Bacaterus / Tidur / 10 Tips Menghilangkan Ngorok saat Tidur yang Ampuh

10 Tips Menghilangkan Ngorok saat Tidur yang Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah pasangan, keluarga, atau teman Anda protes karena suara mendengkur Anda saat tidur mengganggu mereka? Bukan salah Anda jika tanpa sadar Anda mendengkur. Pasalnya, ngorok atau mendengkur adalah hal alamiah di mana otot di langit-langit mulut, lidah, dan tenggorokan mengalami relaksasi sehingga jalan udara terganggu dan menyebabkan getaran yang disertai dengkuran.

Meskipun ngorok terjadi secara alami, tetapi Anda bisa melakukan beberapa tips menghilangkan ngorok agar Anda tidak mengganggu orang lain. Tips ini sangat mudah dan sederhana. Jika Anda memiliki masalah dengan mengorok, inilah saat yang tepat untuk mengatasinya.

10 Tips Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup Tips Menghilangkan Ngorok

Di tips menghilangkan ngorok yang pertama ini, Bacaterus ingin mengajak Anda untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Tak dapat dipungkiri bahwa masalah mendengkur ini dapat dialami oleh orang-orang yang memiliki jam tidur kurang.

Begadang dapat membuat Anda menjadi sangat kelelahan dan kurang memiliki waktu tidur yang cukup. Saat Anda sudah merasa kelelahan sangat, maka ketika tidur otot-otot di bagian dalam mulut akan berusaha untuk berelaksasi, sehingga membuat Anda jadi mendengkur saat tidur.

2. Hindari konsumsi minuman beralkohol dan obat tidur

Hindari konsumsi minuman beralkohol dan obat tidur

Minuman beralkohol dan obat tidur adalah dua hal yang sangat kontras. Akan tetapi, keduanya memiliki pengaruh besar untuk membuat seseorang mendengkur. Menurut sejumlah penelitian, konsumsi minuman beralkohol dalam waktu 4-5 jam sebelum tidur dapat membuat dengkuran jadi semakin parah.

Sementara itu, obat tidur memang dapat membuat orang terlelap lebih cepat. Namun, obat tidur juga akan merangsang relaksasi otot-otot di sekitar leher sehingga suara dengkuran pun jadi bertambah parah.

3. Ubah posisi tidur

Cukup tidur sebelum pergi

Meskipun terlihat sepele, tetapi nyatanya posisi tidur Anda mempengaruhi frekuensi dan suara dengkuran Anda. Terbukti bahwa tidur dengan posisi telentang dapat membuat Anda mengorok lebih keras. Mengapa bisa begitu?

Pada saat tidur dengan posisi telentang, pangkal lidah dan langit-langit mulut menutup dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran dan menimbulkan suara saat tidur. Cobalah untuk tidur tengkurap atau miring ke samping. Letakkan guling di belakang punggung untuk mencegah Anda tidur dengan posisi telentang saat sudah terlelap.

4. Diet untuk menurunkan berat badan

makanan sehat untuk diet

Percaya atau tidak, tips menghilangkan ngorok yang paling jitu adalah menurunkan berat badan. Sebagian besar orang yang sering mendengkur pasti memiliki berat badan di atas normal. Walaupun banyak juga orang bertubuh kurus yang juga sering mengorok.

Penambahan berat badan akan mempengaruhi area sekitar leher, sehingga orang yang tadinya tidak pernah mendengkur akan menjadi kebiasaan mendengkur jika berat badannya naik. Jika berat badan Anda berada di atas angka normal, usahakan untuk melakukan diet sehat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tak hanya sekedar mencegah ngorok, diet menurunkan berat badan juga baik untuk kesehatan Anda pribadi.

5. Berhenti merokok

Jauhi segala hal yang mengingatkan terhadap rokok

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai korelasi antara merokok dan juga ngorok. Tentu saja kedua hal ini ada kaitannya. Kebanyakan perokok juga acap kali mendengkur tanpa mereka sadari. Nah, bagaimana bisa seorang perokok aktif juga memiliki kebiasaan mendengkur?

Asap rokok ternyata dapat mengiritasi lapisan membran yang terdapat di dalam hidung dan tenggorokan. Nah, lapisan membran yang teriritasi ini akan menghalangi saluran pernapasan sehingga menyebabkan Anda jadi mendengkur. Jika ingin berhenti mengorok, tak ada salahnya Anda berhenti merokok karena hal ini juga baik untuk kesehatan.

6. Bersihkan kamar tidur secara teratur

Jaga tempat tidur selalu bersih cara menghilangkan tungau di kasur

Kebersihan di dalam kamar tidur dan tempat tidur ternyata sangat penting untuk mengurangi kebiasaan mendengkur. Pasalnya, ada sebagian orang yang ngorok karena disebabkan oleh alergi. Untuk mencegah alergi yang dapat menyebabkan ngorok, bersihkan seluruh kamar tidur Anda secara teratur.

Periksa tempat tidur Anda apakah sudah terbebas dari debu, kotoran, dan tungau. Jika ada tungau di tempat tidur Anda, lakukan cara untuk membasmi tungau di tempat tidur berikut ini. Hindari tidur bersama hewan peliharaan bila Anda memiliki alergi karena bulu hewan dapat mengganggu saluran pernapasan sehingga mengakibatkan dengkuran yang keras.

7. Perbanyak minum air putih

Minum air hangat sebelum tidur

“Jangan lupa untuk minum air 8 gelas sehari” Mungkin Anda sudah sering mendengar saran seperti ini. Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari memang dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Apa kaitan antara dehidrasi dengan ngorok?

Nah, dehidrasi menyebabkan proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit mulut menjadi lengket. Akibatnya, seseorang akan lebih mudah mendengkur saat tidur. Bila perlu minumlah air sebanyak 11 gelas untuk wanita dan 16 gelas untuk pria guna mencegah ngorok.

8. Atasi hidung tersumbat

Atasi hidung tersumbat

Saat flu, hidung akan tersumbat dan lebih mudah mendengkur. Tips menghilangkan ngorok saat hidung tersumbat ini sebenarnya sangat mudah. Yang Anda perlukan hanya menggunakan inhaler atau bahan-bahan alami.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan memanfaatkan bahan alami adalah dengan mencuci hidung pakai larutan air garam. Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengatasi sinus ringan tanpa perlu ke dokter. Di samping itu, atasi hidung tersumbat dengan cara yang alami yakni dengan mandi air hangat sebelum tidur.

9. Olahraga untuk tenggorokan

Olahraga untuk tenggorokan

Untuk mengatasi kebiasaan ngorok yang sudah akut, nampaknya Anda perlu melakukan olahraga untuk tenggorokan. Contoh olahraga yang bisa Anda lakukan adalah senam tenggorokan, di mana Anda harus membuka mulut selebar mungkin dan meregangkan rahang ke satu sisi. Tahan posisi ini selama 30 detik. Anda pun dapat menjulurkan lidah untuk melonggatkan otot lidah dang tenggorokan.

Cara lain untuk mengendurkan otot  tenggorokan adalah dengan menyanyi. Carilah lagu dengan nada tinggi agar Anda dapat membuka mulut selebar mungkin saat bernyanyi.

10. Hirup uap panas

Hirup uap panas

Salah satu alasan mengapa seseorang memiliki kebiasaan merokok adalah tersumbatnya saluran pernapasan di hidung maupun tenggorokan. Tak perlu khawatir karena selalu ada solusi untuk mengatasi setiap masalah. Tips agar Anda bisa tidur tanpa mendengkur adalah menghirup uap panas sesaat sebelum tidur.

Siapkan air panas di dalam wadah yang cukup besar. Selanjutnya, tambahkan beberapa tetes minyak esensial kayu putih atau tea tree oil. Hiruplah uap panas yang keluar dari dalam wadah tersebut dalam-dalam selama 10 menit. Lakukan treatment singkat ini setiap hari sebelum tidur sampai masalah mengorok Anda benar-benar tuntas.

Apabila kebiasaan mengorok ini mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, misalnya seperti terbangun tiba-tiba karena suara ngorok terlalu keras atau pernapasan jadi terasa sesak, maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Tips menghilangkan ngorok secara medis adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan). Ada operasi yang dapat dilakukan untuk menghentikan kebiasaan mengorok. Namun, tindakan tersebut tidak terlalu diperlukan selama Anda bisa mengatasi kebiasaan mengorok ini dengan cara-cara sederhana seperti yang kami sebutkan di atas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *