Bacaterus / Kucing / 10 Cara Menghilangkan Bau Badan Kucing Secara Efektif

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Kucing Secara Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Oktober 2019

Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan di rumah bisa membuat mood kita naik. Kucing merupakan teman yang menyenangkan dan bisa membuat kita tersenyum walaupun saat sedang sedih. Tapi, bagaimana pun juga, jika kucing Anda bau tentunya akan sangat mengganggu.

Walaupun Anda rajin membersihkan kotoran dan sebagainya, tapi kemungkinan kucing menjadi bau bisa saja terjadi. Simak 15 tips menghilangkan bau badan kucing dari Bacaterus di bawah ini supaya kucing Anda jadi lebih wangi dan sehat.

Tips Menghilangkan Bau Badan Kucing

1. Kuku

Potong Kuku

* sumber: landopaws.com

Langkah pertama dalam tips menghilangkan bau badan kucing, dan langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan pembersihan apa pun pada kucing pasti dimulai dari kuku. Tapi, Anda perlu memerhatikan juga untuk tidak terlalu sering memotongnya. Ketika sekiranya kuku kucing Anda sudah panjang lagi, baru dipotong. Pastikan juga alat pemotongan kuku kucing bersih dan steril sebelum digunakan, ya.

2. Sisir

Sisir

* sumber: landopaws.com

Sebelum dimandikan, sebaiknya Anda sisir bulu kucing terlebih dahulu menggunakan sisir bulu yang besar. Langkah ini dapat mengangkat kotoran yang menempel di bulu dan juga mengangkat bulu yang telah mati (rontok). Ketahui produk sisir kucing yang bagus di artikel jenis sisir untuk kucing.

3. Mandi

Tips Menghilangkan Bau Badan Kucing

* sumber: www.catster.com

Stereotype orang-orang beranggapan kalau kucing itu takut air dan tidak suka mandi. Tapi, walau bagaimana pun juga, kucing tetap harus mandi. Cara memandikan kucing bisa sesuai dengan style Anda atau mengikuti kesukaan kucing Anda. Tapi, yang paling umum paling dengan menggunakan shower atau di baskom/bathtub.

Gunakan air hangat dan semprotan yang lembut (jika Anda menggunakan shower). Lalu, gunakan sabun/shampo khusus kucing, ya. Jangan pakai sabun yang biasa kita pakai. Cek kadar pH yang terdapat pada sabun tersebut, karena takutnya sabun tersebut kurang cocok dengan kucing Anda. Merk shampo/sabun kucing yang bagus dapat Anda baca di sini.

4. Pijat

Pijat

* sumber: landopaws.com

Saat sabunan, pastikan untuk memijat kucing Anda juga, ya. Pijatannya tidak perlu keras-keras, yang lembut saja. Anggap Anda sedang memandikan bayi. Pijatan ini berfungsi untuk membuat kucing jadi lebih rileks dan untuk merontokkan kotoran yang menempel di kulit.

5. Muka

Cuci Muka

* sumber: landopaws.com

Tips menghilangkan bau badan kucing selanjutnya, ketika mencuci muka, jangan sekali-kali langsung mengguyur kucing dengan air. Apalagi jika Anda menyabuni muka kucing dengan busa. Pokoknya jangan. Langkah terbaik untuk mencuci muka kucing agar peliharaan Anda merasa nyaman dan tidak kaget adalah dengan membasahi handuk, lalu lap muka kucing dengan lembut.

6. Telinga & Kaki

Telinga

* sumber: landopaws.com

Telinga kucing merupakan area yang paling sering cepat kotor. Area ini juga yang kelihatan paling jelas kalau sedang kotor. Jika dibiarkan, kucing Anda bisa terkena penyakit, bahkan telinga kucing Anda bisa borokan loh.

Makanya, saat sedang dimandikan, sekalian bersihkan juga telinga kucing Anda. Gunakan handuk yang tadi dipakai mencuci muka kucing untuk membersihkan telinganya. Jika ada kotoran di bagian yang lebih dalam lagi, gunakan cotton bud.

Jangan lupakan bagian kaki ketika Anda memandikan si meong. Kaki merupakan bagian yang paling kotor dari tubuh mereka. Bahkan ada yang warna kakinya sampai menghitam karena tidak dibersihkan secara rutin. Jika ada kotoran di kaki kucing yang sulit diangkat, Anda bisa menggunakan sikat gigi.

7. Bilas

Bilas

* sumber: landopaws.com

Saatnya membilas! Sama seperti saat disemprot pertama kali sebelum diberi sabun, gunakan shower dalam kekuatan paling rendah. Kalau Anda menggunakan gayung juga bilas kucing Anda perlahan-lahan, jangan sampai kucing Anda kaget dan trauma. Jangan lupa untuk menjauhkan air dari wajah kucing, ya.

8. Handuk

Handuk

* sumber: gosouth.co.za

Setelah selesai dimandikan, langsung lap kucing Anda dengan towel atau handuk kering. Tepuk-tepuk handuk dengan perlahan pada seluruh tubuh kucing Anda. Usahakan handuknya yang berserat lembut, ya.

9. Blow Dry

Hair Dryer

* sumber: landopaws.com

Setelah dikeringkan menggunakan handuk, tips menghilangkan bau badan kucing yang selanjutnya adalah dengan mengeringkan kucing pakai blow dry. Jika ada, gunakan dryer khusus kucing atau anjing.

Anda dapat mencari tahu merk blower kucing yang bagus pada artikel ini. Kalau tidak, Anda bisa juga menggunakan hair dryer, tapi usahakan pakai yang suhu paling dingin, ya.

10. Bedak

bedak

* sumber: www.lambertvetsupply.com

Walaupun kucing Anda telah kering sempurna, bukan berarti perawatannya selesai di situ saja. Tips menghilangkan bau badan kucing yang selanjutnya adalah dengan menaburkan bedak. Jika ada, gunakan bedak khusus kucing. Taburkan bedak ke seluruh permukaan tubuh kucing, fokuskan pada wajahnya.

11. Cologne

Cologne

Bukan cuma manusia saja yang butuh parfum, tapi kucing juga. Ada loh produk parfum khusus untuk kucing, salah satunya dari merk Demeter – Kitten Fur. Sapukan cologne pada tangan Anda, lalu ratakan pada bulu kucing Anda. Fokuskan pada bagian belakang leher kucing.

12. Sisir Terakhir

Sisir

* sumber: grecosgroomingsalon.com

Sekarang, sisir lagi kucing Anda. Tapi, bukan menggunakan big brush yang tadi dipakai di awal, tapi menggunakan sisir yang ramping. Sisir dengan bentuk ramping ini berguna untuk merapikan bulu kucing.

13. Potong Rambut

Potong Rambut

* sumber: landopaws.com

Jika sudah “gondrong”, bulu kucing juga perlu dicukur, loh! Tapi, sepertinya hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Jadi, lebih baik Anda meminta ahlinya untuk melakukannya.

14. Kotoran

Bersihkan Kotoran

* sumber: depositphotos.com

Tips menghilangkan bau badan kucing untuk pencegahan di waktu mendatang, langsung buang kotoran kucing dari bak pasir mereka. Baik itu setelah mereka pipis, apalagi setelah mereka buang air besar. Entah kenapa kucing hobi sekali duduk-duduk di bak pasir walaupun mereka tidak akan buang air. Jika di bak mereka terdapat kotoran, tentu dapat membuat mereka kembali bau, kan?

15. Pola Makan

Pola Makan tips menghilangkan bau badan kucing

* sumber: www.catster.com

Tips menghilangkan bau badan kucing yang terakhir, jaga pola makan kucing Anda. Untuk bayi kucing usia 7 – 15 hari, tentu lebih baik jika makanannya berupa susu dari induk. Untuk kucing 15 hari – 1.5 bulan sudah bisa diberi baby cat food + susu kucing.

Usia kucing 1.5 – 3 bulan sudah bisa diberi makanan baby yang kering + makanan basah seperti daging giling, ikan rebus, dan suplemen kucing. Lalu, untuk kucing usia 3 bulan – seterusnya , Anda sudah bisa memberikan macam-macam jenis makanan.

Lalu, ada beberapa makanan yang sering diberikan manusia pada kucing tanpa tahu kalau itu berbahaya. Berikut adalah list makanannya: cokelat (dapat mengganggu otot dan jantung kucing), anggur dan kismis (dapat mengakibatkan diare dan penyakit ginjal), beras mentah & nasi (kucing tidak memerlukan banyak karbohidrat, jadi bisa menyebabkan radang).

Selesai, deh, 15 tips menghilangkan bau badan kucing dari Bacaterus. Anda harus menjaga semuanya, mulai dari makanan, tempat kucing buang air, tempat tinggal, dan tentunya tubuh si meong itu sendiri.

Jika rumah Anda jadi bau kucing, terutama bau pesing pipis kucing, ikuti tips menghilangkan baunya di sini. Oh, iya, kalau ingin kucing Anda wangi terus, mandikan 3 hari sekali, tapi kalau Anda tidak ada waktu, seminggu sekali juga tidak apa-apa. Apakah Anda punya tips lainnya supaya kucing tidak bau?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *