bacaterus web banner retina

5 Tips Menyewa Mobil yang Aman dan Nyaman di Jakarta

PERHATIAN

Artikel Sponsor PERMANEN LINK

Saat berkunjung ke kota yang padat penduduk dan kendaraan seperti Jakarta, kamu harus menyediakan transportasi yang dapat menunjangmu untuk bepergian ke mana saja. Jika kamu pergi dalam satu rombongan berisi 5-13 orang, pertimbangkan untuk menyewa mobil agar lebih nyaman dan tidak terpisah dengan rombonganmu.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menyewa mobil di Jakarta. Pertama-tama, cek daftar harga sewa mobil di Jakarta sekarang agar kamu bisa menyiapkan dana yang dibutuhkan. Selanjutnya, cek tips-tips lainnya yang Bacaterus berikan di bawah ini.

1. Pilih Rental Mobil yang Terjamin Keamanannya

Pilih Rental Mobil yang Terjamin Keamanannya
*

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menyewa mobil yang ‘bermasalah’, sebaiknya pilih tempat persewaan mobil yang benar-benar terjamin keamanannya. Mintalah rekomendasi dari kerabat yang tinggal di Jakarta untuk menemukan rental mobil yang aman dan terpercaya.

Jika tidak ada kerabat yang bisa merekomendasikan tempat persewaan mobil di Jakarta, kamu bisa mencarinya melalui internet. Kamu pun dapat menyewa mobil melalui situs yang terpercaya, seperti Traveloka misalnya.

2. Cek Harga Sewa Terlebih Dahulu

Cek Harga Sewa Terlebih Dahulu
*

Sangat penting untuk mengecek harga sewa mobil sebelum memutuskan deal di satu tempat. Harga sewa mobil adalah hal yang harus kamu cek terlebih dahulu. Cari beberapa tempat persewaan, lalu bandingkan harga yang diberikan masing-masing rental.

Setiap rental bisa memberikan harga yang berbeda. Bahkan, harga yang diberikan biasanya juga sesuai dengan fasilitas yang bakal kamu terima, misalnya dengan atau tanpa memakai sopir akan dikenakan harga yang berbeda, lho.

3. Tentukan Mobil Sesuai Kebutuhan

Tentukan Mobil Sesuai Kebutuhan
*

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih mobil sewaan. Pertama, tentukan mobil dengan kapasitas sesuai dengan jumlah rombonganmu. Jika rombonganmu berisi 5-6 orang, Toyota All New Avanza, Toyota Calya, atau Toyota Grand New Innova bisa dijadikan pilihan. Namun, jika rombonganmu berjumlah 7-13 orang, sebaiknya sewalah Isuzu Elf atau Toyota Hiace demi kenyamanan.

Selain jumlah penumpang, pertimbangkan juga jalan yang akan dilalui. Misalnya, ketika kamu hendak membawa mobil sewaanmu pergi ke puncak dan melewati jalan menanjak, maka pilih mobil ber-CC besar. Kalau kamu hanya memakainya keliling Jakarta saja, tak masalah memilih mobil dengan CC kecil agar bahan bakarnya lebih hemat.

4. Pertimbangkan Opsi dengan atau Tanpa Sopir

Pertimbangkan Opsi dengan atau Tanpa Sopir
*

Tak banyak rental mobil yang menawarkan sistem ‘lepas kunci’ atau dengan kata lain penyewa bisa membawa mobilnya tanpa sopir dari pihak rental. Di Jakarta, ada sejumlah rental mobil yang memberikan fasilitas menyewa tanpa sopir.

Akan tetapi, menyewa mobil dengan sistem lepas kunci ini memiliki sejumlah persyaratan yang lebih banyak dibanding menyewa mobil bersama dengan sopirnya. Mengingat setiap rental mempunyai kebijakan sendiri, sebaiknya tanyakan langsung pada pihak rental jika kamu ingin menyewa mobil tanpa sopir.

Sementara itu, bila kamu menyewa mobil dengan sopir, ada biaya tambahan yang harus kamu bayar untuk upah sopir, biasanya berkisar antara Rp 100.000 – 200.000 / 12 jam. Kalau kamu merencanakan untuk bermalam di suatu tempat, kamu juga harus menyewakan kamar untuk sopirnya.

Jadi, pertimbangkan secara matang untuk menggunakan sopir atau membawa mobilnya sendiri.

5. Booking Sebelum Tanggal yang Dibutuhkan

Booking Sebelum Tanggal yang Dibutuhkan
*

Rental mobil tidak selalu siap menyewakan mobil. Sekali waktu stock mobil yang disewakan bisa habis tersewa, terutama pada saat high season. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya booking mobil yang hendak disewa minimal 3-7 hari sebelum tanggal penggunaan.

Tips-tips ini harus menjadi pertimbangan bagimu sebelum memutuskan untuk menyewa mobil di Jakarta. Ingat, tidak semua rental mobil menyediakan mobil berkualitas dengan harga yang affordable. Jadi, lakukan research terlebih dahulu sebelum melakukan deal agar tidak kecewa di kemudian hari!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram