bacaterus web banner retina

Inilah Tips Merawat Motor Matic Agar Awet

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor BLIBLI PERMANEN
Inilah Tips Merawat Motor Matic Agar Awet 1

Honda Beat 2021 seperti motor matik lainnya perlu dirawat agar awet, apalagi bagi Anda yang jarang menggunakannya karena sedang liburan atau kondisi PPKM seperti saat ini. Walau motor matik tidak dipakai, Anda tetap harus melakukan perawatan rutin agar tidak rusak dan bermasalah

Pada umumnya, alasan kebanyakan orang membeli motor matik adalah sama, yaitu karena cara pemakaiannya yang mudah dan bahkan cara starter mesinnya yang terbilang gampang.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa motor matik perlu dirawat untuk memastikan kondisinya selalu prima, seperti halnya Honda Beat 2021 yang merupakan motor matik andal yang tangkas dan mudah. Berikut adalah beberapa tips perawatan motor matik yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Rutin Panaskan Mesin Motor

Memanaskan motor adalah cara paling mudah untuk merawat mesin motor matik. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 10 menit setiap hari, bisa pada pagi atau malam hari saja. Hal tersulit adalah untuk selalu melakukannya dengan rutin.

Anda perlu melakukannya setiap hari. Dan apabila Anda lengah, maka saat Anda akan menyalakannya lagi kemungkinan besar Anda akan mengalami kesulitan.

Coba untuk menitipkan motor matik pada seseorang yang Anda percaya bisa menyalakan mesin secara teratur. Akan lebih baik kalau memanaskan motor maticnya dengan memakai kick starter. Cara ini lebih hemat baterai dan membuat motor lebih awet.

2. Ganti oli secara berkala

Inilah Tips Merawat Motor Matic Agar Awet 3

Motor matik yang dipakai tiap hari atau tidak harus diperiksa olinya secara berkala. Biasanya motor matik seperti Honda Beat 2021 memiliki buku catatan khusus yang dikeluarkan oleh dealer untuk mendapatkan layanan oli gratis dengan informasi kapan harus mengganti oli selanjutnya.

Perawatan dengan cara ganti oli ini bisa Anda lakukan sendiri atau mendatangi dealer langsung untuk dapat digantikan olinya dengan tenaga profesional. Jadwal ganti oli biasanya pada setiap 1000 km atau 3 bulan sekali tergantung dengan jarak tempuhnya. Jadi bisa dipilih salah satu. Jangan lupa untuk memastikan oli yang dipakai sesuai dengan motor matik yang Anda miliki.

3. Jangan Kehabisan Bensin

Motor matik jangan sampai dibiarkan kehabisan bensin, terutama bila kondisinya hanya dipanaskan saja dan tidak terlalu sering dipakai. Hal yang paling dikhawatirkan adalah mesin akan rusak, terlebih lagi kalau jenis motor Anda merupakan motor matik injeksi. Pastikan ada bensin dalam tangki motor dan isilah secara rutin.

Kalau Anda mengetahui bensin telah habis, segeralah mengisinya karena membiarkannya kosong terlalu lama bisa mengarah pada masalah yang lebih parah lagi. Motor akan sulit dipanaskan dan bahkan tidak bisa nyala sama sekali. Kalau sudah demikian, Anda perlu memanggil mekanik ke rumah yang tentu berarti biaya perbaikan yang lebih besar lagi dibandingkan melakukan pencegahan dan memastikan ada bensin dalam motor.

Kalau Anda berencana tidak memakai motor matik untuk waktu yang sangat lama, pertimbangkan untuk menguras bensin sampai habis dan tidak mengisinya untuk sementara waktu. Cara ini lebih aman untuk menghindari timbunan bensin yang dapat merusak motor.

4. Pelumas Pada Rantai

Inilah Tips Merawat Motor Matic Agar Awet 5

Motor Honda Beat 2021 dan motor matik lainnya memiliki bagian rantai yang perlu diperiksa secara berkala, khususnya saat motor jarang dipakai. Hal ini karena rantai rentan berkarat dan kena korosi karena tidak berputar dan tidak dijalankan. Pastikan kondisinya cukup lembab dan memiliki cukup pelumas.

Anda perlu memantau kondisi rantai secara rutin, sebaiknya adalah sebelum memanaskan setiap harinya. Kalau rantai terlihat kering, Anda dapat memberikan pelumas yang biasa Anda gunakan untuk membuat rantai kembali lembab dan aman untuk pemakaian berikutnya.

5. Perawatan AKI

aki motor_

Kalau Anda akan bepergian dalam waktu lama dan khawatir dengan kondisi motor, buatlah keputusan terbaik untuk perawatan selama motor tidak dipakai. Kalau Anda masih sempat memanaskan motor tiap hari maka luangkan waktu untuk memeriksa aki juga. Biasanya aki akan bermasalah kalau motor jarang digunakan.

Kalau Anda tidak sempat memanaskan motor setiap harinya, pertimbangkan untuk mencabut aki untuk memastikan aki tidak soak atau bermasalah ketika akan digunakan lagi. Membiarkan aki yang terhubung pada motor matik tanpa memanaskannya dari waktu ke waktu akan lebih baik untuk membiarkan motor tanpa aki dan mengembalikan aki pada tempatnya kembali ketika Anda akan menggunakannya lagi.

6. Parkir Standar Tengah

honda beat standar tengah_

Kalau motor dipakai terus-menerus, tidak terlalu bermasalah posisi parkir motor. Tapi, kalau tahu akan jarang memakainya, maka sebaiknya parkirkan motor memakai standar bagian tengah. Dengan demikian posisi motor matik Anda stabil dan tidak akan meletakkan beban body motor pada satu sisi saja.

Hal ini penting untuk memastikan bantalan parkir juga stabil dan tidak memiliki beban yang berlebihan. Posisi ini juga memastikan kondisi motor lebih stabil dan lebih mudah ketika akan digunakan kembali dan menyalakannya lagi.

7. Minyak Rem

Inilah Tips Merawat Motor Matic Agar Awet 9

Meski motor matik jarang dipakai, bukan berarti Anda lalai untuk melakukan pemeriksaan rutin. Selain aki dan oli, sempatkan juga untuk melihat rem minyak pada motor matik Anda. Minyak tersebut harus mengisi bagian master rem. Ada batas yang menyatakan kapan minyak rem perlu ditambah.

Kalau tanda indikator mengarah pada bawah garis maka segeralah memberikan tambahan minyak rem. Tindakan ini memastikan rem tetap berfungsi baik dan tidak akan tiba-tiba blong dan bisa menyebabkan masalah yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa tips perawatan motor matik, khususnya dalam keadaan tidak terlalu sering digunakan. Cara-caranya mudah untuk diikuti dan yang paling penting adalah memastikan bisa dilakukan secara teratur. Jika Anda memperhatikan perawatan yang baik dan teratur, maka motor matic milik Anda akan awet dan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Tahukah kalau sekarang beli Honda Beat 2021 bisa melalui Blibli. Dapatkan honda Beat yang Anda idam-idamkan dengan cara mudah, cepat dan dijamin aman. Tunggu apalagi kunjungi situs resmi Blibli atau unduh aplikasinya sekarang juga dan mulailah berbelanja.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram