Bacaterus / Tips Sederhana Merawat Sepatu Anak Agar Lebih Awet

Tips Sederhana Merawat Sepatu Anak Agar Lebih Awet

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2019

Kalau bicara tentang fashion, fashion item apa yang menurut kamu paling penting untuk jadi sebuah statement dalam bergaya sehari-hari? Untuk yang suka tampil sporty, sepatu dan jaket mungkin bisa jadi pilihan dalam bergaya. Setuju?

Nah, seiring bertumbuhnya ketertarikan pasar akan dunia fashion, munculah brand-brand besar yang memberikan pilihan untuk kamu yang ingin selalu bergaya up to date. Salah satu dari brand besar tersebut adalah Adidas. Adidas memiliki produk jaket yang bisa menaikan tingkat kepercayaan diri kamu dengan menawarkan model beragam sesuai dengan keperluan hari-harimu.

Tak hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anak pun kini bisa bergaya sama seperti halnya orang dewasa. Melihat hal tersebut, Adidas juga mengeluarkan produk untuk anak dan salah satunya adalah sepatu. Sepatu anak yang dikeluarkan oleh Adidas pun memiliki beberapa pilihan sesuai kebutuhan seperti training, lifestyle, basket dan original.

Bicara soal sepatu anak, khususnya di musim hujan seperti sekarang ini pastinya sepatu anak akan cepat kotor. Nah, agar sepatu anak lebih awet, ada satu hal yang nggak bisa dilewatkan yaitu perawatannya. Nah, untuk itu kami akan bagikan beberapa tips sederhana dalam merawat sepatu anak agar nggak cepat rusak:

1. Keringkan Sepatu Ketika Basah

Sepatu Anak

Hal pertama yang mesti dilakukan dalam merawat sepatu anak yang cukup sederhana tapi kadang suka terlupakan adalah segera keringkan sepatu ketika basah. Khususnya ketika sedang musim hujan, hal pertama yang mesti dilakukan jika sepatu basah karena kehujanan adalah keringkan terlebih dahulu dengan cara lap bagian luar dan masukan koran di bagian dalam sepatu.

Atau kalau sepatu memang benar-benar basah, lebih baik langsung cuci sepatu agar nggak berjamur dan muncul bau nggak sedap. Hal serupa berlaku juga jika sepatu baru dicuci, keringkan sepatu hingga benar-benar kering. Hindari menggunakan sepatu kesayanganmu jika keadaannya masih dalam keadaan setengah kering. Menggunakan sepatu yang masih setengah kering akan membuat sepatu juga kaki menjadi bau.

2. Cuci Sepatu dengan Benar

Cuci Sepatu dengan Benar

Agar sepatu anak lebih awet, lebih baik hindari mencuci sepatu dengan menggunakan mesin cuci, ya! Mencuci sepatu secara manual dengan menggunakan produk pembersih yang khusus sepatu merupakan cara merawat yang paling aman.

Oh iya, jangan lupa untuk melepaskan tali sepatu agar proses pencucian lebih bersih. Setelah sepatu selesai dicuci, jemurlah sepatu di tempat yang berangin-angin dan hindari terkena sinar matahari langsung supaya warnanya nggak memudar.

Tapi kalau kamu ingin yang lebih praktis lagi, kamu bisa serahkan nasib kebersihan sepatu kesayanganmu ke tangan yang lebih ahlinya yaitu jasa cuci sepatu. Di tempat jasa cuci sepatu, sepatu kamu akan dibersihkan sesuai dengan jenis dan kebutuhannya.

3. Simpan Sepatu di Tempat yang Benar

Simpan Sepatu di Tempat yang Benar

Agar sepatu anak tetap awet, simpanlah sepatu di tempatnya/ rak sepatu. Dan yang jangan dilewatkan adalah suhu ruangan tempat penyimpanan sepatu, hindari menyimpan sepatu anak di tempat yang lembap. Kalau pun misalnya keadaan di rumah kamu lembap, cara lainnya adalah dengan menggunakan produk antilembap.

Walaupun mesti menghindari tempat lembap, bukan berarti sepatu disimpan di tempat yang terpapar matahari langsung yah karena sinar matahari bisa membuat warna sepatu anak memudar.

Sedikit tips, meskipun kamu memiliki sepatu yang jarang dipakai, sebaiknya jangan simpan sepatu tetap di dalam dusnya karena sepatu akan mudah lembab. Lebih baik langsung saja pajang sepatu pada rak sepatu yang terbuka.

4. Gunakan Sepatu dengan Benar

Gunakan Sepatu dengan Benar

Hal ini merupakan satu hal yang wajib banget untuk diketahui yaitu memilih sepatu sesuai dengan kebutuhannya. Terdapat beberapa macam sepatu anak yang mesti kamu tahu sebelum membeli sepatu seperti sepatu basket, training dan casual. Alasan membeli sepatu sesuai kebutuhan adalah karena setiap sepatu didesain khusus agar penggunanya nyaman.

Seperti contoh, untuk yang suka olahraga basket sangat disarankan untuk berlari menggunakan sepatu khusus basket, hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari cedera ketika sedang berolahraga dan lebih nyaman. Sedangkan untuk keperluan sehari-hari, pilihlah jenis sepatu casual yang dirancang untuk aktivitas santai.

Jadi agar sepatu anak lebih awet, gunakanlah sepatu sesuai dengan kebutuhan ya! Kalau bingung apa bedanya sepatu casual, training atau sepatu lari, lebih baik tanyakan dulu pada penjaga toko supaya nggak menyesal nantinya.

5. Bersihkan Secara Berkala

Bersihkan Secara Berkala

Dalam merawat sepatu, satu hal sederhana yang wajib banget dilakukan yaitu membersihkan sepatu secara berkala. Meskipun diantara deretan sepatu ada yang jarang dipakai, jangan lupa untuk tetap dibersihkan ya. Sepatu yang disimpan di rak sepatu nggak akan luput dari debu-debu yang menempel, nah semakin lama debu dibiarkan bisa merusak sepatu kesayangan kamu.

Jadi secara berkala, lap sepatu anak dengan kain lembut. Dan kalau diperlukan, bersihkan juga dengan menggunakan produk khusus pembersih sepatu agar sepatu kesayangan lebih awet dan selalu terlihat baru.

Sebagai salah satu fashion item yang kini menjadi tren, pilihan sepatu yang tepat dipercaya dapat dapat membuat gaya semakin stylish dan percaya diri. Tak hanya di kalangan anak muda, sneakers pun kini digandrungi oleh semua usia baik pria, wanita hingga anak-anak karena kenyamanannya. Kalau kamu suka sepatu yang gimana nih?

Nah, sekian beberapa tips sederhana agar sepatu lebih awet dan tetap terlihat baru. Kalau kamu punya tips dan trik lainnya, yuk jangan ragu bagikan pengalaman pribadimu di kolom komentar di bawah ini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *