Bacaterus / Sekolah / Inilah 10 Tips Persiapan Menuju Moment Back to School

Inilah 10 Tips Persiapan Menuju Moment Back to School

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Desember 2018

Back to school merupakan suatu momen di mana para pelajar kembali masuk sekolah pada awal semester baru setelah masa liburan mereka habis. Di Indonesia, moment back to school ini biasanya terjadi pada bulan Juli dan Januari. Ketika satu semester telah berakhir, biasanya sekolah akan memberi waktu liburan yang kurang lebih sekitar dua pekan kepada para siswanya.

Pada momen liburan ini, para pelajar biasanya menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang dengan keluarga atau teman tanpa ada tuntutan untuk belajar formal seperti biasa yang dilakukan di Sekolah. Akan tetapi, setelah waktu liburan ini berakhir, mereka harus kembali pada aktivitas seperti biasanya yaitu belajar di Sekolah. Momen ini biasa disebut back to school.

Pada momen ini, para pelajar harus mempersiapkan berbagai macam keperluan untuk menunjang aktivitas belajar. Banyak orang tua yang ikut berperan membantu anak-anaknya dalam mempersiapkan semua keperluan untuk kembali bersekolah. Kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan pada momen ini? Lalu, bagaimana tips persiapan menuju moment back to school?

Tak perlu bingung lagi, di bawah ini akan kami paparkan beberapa tips persiapan menuju moment back to school agar semua tersiapkan dengan baik. Cermati pemaparannya ya!

10 Persiapan Menuju Moment Back to School

1. Persiapkan Tujuan Baru

* sumber: www.kompasiana.com

Setelah semester kemarin berlalu, dan saat ini mulai memasuki semester baru, maka siapkanlah tujuan barumu untuk semester ini. Sebagai pelajar, tentu saja tugas kita tak lain hanyalah belajar. Maka dari itu, tujuan yang harus kita persiapkan saat moment back to school harus berhubungan dengan proses belajar dan mengajar.

Kamu harus memiliki mindset untuk mencapai goals-mu di semester ini. Misalnya, goals-mu di semester ini adalah memiliki score baik dan cukup pada semua mata pelajaran. Maka dari itu, lakukanlah yang terbaik pula untuk mencapai goals tersebut. Dengan adanya tujuan, maka dirimu akan termotivasi untuk menggapainya.

2. Persiapkan Mental

Persiapkan mental

* sumber: www.keluargakokoh.com

Persiapan mental sangatlah penting untuk kamu lakukan. Dengan mental yang siap dan menerima akan moment back to school ini, dirimu akan semakin siap menghadapi berbagai macam rintangan yang ada dan harus kamu hadapi pada proses belajar mengajar. Dengan mental yang siap, kamu akan semakin ikhlas menjalani semuanya sebaik mungkin.

Apakah kamu sudah mempersiapkan mentalmu untuk menghadapi moment back to school? Jika belum, maka persiapkanlah dari sekarang agar semuanya dapat berjalan dengan baik ke depannya. Lalu, bagaimana cara mempersiapkan mental? Banyak sekali caranya salah satunya adalah selalu berpikir positif untuk ke depannya.

3. Persiapkan Fisik

* sumber: www.bola212bet.com

Selain kamu harus mempersiapkan mental menjelang moment back to school, kamu juga wajib mempersiapkan fisikmu. Mengapa? Karena bersekolah tentunya memerlukan kekuatan fisik yang bisa membuatmu lelah sehingga keadaan fisik harus sehat dan siap menjalani berbagai macam aktivitas ketika kembali ke sekolah.

Jangan sampai liburan yang telah kamu lakukan untuk bersenang-senang malah membuat fisikmu drop hingga tak siap untuk kembali bersekolah. Maka dari itu, persiapkan fisikmu sebaik mungkin dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

4. Siapkan Buku Pelajaran

* sumber: edukasi.kompas.com

Buku merupakan komponen yang berperan penting dalam proses belajar dan mengajar. Buku biasanya digunakan untuk menulis materi yang dijelaskan di sekolah. Selain itu, ada pula buku yang berisikan berbagai macam materi untuk menunjang aktivitas belajar, misalnya buku LKS dan buku paket.

Buku-buku tersebut harus dirapikan dan dipersiapkan untuk digunakan sebagaimana fungsinya pada proses pembelajaran. Jangan sampai buku-buku tersebut kamu abaikan hingga tak kamu persiapkan sebelumnya. Pastikan bukumu siap di bawa ke sekolah pada waktunya, ya!

5. Persiapkan Alat Tulis

* sumber: shop.khairunnas.com

Setelah buku telah kamu persiapkan, maka selanjutnya mempersiapkan berbagai macam alat tulis yang harus kamu bawa ke sekolah untuk menunjang proses pembelajaran. Alat tulis tersebut di antaranya pensil, penghapus, pulpen, dan penggaris. Jika kamu masih memilikinya sisa dari semester lalu, kamu bisa menggunakannya kembali tanpa membeli.

Namun, apabila kamu tak memilikinya sama sekali, maka kamu harus mempersiapkannya dengan segera agar semua dapat dibawa ketika kamu mulai bersekolah seperti biasanya. Alat tulis juga merupakan komponen yang harus dipersiapkan sejak awal agar tak ketinggalan dan terabaikan.

6. Latih untuk Kembali Bangun Pagi

* sumber: www.idntimes.com

Setelah liburan yang cukup panjang membuatmu lebih santai untuk bangun pagi, maka saat moment back to school, kamu harus mempersiapkannya kembali. Latihlah kebiasaan tersebut agar ketika kamu kembali bersekolah seperti biasa, tak ada kata kesiangan dan terlambat untuk pergi ke sekolah.

Latihan ini harus kamu lakukan terutama bagi kamu yang sudah langganan kesiangan setiap hari. Latihan untuk bangun pagi hari bisa dilakukan dengan berbagai macam cara di antaranya memasang alarm atau meminta orang rumah untuk membangunkanmu. Dengan cara ini, moment back to school-mu akan berlangsung sempurna.

7. Belajar

* sumber: learningfan.com

Ya, belajar harus kamu lakukan menjelang moment back to school. Dengan libur panjang bisa membuat semua materi yang pernah kita pelajari hilang berjatuhan. Maka dari itu, belajar atau sekedar membaca buku-buku pelajaran harus kamu lakukan guna mengingat kembali apa yang pernah kita pelajari.

Dengan belajar, kita akan ingat materi apa saja yang pernah kita pelajari sebelumnya sehingga kita akan mendapat pencerahan saat kembali bersekolah. Dimulai dengan belajar, maka dirimu akan semakin siap untuk menerima materi-materi baru yang akan kamu pelajari di semester ini.

Tapi, kalau kamu memang merasa kesulitan untuk memulai belajar, cobalah untuk mengikuti 10 Tips Mengatur Waktu Belajar agar lebih efektif dan efisien.

8. Persiapkan Seragam

* sumber: www.konveksiseragamkantor.com

Seragam sekolah merupakan hal yang harus selalu diperhatikan dan dipersiapkan. Pastikan kamu tak lupa di mana terakhir kali kamu menyimpan seragam kamu, ya. Jika seragammu sudah tak cukup, maka semua harus kamu persiapkan kembali guna melancarkan moment back to school di semester ini.

Seragam sekolah meliputi baju, celana, sepatu dan beberapa atributnya seperti sabuk dan dasi. Pastikan seragammu rapi dan bersih di hari pertama sekolah. Jadikan hari pertama sekolah berkesan dengan seragam yang telah dipersiapkan sebaik mungkin sebelumnya.

9. Berdoa

* sumber: santapanrohani.org

Awali moment back to school-mu dengan berdoa meminta segalanya kepada yang Maha Kuasa, seperti meminta untuk diberikan selalu kelancaran dalam menerima ilmu saat proses belajar dan mengajar, meminta agar diberi hari yang lebih baik lagi dari hari sebelumnya, dan doa-doa lain sebagainya. Dengan berdoa, diri kita akan lebih memiliki kekuatan positif dalam menjalani berbagai macam aktivitas baru saat kembali bersekolah.

10. Lakukan Seperti Biasanya

Lakukan seperti biasanya

* sumber: www.parenting.co.id

Moment back to school merupakan momen di mana kita kembali bersekolah. Maka dari itu, lakukanlah berbagai macam aktivitas yang telah kita lakukan sebelumnya di sekolah sepeti biasanya atau bahkan harus lebih baik lagi dari sebelumnya. Lakukan aktivitas belajar dengan penuh semangat dan kegembiraan dalam menuntut ilmu.

Itu dia beberapa tips persiapan menuju moment back to school yang sangat bermanfaat dan patut dicoba terutama bagi kamu para pelajar atau para orang tua yang ingin membantu buah hatinya untuk kembali pada momen yang biasa dilakukan oleh para pelajar setelah masa liburan selesai yaitu moment back to school atau momen kembali bersekolah.

Pastikan semua komponen yang menunjang proses pembelajaran telah dipersiapkan menjelang moment back to school ini agar semuanya berjalan dengan lancar dan baik juga berkesan ketika hari pertama sekolah dimulai.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat membantu kita dalam mempersiapkan berbagai macam persiapan menjelang moment back to school. Untuk semua saran dan masukannya silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Selamat kembali bersekolah!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar