Bacaterus / Tokek / Serba-serbi Tokek Terbesar di Dunia, Benar atau Hoax?

Serba-serbi Tokek Terbesar di Dunia, Benar atau Hoax?

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 April 2019

Tokek sering dinilai sebagai cecak dengan ukuran yang lebih besar. Baik tokek maupun cecak memang masih sama-sama satu familia. Hanya saja, hewan yang juga bernama “Gecko” ini dihargai dengan nominal yang sangat mahal. Kontras sekali dengan cecak yang dianggap sebagai hewan pengganggu yang bahkan tak ada nilainya.

Mengingat tokek adalah hewan yang harganya bernilai tinggi, tentu saja banyak orang yang memburu hewan ini. Tokek dengan jenis tertentu bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah, lho. Nah, selagi membahas tokek, Bacaterus ingin mengajakmu mengenal tokek terbesar di dunia nih! Benarkah salah satu tokek berukuran tak lazim pernah ditemukan di Indonesia?

Mengapa Tokek Dihargai Mahal?

Mengapa Tokek Dihargai Mahal

* sumber: news.nationalgeographic.com

Tokek kan mirip cecak, kok harganya bisa mahal banget?

Pernahkah pertanyaan sejenis ini muncul dalam benakmu? Walaupun tokek mirip dengan cecak, tapi tokek dinilai sebagai hewan yang dihargai cukup mahal. Jadi, tak heran jika segelintir orang menekuni profesi sebagai pencari tokek untuk bisa mendapatkan uang.

Tokek dihargai mahal karena konon bagian lidah dan darahnya bisa dipakai sebagai ramuan untuk mengobati HIV/AIDS. Selama ini kita tahu bahwa HIV/AIDS belum ditemukan obatnya. Oleh karena itu, banyak orang berusaha menemukan pengobatan alternatif untuk mengobati pasien HIV/AIDS, salah satunya dengan menggunakan ramuan dari lidah dan darah tokek.

Selain untuk HIV/AIDS, empedu tokek konon mengandung zat anti-kanker dan anti-tumor. Bahkan, daging tokek secara keseluruhan dianggap sebagai obat mujarab untuk mengatasi gatal-gatal di sekujur tubuh.

Apakah pengobatan alternatif dengan menggunakan tokek ini berhasil? Sampai saat ini informasi mengenai ini memang masih menjadi buah perbincangan semata. Belum ada pihak medis yang membenarkan bahwa tokek bisa menjadi obat untuk beragam penyakit yang disebutkan.

Karena khasiat-khasiat yang ditawarkan inilah, tokek menjadi hewan yang dijual dengan harga mahal. Harga 2 ons tokek bisa mencapai 5 juta rupiah di salah satu pasar yang ada di Jakarta.

Mengenal Spesies Tokek Terbesar

New Caledonian Giant Gecko

* sumber: nationalzoo.si.edu

Mungkin kamu pernah melihat foto-foto dengan tokek ukuran raksasa. Namun, percayalah bahwa foto tersebut adalah bagian rekayasa saja. Sebenarnya, adakah tokek terbesar di dunia?

Perlu kamu ketahui bahwa ada spesies tokek terbesar di dunia, namanya adalah New Caledonian Giant Gecko. Tokek yang memiliki nama ilmiah  Rhacodactylus leachianus ssp. ini merupakan jenis tokek terbesar yang paling dicari. Jenis tokek yang satu ini berasal dari Kaledonia Baru.

Ukuran tokek ini memang terbilang lebih “gemuk” dibanding spesies tokek lainnya. Tubuhnya terlihat obesitas dan jauh dari kata ramping. Warna kulit tokek ini adalah abu-abu gelap dengan sedikit corak putih. Jika berada di atas batang pohon, warna tokek ini akan nampak menyatu dengan warna batang pohon tersebut.

New Caledonian Giant Gecko termasuk jenis tokek yang sangat langka. Meskipun sudah berhasil dikembangbiakkan di penangkaran, tapi pengembang biakkan tokek ini sangat sulit. Setiap tahun, penangkaran di Kaledonia Baru hanya bisa menetaskan dua dari lima telur tokek ini. Alhasil, tokek yang sangat diburu di pasaran ini sudah tidak lagi diekspor keluar Kaledonia Baru.

Ukuran tokek terbesar ini bisa mencapai panjang 14-17 inci termasuk ekornya dan bobot sekitar 212-279 gram. Sementara usia dari tokek Kaledonia Baru ini sangat panjang. Dengan perawatan yang baik, tokek ini mampu bertahan hidup hingga usia 20 tahun.

Dewasa ini, sangat sulit untuk menemukan spesies tokek ini. Apalagi New Caledonian Giant Gecko adalah tokek terbesar di dunia yang tergolong cukup langka. Jadi, kamu tidak bisa memilikinya sebagai peliharaan.

Tokek Terbesar di Indonesia, Benar atau Hoax?

Tokek Terbesar di Indonesia

Beberapa waktu lalu pernah beredar video tokek raksasa yang panjangnya mencapai 1,5 meter. Video tersebut sudah ditonton ratusan ribu kali. Konon, ada yang menyebutkan bahwa tokek berukuran tak wajar tersebut ditemukan di Indonesia, tepatnya di Kalimantan. Tak tanggung-tanggung, bobot tokek tersebut katanya mencapai 64 kilogram.

Berdasarkan penelusuran Bacaterus, berita mengenai tokek berukuran super jumbo yang ditemukan di Indonesia itu adalah hoax. Sampai saat ini tidak ada tokek yang ukurannya bisa mencapai ukuran buaya tersebut.

Video yang menampilkan foto tokek berukuran besar itu adalah rekayasa semata. Itu merupakan jenis tokek biasa yang fotonya diedit hingga berukuran sangat besar. Kemudian, gambar tokek tersebut diletakkan di bawah kaki manusia yang sedang duduk sehingga terlihat berukuran raksasa.

Jadi, apabila kamu membaca iklan orang berjualan tokek dengan bobot lebih dari 1 kilogram, maka sebaiknya jangan langsung mempercayainya. Lebih baik kunjungi langsung tempat si penjual agar kamu dapat menimbang langsung bobot tokek tersebut. Bobot normal tokek umumnya tidak akan lebih dari 500 gram, sebesar apapun ukuran tokeknya.

Goanna, Familia Tokek Terbesar

Goanna

* sumber: depositphotos.com

Masih bertanya-tanya seputar tokek terbesar yang ada di dunia? Jika ingin menggunakan ilmu “cocoklogi”, sebenarnya Goanna bisa dikatakan sebagai “tokek” terbesar di dunia. Tokek sendiri masih masuk dalam familia cecak dan kadal. Sementara itu, goanna sendiri merupakan kadal monitor dari Australia.

Jika dilihat sepintas, goanna sangat mirip dengan komodo. Hanya saja, goanna ini memiliki kulit yang lebih hitam pekat dengan garis-garis putih. Goanna bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 2,5 meter, lho.

Ukuran yang besar tidak membuat goanna mager alias malas gerak. Hewan ini mampu bergerak dengan sangat cepat seperti komodo. Bahkan, goanna cukup cekatan dalam merambat di batang pohon maupun dinding rumah.

Apakah goanna adalah jenis hewan berbahaya? Tentu saja. Sama seperti komodo, goanna bukan hewan yang ramah. Jadi, meskipun kamu memiliki kesempatan untuk memelihara hewan ini, ketahuilah bahwa goanna bukan hewan yang semanis tokek alias gecko. Hewan buas ini tidak mungkin bermanja-manja di tanganmu layaknya tokek peliharaan pada umumnya.

Nah, itulah berbagai cerita dan informasi mengenai tokek terbesar yang bisa Bacaterus bagikan kepadamu. Kini, kamu pun sudah tahu bahwa tokek dengan bobot 64 kilogram adalah sebuah hoax. Faktanya, sebesar apapun ukuran tokeknya tidak mungkin mencapai bobot lebih dari 1 kilogram. Jadi, jika kamu berminat memelihara gecko alias tokek, sebaiknya jangan tergiur dengan promosi yang berlebihan, ya!

Kunjungi artikel mitos tokek paling terkenal ini untuk mengetahui lebih lanjut seputar cerita-cerita tentang tokek yang menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar