bacaterus web banner retina

Pemasaran Afiliasi dengan Instagram: Tips Monetisasi Instagram

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor ADSTERRA permanen

Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini sosial media Instagram semakin banyak digemari. Bahkan bisa menghasilkan uang karenanya. Hal ini dinamakan pemasaran afiliasi dengan instagram. Sebelum melakukannya, setiap penggunanya harus menjadi seorang micro influencer dulu.

Keunggulan Instagram Untuk Mendapatkan Keuntungan Berlebih 

instagram

Pada umumnya, Instagram sendiri telah memulai debutnya sejak tahun 2010. Hingga saat ini, sosial media tersebut banyak mendapatkan perhatian pengguna dari seluruh dunia. Pasalnya, dengan meng-upload foto atau bahkan video di sana. Maka akan ada kesempatan besar dapat keuntungan.

Di tahun 2018 lalu, Instagram telah mendapatkan banyak perhatian penggunanya sekitar 1 milliar pengguna bulanan. Bahkan ada sekitar 500 juta pengguna yang menggunakan Instagram tiap harinya. Hal tersebut dilihat dari format story-nya, itulah mengapa keunggulannya bisa dijadikan monetisasi.

Monetisasi di Instagram sendiri merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini. Mengingat berkembangnya dunia teknologi dan pemasaran, tentu saja model marketing juga harus ikut berubah. Banyak pengguna yang mengandalkan Instagram untuk bisa dijadikan sebagai iklan produk utama.

Monetisasi Instagram: Mengapa Ini Bisa Berhasil?

instagram

Berbicara mengenai monetisasi, biasanya tidak akan pernah lepas dengan yang namanya usaha / pemasaran produk. Saat ini banyak sekali pengusaha, influencer atau seseorang yang ingin membuat sesuatu menjadi lebih bernilai menggunakan sosial media Instagram sebagai tujuannya.

Sebagian besar dari mereka melakukan monetisasi di Instagram. Hal ini telah terbukti banyak yang berhasil. Baik itu melakukan pemasaran afiliasi / layanan pribadi, platform Instagram mampu memberikan peluang cukup besar. Monetisasi di sana tentu sangat efektif, karena jangkauannya luas.

Platform Instagram ini akan memungkinkan pengguna membuat koneksi dengan pengikut / followers / pihak ketiga yang dipromosikan. Hal tersebut sama saja seperti menyebarkan informasi dari mulut ke mulut. Instagram sendiri membantu pengguna untuk bermitra dengan merek dan sukses karenanya.

Bagaimana Cara Monetisasi Instagram Agar Berhasil?

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa melakukan monetisasi bisa juga dilakukan di Instagram. Namun, tentu saja hal tersebut ada caranya sendiri karena monetisasi Instagram itu perlu pengikut / followers. Untuk dapat mengembangkan afiliasi, sangat memerlukan jumlah pengikut yang layak.

1. Siapkan Akun Bisnis

business-instagram (Copy)

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat akun bisnis terlebih dahulu. Cara mengubah akunnya pun juga cukup mudah, hanya membutuhkan waktu lima menit saja selesai. Pertama-tama, pada profil Anda pilihlah garis tiga di pojok kanan atas. Lalu pilihlah opsi pengaturan.

Kemudian, klik beralih ke akun profesional dan setelah itu akan melihat tulisan bahwa telah berada di akun profesional gratis. Setelahnya klik lanjutkan dan pilih kategori bisnis yang Anda jalani. Selanjutnya pilih bisnis lagi dan periksakan kontak. Akan lebih baik lagi jika dihubungkan ke facebook.

2. Hubungkan Akun Bisnis Instagram Dengan Facebook 

instagram and facebook

Proses monetisasi di Instagram memang merupakan pilihan terbaik, akan tetapi lebih baik lagi jika Anda menghubungkan profil bisnis ke facebook juga. Apalagi Instagram sendiri sudah dimiliki oleh pihak Facebook. Itu artinya kedua platform tersebut sudah mempunyai pusat kendalinya sendiri.

Dapat ditarik kesimpulan, bahwa monetisasi di Instagram memang baik. Namun, akan lebih maksimal lagi jika Anda juga mempublikasikan produk / bisnis ke facebook. Berhubung masih dalam satu kendali, maka kinerja platformnya akan lebih baik lagi. Jadi, penghasilan yang didapat akan besar.

3. Pro dan Kontra Iklan Di Instagram

tips-beriklan-di-instagram-ads (Copy)

Ada beberapa cara untuk bisa menjangkau audience agar mereka melihat bisnis yang Anda jalankan. Salah satu caranya adalah dengan promosi berbayar, hal ini sudah wajar. Dikarenakan setiap upaya mendapatkan banyak perhatian customer, pengguna atau pebisnis haru mengeluarkan modalnya.

Apalagi dalam rangka monetisasi di Instagram, promosi berbayar seakan menjadi poin paling penting agar cepat mendapatkan banyak followers. Dengan cara menggunakan iklan berbayar, secara tidak langsung Anda sudah mengarahkan customer ke situs web atau halaman bisnis yang dijalankan. 

4. Tampilkan Iklan Foto dengan Baik 

Selain itu, dalam rangka monetisasi maksimal di Instagram Anda juga harus melakukan iklan foto dengan cukup baik. Tenang saja karena Instagram menyediakan layanan seperti ini, jadi penggunanya hanya perlu mengaktifkan opsi tersebut. Jadi, hasil postingan bisnis bisa menjadi iklan.

Ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dengan menggunakan iklan foto di Instagram. Seperti layanan ini tersedia bagi semua yang mengaktifkan akunnya menjadi akun bisnis. Kemudian, hasil dari iklan fotonya sangat tampak asli, mudah dan cepat dibuat. Bisa digunakan di berbagai bentuk promosi.

5. Lakukan Iklan Carousel 

Tidak hanya melakukan iklan foto saja, pebisnis yang monetisasi di Instagram juga perlu membuat iklan carousel. Anda bisa menampilkan sekitar 10 gambar dan juga video dalam satu iklan saja. Algoritma Instagram yang semacam inilah yang mampu membantu semaksimal mungkin.

Tujuannya supaya bisa mendapatkan lebih banyak lagi customer. Dalam iklan carousel ini, memungkinkan Anda untuk dapat menceritakan sebuah cerita hanya dengan melalui rangkaian gambar maupun video saja. Bila medianya menarik, maka perhatian orang akan tertuju kepada carouselnya.

6. Gunakan Iklan Video 

instagram

Hampir memiliki kesamaan dengan iklan carousel, hanya saja iklan video ini biasanya berbentuk semacam gif atau video pendek. Akan sangat maksimal sekali jika seorang pebisnis melakukan hal ini. Dikarenakan mereka bisa mendemonstrasikan proses bisnis mereka sendiri kepada customer.

Keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda melakukan iklan video, yaitu bisa menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menyenangkan dan terlihat rapi sehingga membuat audience lebih banyak terlibat. Videonya pun juga bisa dijadikan sebagai umpan promosi dan dekat dengan audience.

7. Buat Iklan Koleksi 

Langkah monetisasi secara maksimal selanjutnya, yaitu dengan melakukan iklan koleksi. Tujuannya adalah dengan memberikan gambaran dari produk secara 3D, sehingga para audiens akan jauh lebih mudah untuk melihat apa saja yang ditawarkan oleh pihak penjual. Jadi, bisa leluasa memilih.

Apalagi jika bisnis Anda mengusung tema / konsep gaya hidup atau video motivasi, akan sangat cocok sekali jika menggunakan iklan koleksi satu ini. Audience akan merasa tertarik dengan iklannya, sehingga dari ketertarikan tersebut mereka akan memilih untuk menjelajahi situs lebih dalam lagi.

8. Buat Iklan Instagram Stories

instagram-stories (Copy)

Melakukan monetisasi di Instagram supaya lebih maksimal, Anda harus membuat iklan di stories. Walaupun ada kekurangannya seperti tidak bisa memberikan tautan jika pengikutnya di bawah 10K. Akan tetapi hal ini akan menjadi poin penting dalam bisnis, supaya banyak menjangkau audience.

Cara Mendapatkan Uang Dengan Instagram

Untuk bisa memasukan link ke Instagram adalah dengan cara mengubah akun menjadi akun bisnis dan kemudian menambahkan link smart direct ke Bio, seperti tampak pada gambar berikut:

Adsterra Instagram (Copy)

Sebelum itu, dapatkan Smart Direct Link Adsterra dengan cara mendaftar sebagai publisher Adsterra, dan kemudian menambahkan situs web blog kamu untuk persetujuan. Jika tidak memiliki blog, kamu hanya perlu melakukan login kembali dan memilih untuk tujuan monetisasi dengan Direct Link. 

Selain itu, akan sangat menarik jika Anda membuat iklan storiesnya dengan format yang menarik. Keterampilan copywriting akan dibutuhkan di sini, karena baik penulisan dan desain iklannya juga mempengaruhi ketertarikan audience / pengikut / followers dari akun bisnis yang sedang dijalani.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai pemasaran afiliasi dengan instagram. Dapat ditarik kesimpulan, bahwa melakukan monetisasi menggunakan sosial media Instagram. Pebisnis harus membuat akun bisnis terlebih dahulu, lalu disusul dengan membuat berbagai macam iklan menarik.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram