Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Bandung / 10 Toko Buku di Bandung yang Cocok untuk Para Book-Worms

10 Toko Buku di Bandung yang Cocok untuk Para Book-Worms

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 September 2018

Kota Bandung tidak hanya disebut sebagai Kota Kembang saja, tapi bisa juga dijuluki kota pelajar seperti Yogyakarta. Karena, buktinya banyak orang dari pelosok negeri yang datang ke Bandung untuk menuntut ilmu.

Hal ini masuk akal, mengingat ada cukup banyak kampus yang sangat terkenal di Bandung seperti UNPAD, ITB dan UPI. Selain itu, banyak juga pelajar yang datang ke kota ini untuk bersekolah di SMA dan SMK favorit di Bandung.

Untuk menunjang keperluan sekolah dan minat baca warga Bandung yang semakin tinggi tentu dibutuhkan banyak tempat yang menyediakan buku bacaan. Untungnya, sejak dulu Bandung sudah memiliki banyak toko buku, mulai dari buku pelajaran, buku tulis, fiksi, hingga buku-buku jadul yang mungkin Anda kira sudah hilang ditelan bumi. Nah, Bacaterus telah mengumpulkan 10 toko buku di Bandung.

Diantara kesepuluh toko ini bahkan ada yang sudah terkenal hingga keluar kota dan juga negeri, loh! Bacaterus akan memberi tahu Anda toko buku mulai dari yang besar hingga yang kecil, dari yang menjual buku-buku konvensional hingga buku langka yang tidak diterbitkan oleh publisher besar. Berikut adalah list-nya:

10 Toko Buku Terbaik di Bandung

1. Gramedia

toko buku di Bandung Gramedia

Siapa yang tidak kenal Gramedia? Gramed, sapaan akrab toko buku di Bandung ini memang ada di mana-mana. Tidak cuma di Bandung, Gramed juga tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta, Banda Aceh, Medan, Jambi, dan Depok. Tidak cuma di Indonesia, Gramedia juga tersedia hingga ke Negeri Jiran, Malaysia.

Di Bandung ada cukup banyak cabang Gramedia yang bisa Anda kunjungi. Yaitu di Jalan Merdeka no. 43, yang merupakan pusat Gramedia di Bandung. Lalu, ada juga toko Gramedia yang lebih kecil, yaitu di mall-mall seperti Festival City Link, Istana Plaza, Paris Van Java, dan Trans Studio Mall.

Gramedia terhitung memiliki koleksi buku yang lengkap, mulai dari buku keagamaan, politik, fiksi, kerajinan rumah tangga, kecantikan, komik, hingga buku pelajaran anak sekolah. Gramedia juga sering mengadakan sale besar-besaran, terutama saat pekan masuk sekolah atau tahun ajaran baru. Tidak cuma buku, Gramedia juga menyediakan tas, alat sekolah, boneka, hiasan rumah, hingga alat musik. Lengkap sekali, ya?

2. Toko Gunung Agung

Toko Gunung Agung

* sumber: www.djangkarubumi.com

Mungkin Toko Gunung Agung pamornya agak kebanting oleh Gramedia. Padahal, TGA merupakan perintis industri buku di Indonesia, loh! TGA didirikan oleh Tjio Wie Tay (H. Masagung) pada tahun 1953. Kelengkapan TGA sama seperti Gramedia, yaitu selain buku pelajaran, “buku-buku sulit”, fiksi, buku anak, dan buku tulis, di TGA juga ada tas sekolah, kerajinan tangan, alat tulis, dan lain-lain.

Uniknya, di TGA juga tersedia perlengkapan olahraga, komputer, dan juga kantor. Sayangnya banyak cabang TGA yang sudah tutup. Setahu Bacaterus, sekarang cuma ada satu TGA di Bandung, yaitu di kompleks ruko Mekar Wangi, Jalan Indrayasa Raya (Singgasana Raya) no. 1, karena cabang yang di Bandung Indah Plaza sudah tutup.

3. Palasari

Palasari

Palasari tidak hanya menjadi tujuan orang Bandung mencari buku, tapi juga untuk mencetak buku yasin. Dan, pengunjung Palasari bukan hanya dari warga lokal saja, loh, karena ketenaran Palasari sudah terdengar hingga luar kota.

Palasari bukan seperti Gramedia dan Toko Gunung Agung yang berupa toko buku “mewah”. Palasari sebenarnya merupakan nama jalan, dan toko-tokonya berjajar di sepanjang jalan tersebut.

Palasari merupakan tempatnya mencari buku berkualitas dengan harga murah. Bahkan, Anda bisa menemukan buku bekas dan buku langka di Palasari. Tidak cuma di pinggir Jalan Palasari saja, kios-kios penjual buku juga masih ada banyak di bagian dalamnya. Beberapa toko buku di Palasari yang terkenal adalah BBC (Bandung Book Center) yang akan dibahas di bawah.

Toko buku di Bandung ini beralamat di Jalan Palasari no. 71, Cigagak, Lodaya, Turangga, Lengkong. Tapi, kalau Anda tidak ada waktu untuk mampir ke sana, kunjungi saja Palasari Online lewat link ini.

4. Togamas

toko buku di Bandung Togamas

* sumber: imajikata.riftom.com

Togamas punya slogan yang unik, yaitu “Toko Buku Diskon”. Jadi, toko buku ini mengusung konsep diskon seumur hidup, di mana Anda bisa mendapatkan buku dengan harga 10% – 50% lebih murah daripada di toko buku lainnya.

Togamas sudah tersebar di banyak tempat, khususnya daerah Jawa dan Bali, dan semuanya mengusung tema diskon setiap hari. Keren sekali, ya? Cabang Togamas di Bandung ada dua, yaitu di Jalan Supratman no. 45, Telp. (022) 7206443. Dan, cabang satunya lagi dada di Jalan Buah Batu no. 178, Telp. (022) 7304067.

5. Rumah Buku

Rumah Buku

* sumber: asopusitemus.wordpress.com

Berada dekat dengan Togamas ada satu toko buku di Bandung yang lainnya, yaitu Rumah Buku. Konsep toko buku ini sama seperti Togamas, yaitu diskon setiap hari. Memang, harga-harga buku yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ada di toko buku lainnya. Lokasi Rumah Buku adalah di Jalan Supratman no. 96 (dekat Masjid Pusdai).

Bangunan toko buku ini memang tidak besar, bahkan bentuknya mirip seperti rumah biasa. Akan tetapi, koleksi buku di Rumah Buku tergolong cukup lengkap. Di sini ada buku-buku fiksi, komik, komputer, pelajaran, agama, sejarah, desain, sains, dan masih banyak lagi. Sistem Rumah Buku sudah terbilang canggih, karena ada komputer untuk mencari ketersediaan buku seperti yang terdapat pada Gramedia.

6. Lawang Buku

Lawang Buku

* sumber: www.rinasusanti.com

Anda sedang mencari buku second, buku lawas, dan buku langka? Datanglah ke toko buku di Bandung ini. Lawang Buku merupakan tempat berburu harta karun bagi para pecinta buku langka. Toko buku ini terletak di lantai dasar (lantai 1) Blok C di Balubur Town Square (Baltos), Jalan Taman Sari (sebelum jalan layang Pasupati).

Di sini ada buku lama yang sudah agak lapuk, tapi ada juga buku lama yang masih bersih dan tersegel. Anda bisa membeli buku yang tersedia atau pun memesan buku yang sedang Anda cari-cari selama ini.

Pemilik Lawang Buku adalah Deni Rahman, seorang penulis lepas yang aktif di dunia literasi kota Bandung sejak bertahun-tahun lalu. Beliau sering menggagas acara bedah buku dan acara literasi lainnya lewat nama toko bukunya.

7. Gelap Nyawang

Gelap Nyawang

Jalan Gelap Nyawang terletak di belakang ITB. Jalanan ini terkenal dengan warung makannya yang murah meriah dan enak. Tapi, ternyata di jalanan ini juga terdapat toko-toko buku yang berkualitas. Terdapat beberapa gerai yang menjajakkan buku, khususnya buku keagamaan, banyaknya buku Islam. Patokan toko-toko buku ini tidak jauh dari Masjid Salman ITB.

8. Toko Buku Elvira

Toko Buku Elvira

* sumber: wikimapia.org

Anda tahu bagian jalan dago yang sering macet? Nah, di sana ada satu toko buku di Bandung yang cukup terkenal, yaitu Toko Buku Elvira. Toko buku ini menyediakan aneka buku lokal dan buku impor. Selain itu, di sini juga ada alat tulis dan perlengkapan kantor. Mirip seperti toko buku besar, ya? Tapi, tentunya harga yang ditawarkan Toko Buku Elvira jauh lebih murah daripada tokok besar seperti Gramed dan TGA.

Toko Buku Elvira beralamat di Jalan Ir. H. Juanda (Dago) no. 10. Sayangnya, untuk urusan buku umum dan fiksi, Toko Buku Elvira tidak terlalu banyak menyediakannya. Kebanyakan buku di sini adalah textbook anak kuliahan. Walaupun begitu, Toko Buku Elvira tetap menjadi toko buku kesayangan banyak orang, apalagi mahasiswa.

9. BBC (Bandung Book Center)

BBC (Bandung Book Center)

* sumber: aansetia.wordpress.com

Ini dia toko buku yang paling terkenal di Palasari, BBC alias Bandung Book Center. Alamat lengkap toko ini adalah di Jalan Palasari no.119, Turangga, Lengkong. Dari puluhan kios buku di Palasari, kenapa kiranya BBC menjadi yang paling terkenal?

Karena, Bandung Book Center sudah berdiri sejak lama, yaitu sejak tahun 1980. Lalu, BBC juga merupakan pusat penjualan buku yang lengkap. Di sini ada aneka macam tema bacaan, mulai dari buku pelajaran hingga fiksi.

Alasan lainnya mengapa orang-orang tertarik membeli buku di BBC adalah karena terdapat diskon 30% untuk setiap bukunya. Lalu, jika Anda membeli buku lebih dari 20 ribu, maka Anda akan mendapatkan free sampul!

Sekarang BBC punya cabang selain di Palasari, yaitu di Anggrek Palasari, Anggrek Kopo, Pasteur (Jalan dr. Djunjunan), PPH Mustofa (Jalan Suci), bahkan mencapai kota lain seperi Lampung dan Palembang. Banyak sekali, ya, cabangnya?

10. Toko Buku Immanuel

Toko Buku Immanuel

* sumber: plus.google.com

Toko Buku Immanuel merupakan bagian dari Yayasan Pekabaran Injil Immanuel. Toko ini sudah lama sekali berdiri, yaitu sejak Desember 1967 di Jakarta. Buku ini menyediakan buku-buku keagamaan dan juga pernak-pernik lainnya. Toko buku ini siap melayani Anda di Jalan Cihampelas no. 76C, Tamansari, Bandung Wetan.

Itulah 10 toko buku di Bandung yang terkenal dan komplit. Tentu saja masih ada banyak sekali toko buku lainnya di Bandung yang recommended, seperti di Jalan Dewi Sartika, Balubur Town Square, dan Toko Buku Nusa Cendana di Braga. Selain yang sudah Bacaterus sebutkan di atas, apakah toko buku di Bandung favorit Anda?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment