bacaterus web banner retina

10 Tips Menghilangkan Bau Lemari Baru Tanpa Ribet

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Baru beli lemari baru tapi tidak bisa langsung dipakai karena baunya sangat menyengat? Setiap furniture yang baru dibeli tentu saja memiliki bau yang khas. Ada yang berbau kayu, ada yang bau plitur, ada juga yang berbau cat. Jika Anda memaksakan diri untuk meletakkan pakaian di dalam lemari tersebut, maka bau lemari baru akan mencemari pakaian Anda.

Adakah tips menghilangkan bau lemari baru sehingga Anda bisa langsung segera memakai lemari tersebut untuk meletakkan pakaian? Tentu saja ada. Simak tips menghilangkan bau lemari baru tanpa ribet dari Bacaterus berikut ini.

10 Tips Menghilangkan Bau Lemari Baru

1. Bersihkan lemari dengan kain lap

Bersihkan lemari dengan kain lap Tips Menghilangkan Bau Lemari Baru

Banyak yang berpendapat bahwa lemari yang berbahan kayu sebaiknya tidak dibersihkan dengan kain lap basah. Namun, hal tersebut tidak masalah jika Anda melakukannya untuk pertama kali. Tips menghilangkan bau lemari baru yang paling mudah adalah membersihkan bagian dalam lemari dengan kain lap setengah basah.

Pembersihan ini dilakukan untuk menghilangkan sisa finishing, debu, dan berbagai kotoran. Setelah dilap dengan kain setengah basah, lap kembali dengan kain kering untuk menyerap sisa-sisa air. Setelah itu, buka lemari sampai bagian dalamnya benar-benar kering.

2. Buka lemari selama beberapa hari

Buka lemari selama beberapa hari

Bau sisa finishing, plitur atau cat yang mengendap di dalam lemari disebabkan karena selama berada di toko, pintu lemari selalu dalam keadaan tertutup. Setelah membersihkan lemari baru, tak ada salahnya jika Anda membuka pintu lemari selama beberapa hari.

Sirkulasi udara dapat mengurangi bau lemari baru secara alami. Selain itu, pastikan lemari dibiarkan dalam keadaan kosong dulu. Hindari memasukkan pakaian atau benda apa pun sebelum bau lemari tersebut hilang.

3. Tempatkan potongan sabun mandi batang

Tempatkan potongan sabun mandi batang

Jangan sepelekan manfaat yang ditawarkan dari sabun mandi batang. Sabun padat yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengharumkan ruangan, termasuk bagian dalam lemari yang berbau karena masih baru.

Potong sabun batang menjadi beberapa bagian, lalu tempatkan potongan sabun di sudut-sudut dalam lemari. Aroma sabun tersebut akan memenuhi bagian dalam lemari sehingga bau khas dari lemari baru akan menghilang dengan sendirinya. Selama meletakkan sabun mandi batang, Anda bebas ingin menutup pintu lemari atau membiarkannya terbuka.

4. Gunakan baking soda

cara menghilangkan tikus baking soda

Tips menghilangkan bau lemari baru selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan yang satu ini dikenal sebagai bahan serbaguna, termasuk untuk mengurangi bau lemari baru yang dapat mencemari pakaian.

Buatlah pasta baking soda yang cukup kental dan tempatkan dalam sebuah wadah. Letakkan wadah berisi pasta baking soda di dalam lemari, lalu tutup pintu lemari. Biarkan baking soda tersebut berada di dalam lemari selama beberapa hari. Ketika Anda membuka lemari Anda setelah beberapa hari, maka dijamin bau lemari baru akan hilang seketika.

5. Manfaatkan aroma kopi bubuk

Kopi bubuk

Sudah menjadi rahasia umum bila kopi bubuk dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satu untuk menyerap bau dalam ruangan. Kopi bubuk dapat menghilangkan bau di dalam kulkas. Nah, sudah pasti bahan yang satu ini juga bekerja untuk menyerap bau lemari yang masih baru.

Isi sebuah wadah dengan bubuk kopi (usahakan menggunakan kopi hitam), lalu masukkan wadah tersebut ke dalam lemari. Tutup lemari selama beberapa hari, ketika Anda membuka lemari tersebut maka aroma kopi yang cukup kuat akan segera tercium. Selain kopi hitam, Anda pun dapat menggunakan teh karena aroma teh juga cukup ampuh untuk menghilangkan bau dalam lemari.

6. Masukkan kapas yang sudah disemprot parfum

Masukkan kapas yang sudah disemprot parfum

Ingin lemari baru Anda beraroma parfum favorit Anda? Mudah saja. Aroma parfum yang Anda sukai bisa mengurangi bau lemari yang dapat mencemari pakaian. Namun, agar bau parfumnya lebih awet maka Anda harus menyemprotkan parfum tersebut ke kapas. Tempatkan kapas yang sudah disemprot parfum ini ke sudut-sudut lemari Anda.

Akan tetapi, setelah itu jangan dulu memasukkan pakaian ke lemari. Biarkan kapas beraroma parfum itu berada di di lemari Anda selama beberapa hari, kemudian setelah Anda memastikan bahwa bau lemarinya sudah hilang segeralah masukkan pakaian Anda ke dalam lemari.

7. Pilih pengharum lemari bukan kamper

Pilih pengharum ruangan bukan kamper

Mana yang lebih ampuh menjadi tips menghilangkan bau lemari baru tanpa ribet? Apakah kamper atau justru pengharum ruangan? Jawaban yang tepat adalah pengharum lemari. Bila perlu gunakan pengharum lemariberbentuk padat yang bisa digantung di dalam lemari.


Hindari penggunaan kamper karena aroma lemari baru dan kamper akan menjadi satu sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap. Boleh menggunakan kamper, tapi pastikan terlebih dahulu bahwa bau lemari tersebut sudah hilang.

8. Tempatkan bunga di dalam lemari

Tempatkan bunga di dalam lemari

Tidak ingin menggunakan pengharum ruangan khusus di lemari baru Anda? Tak masalah karena setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda-beda. Solusi untuk mengatasi bau di dalam lemari tanpa menggunakan bahan pewangi khusus adalah menempatkan beberapa jenis bunga yang harum ke dalam kamarnya.

Bunga yang umumnya dapat menebarkan aroma harum dan bikin bersemangat adalah bunga matahari dan mawar. Meskipun aromanya tidak terlalu kuat, tapi bunga ini bisa menebarkan aroma harum bila diletakkan di dalam lemari yang masih berbau bahan atau cat baru.

9. Gunakan aroma tembakau

Taburi Tembakau

Kali ini kita tidak mengolah tembakau menjadi rokok, melainkan kita akan menggunakan bahan yang satu ini untuk mengurangi aroma lemari baru secara lebih cepat. Caranya cukup mudah, cukup sediakan gelas berisi air yang nantinya akan dicampur dengan tembakau yang sudah kering.

Air yang sudah dicampur dengan tembakau ini nantinya akan ditempatkan di setiap sudut lemari Anda. Diamkan air tembakau ini selama beberapa malam agar bahan alami ini dapat menyerap aroma lemari baru yang masih cukup menyengat.

10. Letakkan lemari secara benar

Letakkan lemari secara benar

Tak banyak yang mengetahui bahwa posisi penempatan lemari ternyata mempengaruhi bau di dalam lemari. Apabila Anda meletakkan lemari di pojok kamar, aroma lemari baru tersebut akan terus mengendap karena sirkulasi udaranya kurang baik.

Tak hanya itu saja, lemari baru yang ditempatkan di dekat kamar mandi juga akan semakin tercemar baunya. Solusi yang tepat adalah menempatkan lemari di dekat jendela atau pintu yang tidak selalu tertutup. Sirkulasi udara yang masuk dari jendela atau pintu akan menghilangkan bau lemari baru tersebut secara lebih efektif.

10 tips menghilangkan bau lemari tanpa baju ini ternyata sangat mudah. Pasalnya, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal yang mudah atau mencari bahan penghilang bau lemari yang juga mudah didapat. Tunggu apalagi, segera gunakan 10 tips menghilangkan bau lemari ini sebelum Anda mulai memasukkan pakaian atau benda lainnya. Tips ini tidak hanya ampuh pada lemari untuk menyimpan pakaian saja, tapi bisa juga dipakai untuk lemari yang digunakan untuk menyimpan perabot atau makanan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram