Bacaterus / Toilet / 10 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Februari 2019

Ketika memasuki kamar mandi atau wc, tentunya sangat menyebalkan jika tercium aroma tak sedap yang menyengat, bukan? Bahkan kadang kala bau wc ini bisa menguap ke mana-mana ke seluruh rumah Anda. Bau wc yang menguap ini bisa mengganggu nafsu makan. Dan, pastinya Anda juga jadi tidak mau berada di dalam rumah yang bau wc, bukan?

Bau wc ditimbulkan oleh proses penguraian tinja secara alamiah yang dilakukan oleh bakteri pengurai. Atau, bau wc dapat tercium ke mana-mana jika terjadi kebocoran pada saluran wc atau septic tank Anda. Jika dibiarkan, aroma wc yang tak sedap ini dapat menguap ke seluruh rumah Anda. Ingin tahu tips menghilangkan bau WC yang menguap? Bacaterus akan membahasnya di sini!

10 Tips Menghilangkan Bau WC yang Menguap

1. Flush

Flush

Tips menghilangkan bau wc yang menguap yang pertama adalah dengan flush alias menyiram wc setiap kali Anda selesai membuang air. Ini mungkin terdengar menjijikkan, tapi ada saja orang yang malas mem-flush wc setelah digunakan, loh!

Walaupun Anda tidak buang air besar, tetap saja Anda harus menyiram setelah menggunakan wc. Bau pesing itu salah satu bau yang cepat menempel dan menyebar, loh! Anda tidak mau, kan, kalau-kalau ada tamu datang ke rumah Anda, terus toilet Anda bau? Makanya, langsung siram setelah menggunakan wc, ya.

2. Jaga Tetap Kering

tips menghilangkan bau WC yang menguap Jaga Tetap Kering

* sumber: blog.doctoroz.com

Langkah ke-2 dalam tips menghilangkan bau WC yang menguap adalah dengan menjaganya agar tetap kering. Kamar mandi yang lembab akan menimbulkan bau tak sedap. Makanya, usahakanlah menjaga kamar mandi dalam keadaan kering, terutama lantainya. Jadi, sebaiknya memang Anda pisahkan toilet dengan kamar mandi, agar toilet selalu dalam keadaan kering.

3. Bersihkan Toilet

Bersihkan Toilet

Toilet harus dibersihkan secara teratur kalau tidak mau muncul aroma yang tidak sedap. Walaupun Anda selalu menyiram toilet setelah dipakai dan menjaga agar toilet selalu kering, jika Anda tidak pernah membersihkannya sih sama saja bohong.

Paling tidak bersihkan toilet satu bulan sekali jika Anda malas atau tidak ada waktu. Jika Anda jijik, gunakanlah sarung tangan karet, sikat, dan masker mulut supaya Anda tidak bisa mencium aroma wc. Selain itu, gunakan juga salah satu produk pembersih toilet terbaik yang pernah kami ulas di artikel ini.

4. Pengharum WC

Pengharum WC tips menghilangkan bau WC yang menguap

Jika semua langkah di atas masih belum mengatasi bau dari wc Anda, tips menghilangkan bau WC yang menguap yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pewangi toilet. Ada produk pewangi khusus toilet seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas. Tapi, kalau tidak ada, Anda bisa menggunakan pewangi ruangan biasa. Tapi, pilihlah yang berbau menyegarkan seperti wangi pinus, pantai, atau eukaliptus.

5. Lilin Aroma Terapi

 Lilin Aroma Terapi

Selain parfum atau pewangi toilet, lilin aroma terapi juga dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan aroma wc yang menguap. Malah, lilin aroma terapi dapat bekerja jauh lebih kuat daripada parfum toilet, apalagi parfum ruangan. Nilai plusnya, toilet Anda akan terlihat lebih cantik dan aestetik jika Anda menaruh lilin aroma terapi di wc.

6. Cuka

Amonia and Cuka

Tahukah Anda, kalau aroma asam yang kuat dapat mengalahkan bau? Aroma asam yang kuat ini bisa Anda dapatkan dari cuka. Bau toilet, bau lembab, dan bahkan bau rokok (jika ada orang yang merokok di toilet), dapat hilang sempurna dengan menggunakan cuka.

Caranya, teteskan cuka pada lap atau handuk, lalu kibas-kibaskan handuk tersebut di dalam toilet. Anda bisa juga melarutkan cukanya terlebih dahulu menggunakan air. Lalu, celupkan handuk atau lap ke dalam larutan tersebut. Cara menggunakannya sama dengan langkah di atas.

7. Baking Soda

Baking Soda

Selain cuka, baking soda merupakan barang dapur yang multifungsi. Salah satunya, baking soda dapat digunakan juga dalam tips menghilangkan bau WC yang menguap. Siram lah toilet dengan larutan air dan baking soda. Jika toilet Anda merupakan toilet duduk, tutuplah dudukan toilet setelah disiram oleh larutan baking soda. Diamkan selama satu jam, lalu siram lagi toilet Anda dengan air bersih.

8. Toilet Bomb

Toilet Bomb

Anda tahu bath bomb yang happening banget di Instagram dan Tumblr? Bath bomb adalah sebuah bahan kimia ramah lingkungan yang akan larut ketika terkena air. Bath bomb mengandung bahan-bahan yang dapat melembabkan kulit dan bisa menjadi pengganti sabun jika Anda mandi di bath tub. Nah, toilet bomb merupakan ide unik yang sepertinya terlahir setelah adanya bath bomb.

Bentuk dan cara kerja toilet bomb sama seperti bath bomb, yaitu akan larut dan berbuih ketika terkena air. Bedanya, toilet bomb akan bekerja membersihkan toilet Anda. Cara membuat toilet bomb kami temukan pada artikel ini.

9. Kapur Gamping

Kapur Gamping

* sumber: www.flickr.com

Kapur gamping adalah batu kapur, atau dikenal juga sebagai kapur bangunan. Kapur gamping bisa juga digunakan dalam tips menghilangkan bau WC yang menguap. Jika Anda mengalami masalah septic tank bocor, atau saluran toilet pecah, Anda tinggal taburkan bubuk kapur gamping di area yang mengeluarkan bau.

10. Sirkulasi Udara

Sirkulasi Udara

* sumber: renovation-greencoal.blogspot.co.id

Ventilasi merupakan hal yang wajib ada pada toilet. Bukan semata-mata untuk menghilangkan bau saja, tapi ruangan tersebut memang harus memiliki ventilasi supaya Anda bisa bernafas. Jangan anggap remeh hal ini, buktinya ada orang yang meninggal karena disekap di kamar mandi yang tak ada ventilasinya. Jika Anda tidak membuat ventilasi yang canggih seperti yang ada di toilet mall tidak apa-apa.

Anda bisa menggunakan kipas angin mini atau buatlah jendela kecil yang bisa dibuka. Jika kamar mandi Anda ada jendelanya, bukalah jendela tersebut secara rutin agar udara segar masuk ke kamar mandi Anda.

Itulah sepuluh tips menghilangkan bau wc yang menguap dari Bacaterus. semoga informasi ini dapat membantu Anda, ya. Selain tips di atas, apakah Anda mengetahui cara lainnya untuk mengatasi aroma toilet yang tidak sedap?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar