Bacaterus / Bayi / 10 Cara Menidurkan Bayi agar Nyenyak Sepanjang Malam

10 Cara Menidurkan Bayi agar Nyenyak Sepanjang Malam

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap fase pertumbuhan dan perkembangan bayi memang sangat menarik untuk diikuti. Betapa bahagianya para orang tua ketika melihat bayi kecilnya bertumbuh dengan baik dari waktu ke waktu. Namun, tahukah Anda bahwa banyak faktor yang dapat memengaruhi tumbuh kembang bayi, dan salah satunya adalah kualitas tidur?

Kualitas tidur berperan penting dalam menstimulasi kerja otak bayi dan juga merangsang hormon pertumbuhan lainnya, seperti pertumbuhan tulang, jaringan, dan masih banyak lagi. Sayangnya, setiap bayi memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Alhasil, tidak semua bayi dapat tertidur dengan mudah yang disebabkan oleh beragam alasan.

Kesulitan tidur pada bayi memang tidak bisa dianggap enteng. Anda harus segera mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya supaya bayi dapat berkembang dengan optimal. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Karena Bacaterus telah merangkum 10 tips menidurkan bayi agar bayi kesayangan Anda dapat tidur nyenyak sepanjang malam.

10 Tips Menidurkan Bayi

1. Pastikan Bayi Tidak Lapar

Pastikan Bayi Tidak Lapar

* sumber: www.google.co.id

Rasa lapar merupakan hal mendasar yang paling sering menyebabkan bayi menjadi rewel dan sulit tidur. Oleh sebab itu, hal pertama yang wajib Anda pastikan adalah bayi Anda tidak sedang merasa lapar. Jika hal demikian terjadi, maka segeralah atasi rasa laparnya terlebih dahulu.

Karena asupan gizi bayi yang utama berasal dari air susu, baik itu ASI maupun susu formula, maka cobalah menidurkannya sambil menyusuinya. Setelah perutnya kenyang, biasanya bayi akan terlelap dengan sendirinya di pelukan ibu.

Sedangkan untuk bayi usia 6 bulan ke atas, cobalah runut kembali, apakah kebutuhan MPASInya selama seharian telah tercukupi? Apabila MPASI-nya dirasa kurang, tidak ada salahnya Anda menyuapi bayi sebelum menidurkannya. Perut bayi yang kenyang dipastikan mampu menyumbangkan rasa kantuk yang cukup dalam.

2. Biarkan Bayi Aktif di Siang Hari

* sumber: blog.owletcare.com

Menyibukkan bayi pada siang dan sore hari akan membuat bayi merasa lelah dan sangat mengantuk. Buatlah bayi Anda beraktivitas dengan mengajaknya bermain, bernyanyi, atau berjalan-jalan. Setelah banyak bergerak dan menghabiskan energinya di siang hari, bayi pun tidak akan menunda untuk mengistirahatkan tubuh kecilnya di malam hari.

3. Atur Jam Tidur Bayi dengan Teratur

* sumber: unsplash.com

Selanjutnya, cobalah untuk menerapkan jam tidur secara teratur. Pada umumnya, bayi baru lahir belum mengerti tentang waktu siang dan malam. Itulah sebabnya bayi baru lahir cenderung tidak mengenal waktu dan mampu tidur sepanjang hari.

Seiring dengan pertambahan usianya setiap bulan, bayi mulai dapat membedakan antara siang dan malam. Inilah kesempatan Anda untuk menerapkan jam tidur. Mulailah menidurkan bayi pada jam yang sama setiap harinya. Dengan pola yang konsisten dan dilakukan secara terus-menerus, diharapkan membuat bayi mulai terbiasa dan mengetahui kapan jam tidurnya.

4. Mandi Sore

* sumber: www.google.co.id

Penyebab bayi susah tidur lainnya adalah kondisi badan yang terasa lengket dan gatal akibat debu serta keringat yang menempel. Memandikan bayi dengan air hangat pada sore harinya akan membuat bayi merasa segar dan bersih sampai waktu tidur tiba.

Namun, jika kondisi bayi sedang kurang sehat maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memandikannya. Anda cukup membasuh badan bayi menggunakan lap dan air hangat. Yang terpenting adalah bayi tertidur dalam keadaan bersih dan nyaman.

5. Pijat

* sumber: www.centreforperinatalpsychology.com.au

Setelah mandi sore, hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan pijatan-pijatan kecil pada tubuhnya. Gerak tubuhnya yang aktif pada siang hari sering membuat bayi merasa pegal-pegal atau tidak enak badan.

Pijatlah mulai dari bagian tubuh yang sering digerakkan, seperti lengan dan kaki, kemudian bagian dada dan perut, serta tidak lupa di bagian punggung agar bayi tidak mudah kembung atau masuk angin.

Jangan lupa oleskan minyak telon atau essential oil khusus bayi saat memijat. Selain memudahkan Anda dalam memijat, minyak telon dan essential oil mempunyai efek relaksasi dan hangat terhadap tubuh bayi. Dengan kondisi ini maka bayi akan semakin nyenyak saat tidur.

6. Pakaian yang Nyaman

* sumber: chineselaundrybags.com

Setelah mandi dan diberi pijatan hangat, badan bayi yang sudah bersih dan segar harus dibarengi dengan pakaian yang nyaman. Kriteria pakaian nyaman itu sendiri mencakup mulai dari bahan, ukuran, maupun model yang digunakan.

Pilihlah bahan pakaian yang lembut, tidak kaku dan tidak panas. Kemudian, hindari memakaikan baju atau celana yang terlalu ketat agar bayi dapat leluasa bergerak. Perhatikan pula keadaan cuaca pada saat itu, apakah sedang panas atau sebaliknya. Memakaikan baju lengan panjang atau baju berlapis-lapis saat malam sedang gerah tentu bukan pilihan yang tepat.

7. Redupkan Cahaya

* sumber: blog.rumahdewi.com

Cahaya lampu yang terlalu terang di malam hari akan menarik perhatian bayi dan membuatnya merasa silau. Matikanlah sebagian lampu agar ruangan tidak terlalu terang atau gunakanlah lampu dengan cahaya redup sehingga menimbulkan efek kantuk dan membuat bayi lebih mudah tertidur.

8. Jangan Berisik

* sumber: www.sevenwholedays.org

Jagalah ketenangan di sekitar bayi dengan tidak menimbulkan suara berisik. Jauhkan bayi dari hal-hal yang berpotensi menimbulkan suara atau bunyi. Suara orang mengobrol, televisi, atau bahkan bunyi notifikasi di telepon pintar Anda bisa memecahkan ketenangannya ketika ia baru mulai terlelap.

9. Putar Musik atau Lagu yang Lembut

* sumber: www.crazedeals.co.za

Menyanyikan nina bobo saat menidurkan bayi sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat kita. Bukan tanpa alasan, ternyata mendengarkan musik atau alunan lagu dengan nada dan irama yang lembut dapat menstimulasi hormon tidur sehingga bayi lebih mudah terlelap.

Tidak hanya nina bobo saja tentunya, Anda juga dapat memutar lagu tanpa lirik atau biasa disebut dengan musik instrumental. Iringan piano lembut atau tiupan saxophone yang mendayu-dayu juga akan mengantarkan bayi Anda ke alam mimpinya.

Adapun musik atau lagu yang sering direkomendasikan untuk menidurkan bayi adalah musik klasik seperti Mozart, atau lagu anak populer seperti Twinkle, Twinkle Little Star.

10. Menggendong dan Mengayun-ayun Bayi

* sumber: www.nutritionnews.abbott

Bayi mana yang tidak senang digendong? Terlebih oleh ibunya sendiri. Dekapan hangat sang ibu memberikan rasa aman dan nyaman sehingga bayi lebih mudah untuk menutup kelopak matanya hingga pada akhirnya ia terlelap. Ditambah dengan sedikit ayunan pelan saat menggendong, membuat bayi semakin menikmati waktu tidurnya.

Namun, seiring bertambahnya usia dan berat badan bayi dari minggu ke minggu, membuat kegiatan menggendong ini menjadi sedikit melelahkan. Nah, jika Anda mulai kesulitan dengan berat badan bayi yang cukup besar, maka Anda dapat mempertimbangkan bantuan baby bouncer yaitu jenis alat menyerupai tempat tidur bayi yang dapat diayun-ayun.

Demikian 10 tips yang bisa Anda coba agar bayi kecil Anda dapat tidur dengan nyenyak. Jangan lupa untuk tetap siaga, karena senyenyak apapun tidur bayi, ia akan tetap sesekali terbangun dan menangis jika popoknya basah atau jika ia ingin minum susu.

Selamat mencoba! Semoga tidur bayi Anda nyenyak sepanjang malam sehingga Anda tidak perlu bergadang dan bayi pun menjadi ceria dan bersemangat pada keesokkan paginya. Jika Anda punya anak yang akan memasuki usia sekolah dan kesulitan membujuk anak ke sekolah, coba baca artikel 10 Tips Membujuk Anak ke Sekolah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *