bacaterus web banner retina

10 Tips Meningkatkan Penjualan Online untuk Pemula

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan, sekalipun penjualan tersebut dilakukan secara online. Sebagai rekomendasi, terapkan beberapa tips meningkatkan penjualan online agar nantinya omset yang diperoleh dapat lebih meningkat dari sebelumnya.

10 Tips Meningkatkan Penjualan Online

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada banyak tips yang bisa Anda terapkan untuk membantu meningkatkan penjualan secara online. Tentu saja, setiap tips tersebut tidak boleh dilewatkan begitu saja. Di bawah ini beberapa tips yang bisa diterapkan tersebut:

1. Buat Toko Unik

10 Tips Meningkatkan Penjualan Online untuk Pemula 1

Selanjutnya, Anda juga bisa mulai mencari tahu apa saja yang dapat membuat toko menjadi unik serta berbeda dari kompetitor lainnya. Caranya adalah dengan melihat apa saja yang ditawarkan di toko akan tetapi tidak diberikan juga oleh orang lain.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membuat sebuah toko menjadi berbeda. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan penyusunan strategi pemasaran digital dengan tepat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk keperluan promosi.

2. Tetapkan Target Audience

10 Tips Meningkatkan Penjualan Online untuk Pemula 3

Ada banyak pebisnis yang ternyata belum memprioritaskan target audience mereka. Padahal, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, akan berhubungan langsung dengan penjualan yang diperoleh nantinya. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menetapkan siapa saja yang bisa jadi target audience.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memahami terlebih dahulu siapakah pelanggan Anda. Kemudian, lanjutkan dengan cara mengidentifikasi pola dan preferensi pembelian yang sering dan paling diminati oleh kebanyakan pelanggan. Kemudian mulai terapkan tren pemasaran digital.

3. Bagaimana Menemukan Anda

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan mengetahui bagaimana pelanggan tersebut dapat menemukan toko online yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan beberapa tools. Contohnya seperti Google Analytics ataupun layanan digital marketing lainnya.

Manfaatkan layanan yang bisa digunakan tersebut untuk meneliti lebih lanjut mengenai bagaimana pelanggan menemukan toko milik Anda. Terutama bagi mereka yang akhirnya melakukan pembelian. Cara ini sangat penting dilakukan sehingga bisa menjadi strategi pemasaran kedepannya.

4. Sediakan Fitur Chat

Bagi Anda yang memanfaatkan website untuk promosi produk, maka jangan lupa untuk menyediakan fitur chat. Nantinya, setiap pelanggan yang mengunjungi website tersebut dapat dengan mudah untuk berkonsultasi mengenai produk yang ingin dibeli.

Bayangkan saja apabila Anda tidak memiliki fitur chat tersebut. Tentu saja, pelanggan tidak dapat terhubung langsung dengan pihak toko. Bisa saja terdapat pertanyaan yang ingin ditanyakan tetapi belum bisa terjawab. Tentu saja hal ini bisa membuat pelanggan kabur.

5.  Perhatikan Pelayanan Pelanggan

10 Tips Meningkatkan Penjualan Online untuk Pemula 5

Meskipun bisnis dijalankan secara online, jangan sampai Anda meremehkan soal pelayanan pelanggan. Pasalnya, setia pelanggan tentu ingin diperlakukan dan dilayani dengan baik. Apabila terdapat pelayanan yang kurang pas maka pembeli bisa saja pindah.

Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan. Anda juga bisa memberikan pelayanan secara responsif yakni mampu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. Dengan begitu, tentu saja mereka akan lebih betah.

6.  Buat Checkout Sederhana

belanja online

Agar dapat meningkatkan penjualan dengan baik sesuai keinginan, maka pastikan Anda membuat proses checkout yang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan opsi guest checkout.

Tentu saja dengan cara yang satu ini Anda dapat menawarkan opsi penawaran yang direkomendasikan. Dengan begitu, setiap pembeli tidak perlu kesusahan dalam mencari produk yang mereka inginkan. Selain itu, pastikan halaman checkout tetap ringkas.

7. Permudah Proses Pembelian

shopping online

Bagi para pelanggan yang tidak memiliki banyak waktu tentu saja mereka menginginkan proses pembelian yang jauh lebih mudah. Jika proses pembelian tersebut terlalu lama dan ribet tentu saja pembeli akan langsung pindah ke toko yang lainnya.

Dalam hal ini, Anda bisa membuat website dengan cara pembelian yang lebih mudah. Dengan begitu, pembeli bisa langsung mengakses website tersebut kemudian melakukan pembayaran untuk setiap pembeliannya. Tentu saja cara ini sangat praktis dilakukan.

8.  Gunakan E-commerce

10 Tips Meningkatkan Penjualan Online untuk Pemula 9

Selain beberapa tips tersebut, tips lain yang perlu diterapkan adalah dengan menggunakan platform e-commerce yang tepat. Saat ini sendiri sudah ada banyak platform yang bisa Anda jadikan pilihan. Keberadaan platform tersebut juga bisa meningkatkan penjualan.

Akan tetapi, pastikan untuk memilihnya dengan tepat. Anda bisa memilih salah satu platform dengan audience yang lebih banyak. Tidak hanya itu saja, sesuaikan audiens di e-commerce tersebut dengan audience yang menjadi target market.

9. Gunakan Sosial Media

10 Tips Meningkatkan Penjualan Online untuk Pemula 11

Agar penjualan online dapat lebih meningkat, maka pastikan untuk tidak melupakan penggunaan sosial media. Anda bisa memanfaatkan sosial media tersebut sebagai salah satu strategi agar pembeli dapat dengan mudah menemukan toko online yang dimiliki.

Tidak hanya itu, pastikan untuk membagikan konten-konten yang menarik dan bermanfaat kepada setiap target audience. Dengan begitu, tentu saja akan ada banyak audience yang tertarik untuk mencari lebih tahu mengenai jualan Anda.

10. Manfaatkan Juga SEO

SEO-1 (Copy)

Siapa yang belum mengenal SEO? Bagi Anda yang menawarkan produk lewat website atau lainnya, maka jangan sampai ketinggalan menggunakan fitur SEO. Fitur yang satu ini terbilang cukup efektif untuk dapat meningkatkan penjualan secara online. Jika awam tentang hal ini, maka wajib bagi Anda untuk mempekerjakan jasa digital marketing untuk membantu Anda.

Dengan menggunakan teknik SEO, maka toko online yang Anda miliki dapat lebih mudah untuk terlihat oleh calon pembeli. Pasalnya, mereka akan menemukan toko dengan cara yang lebih mudah saat menekan halaman pencarian.

Itulah beberapa tips meningkatkan penjualan online yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Tentu saja, akan sangat penting untuk menerapkan setiap tips tersebut. Hal ini tidak lain agar nantinya penjual dapat lebih naik secara signifikan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram