Bacaterus / Vegetarian / 10 Tips Menjadi Vegetarian untuk Hidup yang Lebih Sehat

10 Tips Menjadi Vegetarian untuk Hidup yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Januari 2019

Vegetarian adalah sebutan bagi orang-orang yang hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan, seperti buah dan sayur saja, sehingga mereka tidak mengonsumsi mahluk hidup. Di zaman dahulu kala, hanya pemuka agama Budha yang menjadi vegetarian. Namun, seiring berjalannya waktu sudah banyak generasi muda zaman sekarang yang turut menjadi vegetarian.

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian, maka itu artinya Anda mengambil keputusan untuk menjalani hidup lebih sehat dan tidak lagi mengonsumsi daging, ayam, ikan, dan mahluk bernyawa lainnya. Apakah menjadi vegetarian itu susah? Jawabannya semua pasti membutuhkan usaha dari diri sendiri. Berikut ini Bacaterus ingin memberikan tips menjadi vegetarian bagi pemula.

10 Tips Menjadi Vegetarian

1. Cari tahu informasi seputar vegetarian

Cari tahu informasi seputar vegetarian Tips Menjadi Vegetarian

Menjadi vegetarian tidak sesederhana yang Anda bayangkan, lho. Apalagi jika sebelumnya kita sudah pernah merasakan makanan daging atau seafood. Tentu saja hal tersebut tidak mudah.

Tips menjadi vegetarian untuk pemula adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai keuntungan dan gaya hidup vegetarian. Cari tahu juga mengenai panduan makan ala vegetarian agar Anda tidak kaget ketika langsung menjalani pola makan ala vegetarian.

2. Ketahui alasan kuat untuk menjadi vegan

Ketahui alasan kuat untuk menjadi vegan

Satu hal yang harus Anda ketahui sebelum menjadi seorang vegan, yakni ketahuilah alasan kuat untuk berubah menjadi vegetarian. Pasalnya, jika Anda hanya ikut-ikutan tren saja, maka Anda berisiko tinggi menyerah pada saat beberapa hari menjadi vegan.

Sangat penting untuk mencari tahu alasan paling kuat untuk menjadi vegetarian. Alasan tersebut akan menjadi motivasi Anda untuk tetap semangat beralih ke gaya hidup vegetarian.

3. Ikut komunitas vegan

Ikut komunitas vegan

Menjalani kehidupan sebagai vegetarian pada awalnya mungkin terasa cukup sulit. Namun, Anda bisa bergabung dengan komunitas vegan yang sudah lebih dulu menganut gaya hidup vegetarian. Dengan bergabung pada komunitas vegan, Anda akan mendapatkan teman seperjuangan sekaligus panduan untuk tetap termotivasi menjadi vegan.

Nah, jika sudah bergabung dengan komunitas tertentu, tak ada salahnya jika Anda juga mengajak teman Anda yang lain. Bersama-sama melakukan hal yang positif dengan sahabat tentu akan sangat mengasyikkan.

4. Coba makanan tiruan ala vegetarian

Coba makanan tiruan ala vegetarian

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian, itu bukan berarti Anda tidak boleh makan bebek goreng, sate ayam, atau empal. Anda masih boleh mengonsumsi makanan tersebut tapi dalam bentuk tiruan. Ya, Anda bisa mendapatkan makanan yang serupa seperti makanan pada umumnya di beberapa depot vegetarian.

Pada umumnya, makanan tiruan tersebut dibuat dari bahan pengganti yang tidak bernyawa, seperti tepung atau jamur. Makanan tersebut diolah dengan baik agar rasanya mirip dengan makanan aslinya. Bagi pemula yang baru saja menjauhi daging dan makanan bernyawa lainnya, makanan tiruan ala vegetarian ini tentu akan sangat membantu Anda untuk beradaptasi.

5. Beralih ke vegan meal plan

Beralih ke vegan meal plan

Sebagai vegetarian, tentunya Anda tidak akan mencoba makanan tiruan terus menerus. Mulailah untuk mengonsumsi menu vegan meal plan karena menu makanan ini jauh lebih sehat dan tentunya hanya menggunakan makanan segar, bukan makanan yang diawetkan. Dengan mengonsumsi vegan meal plan, kebutuhan nutrisi harian Anda tetap terpenuhi meskipun tidak lagi menyantap daging. Berikut adalah contoh vegan meal plan:

  • 08:00 Sarapan pagi

Oatmeal yang dimasak dengan susu almond atau susu kedelai dan berikan topping buah favorit Anda. Minumlah teh hijau pada waktu sarapan ini.

  • 11:00 Snacking

Pada jam-jam segini biasanya perut akan mulai lapar. Nah, Anda dapat membuat snack bar sendiri dengan memanaskan sirup maple dan selai kacang, lalu beri taburan kacang dan oatmeal. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan dinginkan di dalam kulkas.

  • 14:00 Makan Siang

Konsumsi salad sayuran dengan dressing favorit Anda.

  • 17:00 Coffee break

Buatlah smoothies dari buah favorit Anda. Sebagai tambahan, Anda dapat ngemil buah pisang atau buah lainnya favorit Anda.

  • 20:00 Makan malam

Silakan makan malam dengan nasi putih dan lauk sayuran kesukaan Anda. Vegetarian juga diperbolehkan untuk mengonsumsi tahu dan tempe.

6. Variasikan menu makanan sehari-hari

Variasikan menu makanan sehari-hari

Sayur-sayuran juga bisa dimasak dengan berbagai hidangan yang enak, lho. Tips menjadi vegetarian untuk pemula adalah harus pandai-pandai mengkreasikan makanan agar Anda tidak bosan dan menyerah.

Sebagai contoh, sayuran tidak harus ditumis terus menerus, kadang-kadang kita juga bisa menggoreng sayuran, seperti kangkung dan bayam crispy. Tak hanya itu saja, jika Anda pernah mencoba shaokao (sate ala Cina), sayur-sayuran seperti kangkung dan buncis juga bisa dibumbui dan dibakar, lho. Menu vegan yang kreatif akan membuat Anda tidak bosan.

7. Luangkan waktu untuk memasak sendiri

Luangkan waktu untuk memasak sendiri

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang vegan, maka Anda harus lebih banyak waktu untuk memasak makanan sendiri. Ini adalah tips menjadi vegetarian yang penting tapi sering dilupakan oleh para vegetarian. Tahukah Anda bahwa ketika membeli makanan di luar, belum tentu makanan tersebut benar-benar cocok sebagai menu vegetarian.

Juru masak bisa saja menggunakan kaldu ayam, kaldu sapi, atau memasukkan beberapa potong daging di makanan yang Anda pesan. So, lebih aman dan terjamin jika Anda memasak sendiri karena bahan-bahannya pun sudah jelas yang terbaik.

8. Jaga keseimbangan vitamin dan nutrisi

Jaga keseimbangan vitamin dan nutrisi

Hal yang satu ini nampaknya masih menjadi kendala bagi Anda yang ingin memulai gaya hidup vegetarian. Ya, ketika memutuskan untuk menjadi vegan, Anda tentu harus memikirkan asupan vitamin dan nutrisi yang biasa Anda dapatkan dari daging, ikan, ayam, dan telur.

Namun, hal tersebut bukan masalah sebagai seorang vegan. Anda tetap dapat memperoleh nutrisi dari beberapa jenis sayuran, misalnya protein bisa diperoleh dari kacang-kacangan. Sementara itu, sejumlah vitamin yang tidak terdapat pada makanan, seperti Vitamin B12, bisa Anda peroleh dari suplemen.

9. Miliki niat yang kuat agar tidak mudah tergoda

Miliki niat yang kuat agar tidak mudah tergoda

Lagi dinner bersama teman-teman di restoran steak? Mungkin teman-teman Anda menyantap steak di hadapan Anda dengan nikmatnya, sementara Anda hanya mengonsumsi salad.

Agar Anda kuat dan tidak menyerah, maka Anda harus memiliki niat yang kuat. Hal seperti ini mungkin sulit bagi vegan pemula, tapi kelak Anda akan terbiasa dan tidak lagi tergoda meskipun teman-teman yang lagi menjadi karnivor di hadapan Anda.

10. Beri reward untuk diri sendiri

Beri reward untuk diri sendiri

Hadiahi diri Anda sendiri dengan membuat goals. Misalnya, jika Anda konsisten menjalani gaya hidup vegetarian selama satu bulan, maka Anda bisa membeli barang kesukaan Anda atau pergi ke tempat favorit Anda. Dengan begini, Anda akan lebih semangat dan termotivasi untuk tetap konsisten menjadi vegetarian.

Tips menjadi vegetarian ini akan membuat Anda lebih mampu menjalani hidup sebagai seorang vegan yang pemula. Dukungan dari orang-orang terdekat juga sangat penting untuk memotivasi diri Anda menjadi vegetarian. Jadi, tak ada salahnya jika Anda mulai mengumumkan kepada mereka bahwa Anda adalah vegan pemula.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar