Bacaterus / Vokal / 10 Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Mudah dan Alami

10 Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Mudah dan Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Suara serak dapat dialami siapa saja. Banyak sekali hal yang menyebabkan timbulnya suara serak, seperti batuk kering, panas dalam, iritasi saluran pernapasan, alergi, beberapa penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan, terinfeksi bakteri dari debu udara yang kotor, kurang istirahat, hingga kurangnya minum.

Jika saat ini Anda sedang mengalami suara serak, Anda bisa menghilangkan sisa serak secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahannya bisa Ada dapatkan di pasar tradisional atau pasar modern sekalipun. Berikut beberapa bahan yang bisa Anda buat untuk menghilangkan suara serak secara alami.

1. Minum air rebusan jahe

rebusan jahe

Sudah sejak dahulu jahe selain digunakan untuk rempah pada masakan, jahe juga digunakan salah satu bahan untuk obat-obatan. Jahe mengandung senyawa keton yang bernama zingeron yang menyebabkan rasa pedas yang dominan. Sehingga jahe sering digunakan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh.

Untuk mengatasi suara serak, yang harus Anda lakukan adalah merebus 3 ruas jari jahe dengan 2 gelas air dalam api kecil. Jangan lupa menggeprek jahe supaya sarinya lebih banyak keluar pada saat direbus.

Setelah mendidih dan air tersisa untuk 1 gelas, matikan api lalu saring. Diamkan sampai suhu air menjadi hangat kemudian tambahkan madu secukupnya. Minumlah sampai habis. Lakukan cara ini sehari 3 kali sampai suara Anda tidak serak lagi.

2. Mengkonsumsi madu

konsumsi madu

Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Madu juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan. Sehingga bila Anda mengkonsumsi madu setiap hari, supaya tenggorokan tidak kering dan mencegah suara menjadi serak.

Tetapi bagi Anda yang suaranya terlanjur serak, Anda masih bisa kok mengkonsumsi madu untuk mengurangi peradangan di tenggorokan. Anda hanya perlu mengkonsumsi 1 sendok makan madu setiap sehari 3 kali. Setelah itu minum air hangat. Lakukan sampai suara Anda kembali normal. Untuk pencegahan setelah suara serak Anda sembuh, Anda hanya perlu mengkonsumsinya sehari sekali saja.

3. Minum perasan air jeruk nipis

perasan jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki daging buah berwarna putih kehijauan, dengan rasa yang sangat asam karenamengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Jeruk nipis banyak digunakan untuk penyedap rasa pada masakan, diolah menjadi minuman, serta bisa dijadikan salah satu bahan obat-obatan.

Penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan suara serak cukup mudah. Campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, dan 1 sendok makan madu ke dalam 1 gelas air hangat. Lalu minumlah dua kali sehari sampai suara serak hilang.

4. Berkumur dengan larutan air garam

berkumur air garam

Garam yang digunakan untuk berkumur adalah garam dapur. Garam dapur tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap masakan, tapi juga bermanfaat untuk mengawetkan makanan serta digunakan untuk mencegah penyakit gondok. Anda bisa menggunakan obat kumur yang banyak dijual dipasaran, tapi Anda juga bisa menggunakan larutan air garam untuk berkumur.

Siapkan satu gelas air hangat, lalu tambahkan 1 sendok teh garam dapur. Aduk sampai garam larut dengan benar. Kemudian segeralah berkumur dengan posisi kepala tengadah. Supaya larutan air garam sedikit masuk ke tenggorokan. Sehingga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan suara Anda menjadi serak. Lakukan kegiatan berkumur ini sehari 3 kali.

5. Menghirup uap panas

hirup uap panas

Uap panas jika dihirup dapat membuat nafas Anda lega, khususnya jika Anda sedang pilek atau asma. Jika Anda tidak memiliki alat khusus uap, Anda bisa menggunakan cara tradisional yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Siapkan baskom berisi air panas, lalu posisikan kepala Anda didekat baskom. Kemudian tutuplah kepala Anda dengan handuk sampai menutupi baskom supaya uap bisa dihirup dengan maksimal. Lakukan kegiatan ini selama 10-15 menit untuk menghidrasi tenggorokan. Boleh ditambahkan daun mint, irisan kulit jeruk, atau aroma essentials lainnya.

6. Mengkonsumsi air rebusan kencur

cara membuat jamu beras kencur

 

Sama halnya dengan jahe, kencur memiliki sifat menghangatkan. Kencur bisa digunakan untuk bumbu masakan, olahan minuman dan juga obat-obatan. Kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang sering dimanfaatkan sebagai stimulan.

Untuk mengatasi suara serak, Anda harus merebus 2 ruas jari kencur yang sudah digeprek, tambahkan sedikit garam dengan 2 gelas air dalam api kecil. Setelah air mendidih dan air tersisa kira-kira untuk 1 gelas, matikan api. Saring air rebusan kedalam gelas, lalu diamkan sampai suhu air menjadi hangat.

Minumlah sebanyak setengah gelas pada saat air rebusan masih hangat. Lakukan setiap dua kali sehari. Panaskan kembali sisa air rebusan kencur pada waktu akan diminum di jam kedua.

7. Mengkonsumsi air rebusan kunyit

air rebusan kunyit

Kunyit biasa digunakan untuk berbagai macam masakan, olahan minuman, jamu dan juga obat-obatan. Kunyit mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang memiliki banyak fungsi untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

Rebuslah 2 ruas jari kunyit yan susah digeprek dengan 2 gelas air dalam api kecil. Tambahkan sedikit garam, biarkan sampai mendidih. Setelah kira-kira air rebusan  tersisa untuk 1 gelas, matikan api. Lalu saring ke dalam gelas. Tunggulah sampai suhu air menjadi hangat, lalu minumlah setengah gelas saja.

Simpan sisa air rebusan di kulkas, jangan lupa untuk menghangatkannya kembali sebelum diminum pada jam kedua. Minumlah sehari 2 kali sampai serak hilang.

8. Meminum air rebusan akar manis

air rebusan akar manis

Akar manis atau liquorice merupakan tanaman akar sejenis polong-polongan. Biasanya akar manis ini digunakan untuk pemanis pada permen dan aneka minuman. Tetapi akar manis juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Siapkanlah air sebanyak 500 ml didalam panci bersih. Masukkan 1 sendok makan bubuk akar manis atau 2-3 batang akar manis. Didihkan dengan api kecil selama 15-20 menit. Saringlah ke dalam gelas lalu biarkan sampai suhu menjadi hangat.

Minumlah sehari 2 kali sampai serak hilang. Atau Anda bisa mengunyah langsung sepotong akar manis selama 5-15 menit, jangan ditelan, cukup Anda hisap-hisap sari yang keluar dari akar manis tersebut. Lakukan 2 kali dalam sehari.

9. Menyeduh daun mint

Daun Mint

Daun mint  mengandung zat anti mikroba yang dapat memperlambat pertumbuhan beberapa jenis jamur dan bakteri. Daun mint sering digunakan dalam campuran bahan pasta gigi, balsam, aromaterapi, penambah rasa pada produk minuman, bahan dasar produk obat-obatan, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mengatasi suara serak, Anda bisa menyeduh daun mint ke dalam gelas berisi air panas. Sebaiknya hanya minum air putih hangat tanpa tambahan teh, kopi atau susu. Minumlah setelah suhu air menjadi hangat. Lakukan setiap 2 kali sehari sampai suara Anda kembali normal.

10. Perbanyak minum air hangat

minum air hangat

Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus minum sewajarnya. Tidak harus 8-10 gelas sehari. Jika kegiatan Anda lebih banyak mengeluarkan keringat, dan juga pada sat Anda berolahraga, maka Anda harus lebih banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang serta mencegah dehidrasi.

Pada saat Anda mengalami suara serak, sebaiknya Anda memilih meminum air hangat daripada air dingin atau air es. Supaya tenggorokan Anda tidak luka lebih parah. Hindari juga makan makanan pedas yang dapat membuat lebih iritasi tenggorokan Anda.

Itulah beberapa tips menghilangkan suara serak secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika serak di tenggorokan Anda sampai membuat suara sulit terdengar, Anda juga bisa membaca ulasan kami mengenai cara mengembalikan suara yang hilang akibat serak.

Jagalah selalu kesehatan Anda, gunakanlah masker jika Anda berkegiatan diluar ruangan atau ditempat yang rentan terkena debu dan polusi udara. Selain itu, hindari juga beberapa makanan yang bisa menyebabkan suara serak Anda bertambah parah.

Jika Anda memiliki pengalaman berbeda dalam menghilangkan suara serak, silahkan berbagi pengalaman Anda di kolom komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

22 Responses

  1. Suara serak bisa di hilangkan dengan ber istirahat 1 hari deng tidak berbicara dulu , jangan lupa minum air hangat ya.

  2. Kak suara aku serak terus gimana caranya kak

    1. Silakan mencoba cara-cara di atas. Semoga cepat sembuh ya. Terima kasih. 🙂

  3. Suara sy dah hampir 2 minggu serak,gak hilang2 mbak,,da minum air hangat jga gak sembuh.gimana tu ya mbak?

    1. Mungkin bisa mencoba cara-cara di atas. Semoga cepat sembuh.

  4. Boleh tanya saya kok suaranya serak tidak sembuh sembuh ya tolong jawab ya

    1. Mungkin bisa Anda coba cara-cara di atas. Atau langsung periksa ke dokter. Terima kasih.

  5. erna rinei batubara berkata:

    suara sya sering serak..apa lagi klo nyanyi..tapi baru kali ini serak..sebelumnya saya tidak pernah serak walaupun saya sering menyanyi…mohon sarannya dokter

    1. Mohon maaf, kami bukan dokter. Silakan periksakan diri ke rumah sakit jika seraknya sampai parah dan tidak reda.

  6. Aku minta do’anya yaa kak:) soalnya aku mau lomba MTQ se provinsi jawabarat❤ aku izin mencoba ya..

  7. Saya sdah mencoba istirahat 1 hari deng tapi tetap saja suara saya tetap serak. Tolong dong kak soalnya saya senin ada praktek menyanyi?

    1. Silakan mencoba cara-cara yang telah disampaikan di atas. Semoga ada yang berhasil. Terima kasih.

  8. Rastia Mutaiarani Putri berkata:

    Kak, suara saya serak dari turunan! Tapi saya mau punya suara yg jernih! Bisa nggak dilatih, atau seraknya diilangin?

    1. Mohon maaf kami tidak mempunyai solusi jika keadaannya seperti itu. ??

  9. minum air rebusan jahe, serang nya perlahan ilang ko.. aku udah prnh coba soalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *