain buku, Gramedia juga menyediakan rupa-rupa perlengkapan alat tulis dan alat musik.

Sekarang kamu sudah tahu, kan, kalau mencari buku di Yogyakarta harus ke mana? Jadi kalau tengah berlibur di sana, bisa menyempatkan waktu berkeliling di salah satu toko buku yang telah disebutkan di atas, dan menjadikannya oleh-oleh dari Kota Pelajar ini. Tapi, kalau kamu ingin memberi buah tangan berupa makanan khas Jogja, bisa cari referensinya di artikel 10 Oleh-oleh khas Jogja ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penulis lepas

Leave A Comment