Bacaterus / Rokok / 10 Cara Menghilangkan Bau Rokok Secara Mudah dan Cepat

10 Cara Menghilangkan Bau Rokok Secara Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bau rokok sering kali mengganggu, terutama jika Anda bukan perokok aktif. Ketika seseorang merokok di ruangan tertutup, apalagi ruangan tersebut ber-AC, maka aroma rokok akan terus tercium dalam waktu yang lama. Orang yang suka merokok, atau berada di sekitar orang yang sedang merokok, pasti akan tercium aroma rokok dari pakaiannya.

Bau rokok juga tidak mudah dihilangkan dari mobil, kamar mandi, rambut, mulut, dan tangan (jari). Aroma rokok bisa jadi sangat mengganggu, apalagi jika Anda merupakan orang yang dituntut untuk aktif berhubungan dengan orang lain dalam pekerjaan. Anda tidak mau kesempatan emas melayang hanya karena orang berpikir Anda bau dan jorok, kan?

Untuk itu, Bacaterus akan memberi tahu Anda 10 tips menghilangkan bau rokok dari segala tempat, mulai dari baju, ruangan, hingga tubuh Anda sendiri. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak terus hingga selesai, ya.

10 Cara Menghilangkan Bau Rokok

1. Bau Rokok di Ruangan

Tips Menghilangkan Bau Rokok

* sumber: www.shutterstock.com

Bau rokok dapat menyebar ke mana-mana, dan akhirnya bisa menempel di dinding, sofa, gorden, kursi, taplak meja, buku, majalah, hingga makanan dan minuman yang ada di ruangan tersebut. Bau ini tentu sangat mengganggu. Selain itu, aroma rokok yang menempel pada benda lain tetap bisa terhirup juga oleh kita.

Bayangkan jika orang tersayang Anda yang menghirup sisa asap rokok tersebut. Anda tidak mau istri, suami, kakak, adik, orang tua, anak, atau kerabat Anda perlahan-lahan jadi sakit karena menghirup asap rokok secara tidak langsung? Untuk itu, segera hilangkan bau asap rokok dari ruangna dengan cara ini:

  • Buka jendela

Merokoklah di dekat jendela yang terbuka. Angin akan membawa asap rokok Anda menjauh dan bau asap rokok di dalam ruangan cepat menghilang.

  • Gunakan kipas angin

Nyalakan kipas angin yang cukup besar untuk mengusir aroma rokok dari ruangan. Anda bisa juga menggantungkan parfum pengharum ruangan pada kipas supaya ruangan jadi agak wangi.

  • Semprot parfum

Langkah yang ini agak riskan sebenarnya, karena aroma rokok tidak akan hilang begitu saja walaupun dilawan oleh parfum ruangan. Sebaiknya Anda nyalakan kipas angin terlebih dahulu hingga aroma menghilang, baru semprotkan parfum ruangan agar aromanya benar-benar menghilang.

  • Nyalakan lilin aroma terapi/dupa

Lilin atau dupa biasanya memiliki aroma yang kuat, sangat lebih kuat daripada parfum ruangan. Mungkin karena sama-sama dibakar dan mengeluarkan asap, jadi aroma lilin dan dupa bisa menang melawan bau rokok.

  • Jangan nyalakan AC

Air conditioner bekerja dengan menyaring udara lalu menghembuskan udara yang lebih bersih. Akan tetapi, AC tidak dapat mem-filter bau asap rokok. Sehingga udara yang dihasilkan AC akan berbau rokok. Dan jika hal ini telah terjadi, maka ruangan Anda akan terus berbau rokok untuk beberapa hari ke depan.

  • Gunakan alat penyedot debu

Jika terdapat karpet atau matras pada ruangan, asap rokok bisa banget mengendap di sana. Untuk menghilangkan aromanya, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Jika tidak ada alatnya, Anda bisa menggunakan sapu lidi atau kain lap kering. Intinya adalah dengan membuka sirkulasi udara pada karpet agar bau rokok dapat menghilang dengan sendirinya.

2. Bau Rokok di Mobil

Mobil

* sumber: www.radionz.co.nz

Tips menghilangkan bau rokok yang ke-2 adalah untuk bau yang menempel di dalam mobil. Aroma rokok biasanya sulit hilang, apalagi jika Anda menghidupkan AC mobil. Untuk pencegahan, bukalah jendela selebar-lebarnya saat merokok, agar asapnya tidak ada yang hinggap di jok dan bagian dalam mobil. Lalu, untuk menghilangkan aroma rokok di dalam mobil, Anda bisa melakukan:

  • Taruh kulit jeruk

Lapisan buah yang masam-manis ini punya aroma yang sangat kuat. Anda bisa mencium orang sedang mengupas kulit jeruk bahkan jika orang tersebut berada di sudut ruangan, bukan?

Nah, kulit jeruk dapat digunakan dalam tips menghilangkan bau rokok di dalam mobil. Anda bisa mengantongi beberapa lembar kulit jeruk di jaring bekas tempat jeruk. Simpan di bagian mobil yang sulit dijangkau, seperti di sudut-sudut mobil. Biarkan hingga aroma rokok menghilang atau hingga kulit jeruk mengering.

  • Simpan bubuk kopi

Minuman yang satu ini punya aroma khas yang sangat strong. Tapi, bukan minumannya yang disimpan di dalam mobil untuk menghilangkan bau rokok, tapi bubuknya. Bungkuslah bubuk kopo dengan kain tipis, lalu simpan di sudut mobil. Selain dapat mengusir bau rokok, bubuk kopi juga dapat menghilangkan aroma tak sedap lainnya.

  • Simpan baking soda

Tips menghilangkan bau rokok yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan baking soda. Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda dikenal dengan khasiatnya yang dapat menyerap bau.

Seperti bubuk kopi, Anda juga cukup membungkus baking soda dengan kain tipis, lalu menyimpannya di beberapa sudut mobil. Atau, Anda bisa juga menebarkan baking soda di beberapa area, tutup mobil dengan jendela terbuka sedikit, diamkan selama beberapa jam, lalu sedot kembali baking soda dengan vacuum untuk mobil.

3. Bau Rokok di Baju

Baju

* sumber: laundry.reviewed.com

Bau rokok dapat dengan mudah menempel pada baju dan badan, entah Anda merupakan perokok aktif maupun pasif. Hal ini sangat merugikan.

Selain sayang pada parfum yang telah Anda pakai, asap rokok dapat meninggalkan noda pada baju Anda, loh! Mungkin Anda tidak menyadarinya karena noda yang ditimbulkan memang tidak terlalu kentara. Tapi jika dibiarkan menumpuk, yang ada baju Anda nanti jadi mehong karena kotor terkena asap rokok. Untuk menghilangkan bau rokok dari baju, Anda bisa menggunakan:

  • Linen sheets (lembaran pewangi pakaian)

Ya, sekarang ada produk pewangi pakaian yang berbentuk lembaran. Beberapa merk yang mengeluarkan produk seperti ini adalah Downy dan Febreeze.

  • Semprotkan parfum pakaian

Bukan parfum tubuh, ya, tapi parfum pakaian. Memang produk ini belum banyak dikenal, dan orang-orang mungkin akan lebih memilih parfum biasa daripada parfum baju. Tapi, tidak ada salahnya juga mencoba hal yang baru, kan? Sejauh ini merk parfum pakaian yang sudah dikenal publik adalah W.Dressroom.

  • Bedak bayi

Anda punya bedak bayi di rumah? Taburkanlah bedak bayi pada pakaian Anda yang terkena bau rokok, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, kibaskan baju Anda sampai bedak hilang sebelum dicuci seperti biasa.

  • Cuka

Sesuatu yang asam terkenal dapat menghilangkan aroma tak sedap. Anda dapat menggunakan larutan cuka untuk menghilangkan bau rokok dari pakaian. Campurkan air hangat dan cuka, lalu rendam pakaian selama 15 menit sebelum dicuci.

  • Buang Rokok

Untuk pencegahan, jangan menyimpan rokok yang baru setengah dihisap atau sudah habis di dalam saku pakaian, celana, atau pun rok. Jika begitu, bukan bau rokok saja yang akan menempel, tapi juga abu rokoknya. Lebih baik langsung buang saja rokok yang sudah disulut di asbak atau di tempat sampah khusus rokok.

4. Bau Rokok di Tangan & Jari

Tangan & Jari

* sumber: www.themanual.com

Coba cium jari atau tangan Anda setelah Anda memegang rokok. Padahal baru dipegang, tapi aroma rokok sudah bisa tercium, kan? Apalagi jika Anda sudah menyulut rokok tersebut, bau asap rokok dapat menempel dalam waktu yang lama di tangan Anda. Tips menghilangkan bau rokok di tangan Andalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Anda bisa juga mengusapkan daun beraroma kuat seperti kemanggi, jambu, jeruk, mangga, atau mint. Pertama-tama, remukkan daun pilihan Anda dengan tangan, lalu usapkan ke tangan hingga sela-sela jari Anda. Lalu, cuci tangan menggunakan air bersih untuk menghilangkan noda daun (jika ada).

Untuk pencegahan, Anda bisa mengaplikasikan hand cream atau hand body. Akan tetapi, itu tidak akan terlalu membantu mencegah tangan jadi bau rokok. Atau, Anda bisa menggunakan sarung tangan kulit, tapi konsekuensinya bau rokok akan menempel pada sarung tangan Anda.

5. Bau Rokok di Wajah

Wajah

Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda, tapi bau asap rokok dapat menempel juga di wajah Anda, terutama di area dagu, pipi, hidung, dan bibir. Apalagi jika Anda berkumis dan berjanggut, aroma rokok akan senang berdiam di sana. Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan mencuci muka Anda menggunakan sabun.

Alternatif dari mencuci muka adalah dengan menggunakan kapas yang telah diberi semprotan alkohol atau deodoran. Tapi, mungkin ini akan cukup berbahaya untuk kulit wajah, apalagi kalau Anda punya kulit wajah yang sensitif.

6. Bau Rokok di Rambut

Rambut

* sumber: convertimage.me

Asap rokok juga dapat menempel pada rambut, apalagi jika rambut Anda panjang. Tips menghilangkan bau rokok dari rambut adalah dengan mengangin-anginkan rambut Anda. Gerai rambut Anda, biarkan angin menerpa rambut dan membawa serta aroma rokok yang tidak sedap.

Lalu, berjalan-jalan lah sebentar di udara terbuka dengan rambut yang digerai. Anda bisa juga menggerai rambut sambil mengendarai mobil, jangan lupa buka jendelanya besar-besar supaya angin dapat membawa pergi bau rokok tersebut.

Cara tercepat, Anda bisa menggunakan combing cream (krim untuk membuat rambut mudah disisir). Produk ini dapat dipakai kapan saja, walau Anda sudah seharian bekerja di bawah terik matahari sekalipun.

Selain dapat membuat rambut jadi mudah diatur, krim ini juga dapat membuat rambut jadi wangi. Anda bisa juga menggunakan parfum rambut dari merk Etude House atau Makarizo. Untuk pencegahan, jika rambut Anda panjang, ikat atau gulung rambut Anda ke belakang.

Untuk pembersihan total, tentu saja keramas adalah jawabannya. Tapi, jika keramas juga belum mampu untuk membabat habis aroma rokok dari rambut Anda, coba uap rambut Anda menggunakan larutan air panas dan cuka. Ingat, di uap saja, ya, jangan dicelupkan. Setelah itu, baru keramas lah seperti biasa.

7. Bau Rokok di Mulut

Mulut

* sumber: www.netdoctor.co.uk

Sudah dapat dipastikan kalau mulut merupakan tempat yang paling tercium aroma rokok. Tips menghilangkan bau rokok di mulut adalah dengan mengunyah permen karet. Aroma napas Anda akan berganti menjadi aroma permen karet. Pilihlah yang aromanya kuat seperti mint. Lalu, cara lainnya adalah dengan menyikat gigi. Anda bisa juga berkumur menggunakan mouthwash atau menyemprotkan penyegar napas.

8. Bau Rokok di Tubuh

Tubuh

* sumber: americanatattoo.com

Bukan cuma wajah, mulut, rambut, dan baju saja yang bisa tertempeli oleh bau rokok. Tapi keseluruhan tubuh Anda juga bisa. Cara yang paling efektif untuk menghilangkan aroma rokok dari tubuh tentu saja mandi. Anda bisa berendam dulu di bath tub supaya tubuh Anda jadi lebih wangi lagi.

9. Bau Rokok di Asbak

Asbak

* sumber: pixabay.com

Asbak merupakan tempat yang paling mungkin menjadi tempat bau rokok berkumpul. Semakin banyak puntung rokok di dalamnya, semakin bau juga asbak. Jika tidak rajin dibersihkan dan dicuci, lama kelamaan Asbak bisa menghitam karena abu dan aroma rokoknya akan menempel. Untuk itu, rajinlah membuang puntung rokok ke tempat sampah dan mencuci asbak minimal seminggu sekali.

10. Tips Pencegahan

Tips Pencegahan

* sumber: www.shutterstock.com

Untuk mencegah atau meminimalisir aroma rokok yang menempel pada tubuh, ruangan, atau kendaraan Anda, ikutilah tips di bawah ini:

  • Merokoklah di tempat terbuka.
  • Lepaskan pakaian terluar Anda sebelum merokok.
  • Gunakan topi, beanie, atau syal untuk menutup rambut Anda.
  • Gunakan sarung tangan.
  • Merokok sambil berdiri diam.

Itu dia sepuluh tips menghilangkan bau rokok dari Bacaterus. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Perlu diingat lagi bahwa kebiasaan merokok adalah hal yang tidak baik. Merokok dapat merusak tubuh Anda dan orang-orang disekitar Anda.

Jika Anda terpikir untuk berhenti merokok, Anda bisa membaca tipsnya di sini. Jika Anda memiliki tips lainnya untuk menghilangkan bau rokok, silakan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *