Bacaterus / Tips Belajar / 10 Tips Menghilangkan Rasa Malas yang Sangat Ampuh

10 Tips Menghilangkan Rasa Malas yang Sangat Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa pun pasti pernah menjadi malas untuk mengerjakan suatu hal, entah itu malas bekerja atau malas belajar. Namun, rasa malas bukan untuk dipelihara, melainkan untuk dilawan. Kemalasan tidak akan membawa Anda pada sebuah kesuksesan, tetapi dalam sebuah kehancuran. Yuk, saatnya make a move untuk melawan rasa malas, terutama malas bekerja dan belajar!

Tugas seorang siswa adalah belajar dengan giat, sedangkan bila Anda seorang pekerja, entah itu karyawan maupun wirausaha, Anda juga dituntut untuk tidak bermalas-malasan sambil menunggu uang datang dengan sendirinya. Berikut ini Bacaterus akan memberikan 10 tips menghilangkan rasa malas yang sangat ampuh.

10 Tips Menghilangkan Rasa Malas yang Ampuh

1. Ingat alasan penting mengapa Anda harus rajin

Ingat alasan penting mengapa Anda harus rajin

Bagi siswa yang masih menempuh pendidikan, alasan untuk mengingat betapa pentingnya Anda agar tidak malas adalah orang yang membiayai studi Anda. Selain itu, kemalasan hanya membuat Anda tidak bisa memperoleh ilmu yang seharusnya Anda dapatkan di sekolah atau kampus. Tentu akan sia-sia jika Anda malas sekolah, sedangkan orang tua bekerja mati-matian untuk menyekolahkan Anda.

Sementara itu, tips menghilangkan rasa malas bagi para pekerja juga cukup mudah. Ingatlah, bahwa ada sejumlah tagihan dan kebutuhan yang harus dibayar dengan uang. Seperti Anda ketahui, uang tidak akan jatuh dari langit bila Anda tidak rajin bekerja.

2. Buat target dalam hidup

Buat target dalam hidup Tips Menghilangkan Rasa Malas

Jika rasa malas datang melanda, cobalah untuk membuat target dalam hidup Anda. Target atau goal akan membuat Anda lebih bersemangat dalam mengerjakan segala hal. Misalnya, para pekerja bisa membuat target untuk membeli rumah, mobil, atau barang berharga lainnya.

Sementara bagi para siswa, buatlah target yang sederhana, yakni ingin memperoleh masa depan yang cerah dan membahagiakan keluarga. Dengan demikian, Anda jadi lebih giat belajar dan berusaha untuk tetap semangat belajar bila rasa malas mulai datang.

3. Harus membuat punishment

Harus membuat punishment

Selain menetapkan target, Anda juga bisa membuat punishment atau hukuman sebagai konsekuensi jika Anda malas bekerja atau belajar. Hukuman ini jauh lebih mudah jika diterapkan pada pekerja mandiri yang tidak memiliki siapa pun untuk membiayai hidupnya. Hukuman bila malas bekerja hanya satu, yaitu Anda tidak bisa makan.

Bagaimana punishment yang baik untuk belajar? Hukuman bisa Anda buat sendiri dengan menjauhi hal-hal yang Anda sukai. Misalnya saja jika Anda malas mengerjakan tugas, maka Anda harus rela memangkas waktu bermain untuk menyelesaikan tugas itu.

4. Jangan pernah menunda suatu hal

Jangan pernah menunda suatu hal

Tips menghilangkan rasa malas yang paling jitu adalah berusaha untuk tidak pernah menunda suatu hal. Bila ada pekerjaan, sebaiknya selesaikan semampu Anda bila memang situasinya memungkinkan

Menunda pekerjaan dapat menjadi kebiasaan buruk yang tentunya akan membuat kita jadi semakin malas. Belum lagi jika kelak ada pekerjaan baru yang harus Anda selesaikan. Wah, tidak kebayang seberapa banyak pekerjaan Anda jika terus menerus menunda pekerjaan.

5. Atur waktu untuk mengetahui kemampuan diri

Atur waktu untuk mengetahui kemampuan diri

Dampak dari rasa malas adalah perasaan ingin menunda pekerjaan atau hanya mengerjakan sedikit pekerjaan saja. Saatnya untuk mengatasi kemalasan dengan mengatur waktu untuk mengerjakan semua hal yang harus Anda kerjakan.

Bila Anda merasa sanggup menyelesaikan pekerjaan atau belajar selama 5 jam, maka konsekuensinya Anda harus menyelesaikan pekerjaan itu selama 5 jam. Lantas, bagaimana jika kita tidak mematuhi aturan yang kita buat sendiri? Tentu saja Anda harus berkonsekuensi untuk melakukan punishment yang sudah Anda terapkan sebelumnya.

6. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Tahukah Anda jika makanan yang Anda konsumsi sehari-hari dapat berkontribusi dalam menimbulkan rasa malas? Untuk menghindari rasa malas, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Pasalnya, hal ini berbeda bila Anda mengonsumsi mie instant atau makanan berlemak lainnya. Konon, butuh waktu 3 hari bagi tubuh agar dapat mencerna mie instant. Nah, selama 3 hari tubuh akan berkonsentrasi mengolah makanan di sistem pencernaan, akibatnya Anda akan lebih mudah lelah dan tidak bisa menghindari rasa malas. Telalu kenyang juga bisa membuat Anda mengantuk. So, makanlah dengan porsi yang secukupnya saja.

7. Biasakan diri bangun pagi

Biasakan diri bangun pagi

Saat libur, baik para pekerja maupun pelajar tentu saja ingin tidur sampai siang. Bahkan, tak jarang kami menemukan orang-orang yang begadang ketika keesokan harinya libur. Tips menghilangkan rasa malas yang paling sederhana adalah biasakan untuk bangun lebih pagi, misalnya pukul 6 pagi.

Setidaknya Anda harus memperoleh tidur selama 7-8 jam setiap malam. Sementara itu, kebiasaan bangun siang juga bisa membuat Anda malas. Semakin siang Anda memulai aktivitas hari itu, maka semakin malas rasanya tubuh Anda untuk bergerak. Jika Anda merasa ngantuk dan malas, cobalah tips menghilangkan rasa ngantuk ini.

8. Dengarkan musik yang ceria

Dengarkan musik dengan tempo cepat

Malas dan ngantuk adalah satu paket yang tidak akan terpisahkan. Ketika ngantuk, Anda akan merasa malas untuk beraktivitas, pun begitu sebaliknya. Nah, jika Anda sudah merasakan tanda-tanda kemalasan yang segera datang, sebaiknya mainkan musik yang ceria.

Carilah lagu-lagu dengan beat yang mampu membuat Anda ikut bergoyang atau setidaknya ikut menikmati lagu ini. Di samping itu, Anda juga bisa mendengarkan lagu-lagu dengan genre favorit Anda. Hindari lagu yang terlalu slow karena hal itu bisa membuat para tamu undangan jadi mengantuk.

9. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur

Walaupun terlihat sederhana, tips menghilangkan rasa malas dengan berolahraga ini memang sudah cukup klasik. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa olahraga di pagi hari dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga metabolisme tubuh juga mampu bekerja secara optimal.

Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran karena Anda bisa berolahraga sederhana seperti jogging atau bersepeda di sekitar rumah Anda. Sempatkan diri Anda untuk tetap rutin berolahraga setidaknya selama 15-30 menit setiap hari. Olahraga akan membuat tubuh jadi lebih segar dan bersemangat.

10. Beri hadiah pada diri sendiri

Beri reward untuk diri sendiri

Apakah Anda termasuk salah seorang yang berusaha untuk membahagiakan orang lain? Jika ya, mengapa Anda tidak mencoba untuk membahagiakan diri sendiri? Buat suatu reward untuk diri sendiri bila Anda berhasil menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. Reward itu bisa merupakan hal-hal yang Anda sukai.

Jika Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan sebelum batas waktu yang ditentukan, maka Anda harus membahagiakan diri sendiri dengan membeli sesuatu yang kita inginkan. Cara yang seperti ini cukup ampuh untuk membuat Anda kembali percaya dan tidak khawatir dengan bahan pembuatan jin ini.

Saat rasa malas datang secara tiba-tiba Anda bisa mencuci wajah Anda agar menjadi lebih segar. Selain itu, perubahan suasana untuk sesaat juga bisa menjadi sarana untuk refreshing menghilangkan kepenatan karena terus menerus bekerja. Pergantian suasana ini bisa membuat Anda jadi lebih bersemangat melakukan segala aktivitas. Itulah 10 tips menghilangkan rasa malas yang nampak sederhana, tapi sebenarnya tips inilah yang dapat menekan rasa malas Anda secara berkala.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *