bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 10 Tips Agar Tetap Semangat Kerja Selama Bulan Puasa

10 Tips Agar Tetap Semangat Kerja Selama Bulan Puasa

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Maret 2021

Ramadhan adalah salah satu bulan keberuntungan dalam kalender Islam. Selama bulan suci ini, umat Islam pantang makanan dan air atau minuman dari fajar hingga matahari terbenam. Untuk sebagian besar wilayah di Asia Tenggara, puasa berlangsung rata-rata selama 13-14 jam. Kamu akan menghabiskan waktu di kantor selama 8 jam, ini bisa jadi sulit untuk sebagian orang. 

Kenyataannya bahwa bekerja sambil berpuasa bisa membuatmu lebih lelah dari hari-hari biasa. Namun, Ramadan jangan sampai jadi alasan di balik kehilangan fokus. Lalu bagaimana supaya kamu tetap bisa bersemangat kerja selama bulan Ramadhan? Ingin tahu tipsnya? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel berikut ini.

1. Persiapkan Makanan dan Buatlah yang Sederhana

Persiapkan Makanan dan Buatlah yang Sederhana

Apapun yang kamu butuhkan agar makananmu sehat, seimbang, dan meriah, kuncinya adalah memastikan untuk membuat rencana sebelumnya sehingga kamu bisa mengumpulkan bahan-bahan tertentu atau barang-barang khusus yang kamu butuhkan. 

Beri dirimu waktu untuk berbelanja setidaknya beberapa hari sebelumnya. Saat menyiapkan makanan, pastikan untuk tidak melupakan rencana untuk menu sahur karena ini bisa dibilang adalah makanan terpenting dari keseluruhan harimu. 

Makanan sahurmu harus mencakup protein, karbohidrat kompleks, dan banyak cairan serta buah. Tujuannya yaitu untuk memastikan kamu tetap kenyang dan terhidrasi sepanjang hari. 

Jika kamu bekerja lembur, kamu mungkin tergoda untuk melewatkan waktu sahur dan tidur selama beberapa menit ekstra sebelum bekerja, tetapi pikirkan lagi karena sahur penting agar kamu bisa bersemangat.

2. Jangan Pernah Melewatkan Sahur

Jangan Pernah Melewatkan Sahur

Di hari-hari biasanya kamu benar-benar menikmati istirahatnya saat tidur. Namun saat bulan puasa kamu harus bangun sebelum subuh untuk sahur. Terkadang karena mengantuk, kamu melewatkan sahurmu. Jangan pernah melewatkan sahur! 

Sahur adalah awal bagimu untuk mendapatkan energi yang akan digunakan sepanjang hari nanti. Bergantung pada preferensi dan kondisimu, beberapa mungkin mengkonsumsi makanan berat, sementara banyak yang mengkonsumsi makanan ringan. 

Disarankan untuk mengonsumsi vitamin C saat sahur. Ini berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuhmu sekaligus menjaga tubuh tetap fit sepanjang hari. 

Terkadang, mungkin kamu terlalu lelah untuk bangun dan menyiapkan makanan yang layak. Jangan khawatir karena kamu bisa mengambil beberapa kurma sebagai alternatif terbaik. Kadar gula non-buatannya akan membantumu tetap terjaga selama hari kerja.

3. Sesuaikan Waktu Tidur

 Sesuaikan Waktu Tidur

Ada dua jadwal tidur yang harus kamu perbaiki. Yang pertama adalah jadwal malam. Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik kamu segera mengubahnya. Selama bulan puasa coba untuk pergi tidur lebih awal karena kamu harus bangun sebelum subuh untuk sahur.

Jadwal kedua yaitu sahur dan sholat subuh. Mungkin lebih baik jika kamu tidak tidur lagi setelah sahur karena bisa membuat kamu merasa lesu setelahnya. Lebih baik melanjutkan olahraga atau aktivitas memberi energi lainnya. Jika kamu harus ada di kantor pada pagi hari, kamu bisa segera berangkat.

4. Cobalah Power Nap

Cobalah Power Nap

Saat bekerja, jangan pernah memaksakan diri melampaui batas maksimummu. Beri dirimu waktu untuk istirahat sejenak dan melakukan power nap, tidur siang singkat yang biasa juga disebut cat nap alias tidur kucing.

Power nap merupakan tidur singkat yang selesai sebelum tidur nyenyak. Tidur siang ini dimaksudkan untuk merevitalisasi tidur dengan cepat. Bahkan tidur siang 15 menit sudah cukup untuk memberimu dorongan energi tambahan. 

Jika tempat kerjamu memiliki fasilitas ruang tidur, nikmatilah fasilitas tersebut. Ini adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkannya untuk tidur siang. 

Tidur siang adalah yang terbaik untuk memungkinkan kamu mengisi ulang tenaga sambil memberimu tambahan energi singkat saat bangun. Pikiranmu akan segar dan lebih produktif untuk menjaga momentum ketika bekerja.

5. Buat Daftar Pekerjaan

Buat Daftar Pekerjaan

Selama bulan puasa mungkin waktu kerjamu dalam seminggu jadi lebih pendek, tetapi beban kerja tetap sama. Untuk menyelesaikan banyak hal dalam waktu terbatas, kamu perlu merencanakan dengan benar. 

Pastikan tentang apa yang perlu kamu capai setiap hari dan tetap fokus pada pencapaiannya. Ada kecenderungan pikiranmu jadi ke mana-mana saat kamu Lelah. Dengan memiliki daftar capaian yang jelas akan membantumu tetap pada jalurnya. 

Buatlah daftar tujuanmu untuk hari itu dan uraikan tugas-tugas besar menjadi komponen-komponen yang dapat dikelola dan diukur. Selipkan tugas-tugas penting di pagi hari saat kamu paling aktif.

6. Lakukan Hal-Hal Penting Sesudah Sahur 

 Lakukan Hal-Hal Penting Sesudah Sahur

Kamu baru saja makan, yang berarti kamu memiliki energi paling banyak saat ini. Pikirkan hal terpenting yang harus kamu lakukan sepanjang hari, apakah itu menulis email, mengerjakan tugas sekolah, membaca Alquran, dan lain-lain dan lakukan pekerjaan tersebut di pagi hari. 

Kamu pasti akan terkejut dengan capaian kamu! Jika kamu harus kembali tidur untuk beristirahat sebelum bekerja atau sekolah, lakukan hal yang paling kamu perlu lakukan segera setelah bangun tidur. Kamu akan tetap memiliki energi di awal hari dan akan lebih mudah bagi kamu untuk menyelesaikan berbagai hal.

7. Olahraga Ringan Supaya Tetap Bersemangat

Olahraga Ringan Supaya Tetap Bersemangat

Mulailah rutinitas olahraga untuk membantumu tetap bersemangat dan termotivasi selama bulan yang penuh tantangan. Orang cenderung mudah marah jika mereka hanya duduk diam di meja untuk waktu yang cukup lama. 

Pilihlah peregangan ringan untuk menggerakkan otot dan menghilangkan kekakuan. Dalam satu bulan ini, kamu sebaiknya meminimalkan olahraga berat karena dapat menguras energi. 

Sebaliknya, cobalah berlatih aktivitas fisik ringan untuk membantu memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak.

8. Susun Ulang Ruangan Kerja

 Susun Ulang Ruangan Kerja

Mulai merasa terganggu atau sulit fokus saat mengerjakan tugas kantormu? Kamu mungkin terkejut bagaimana perubahan pengaturan ruangan kerja dapat membuatmu jadi bersemangat kembali. 

Saat rasa lapar dapat mengganggu konsentrasi, kamu cenderung mudah lelah dan mudah bosan. Namun kamu bisa menyusun ulang penempatan meja dan benda-benda di ruanganmu serta, pemandangannya.

9. Sibukkan Dirimu

Sibukkan Dirimu

Menyibukkan diri dengan pekerjaan adalah cara terbaik menjalani hari sambil berpuasa. Ketika kamu fokus untuk menyelesaikan pekerjaanmu, kamu bahkan tidak akan menyadari betapa cepatnya waktu berlalu. Buktikan kepada rekan kerja bahwa kamu masih bisa produktif sepenuhnya selama Ramadhan. 

Dengan menyibukkan diri, kamu tak akan fokus dengan rasa lapar dan hausmu atau tergoda dengan makanan. Lagipula, Ramadhan bukanlah alasan untuk mengendurkan pekerjaan di kantor dan memperlambat kecepatan kerjamu.

10. Jalan-Jalan Sejenak

Jalan-Jalan Sejenak

Berada di meja kerja sepanjang hari selama berjam-jam bisa sangat melelahkan dan terkadang bisa membuatmu mengantuk. Menjauhlah dari komputer kamu sebentar dan berjalan-jalan sebentar di sekitar area kantor, ini akan membantu menyegarkan pikiranmu.

Cobalah luangkan waktu berjalan di sekitar halaman kantor untuk sekedar beristirahat dan menghirup udara segar selama beberapa menit. Pilihan lainnya yaitu meregangkan kaki setelah berjam-jam duduk di meja. Setelah kelelahan ini berkurang kamu bisa semangat lagi bekerja.

Poin kunci puasa selama Ramadhan adalah mengatur waktumu dengan bijak. Hindari hal-hal yang tidak perlu yang dapat membuang waktu, energi, dan emosimu. Ingat, ada cara untuk menjalankan aktivitas keagamaan tanpa mengorbankan kehidupan kerjamu yang aktif dan sibuk. 

Tips di atas bisa kamu coba selama bekerja di bulan puasa. Untuk kamu yang bekerja di rumah, tips di atas juga bisa kamu lakukan. Dengan bekerja di rumah kamu jadi lebih mudah untuk melakukan penyesuaian. Namun hati-hati dengan godaannya, seperti sibuk dengan gawai atau nonton drakor seharian. Selamat berpuasa!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram