Bacaterus / Kuliah / 10 Tips Jitu Menghadapi Sidang Skripsi agar Tenang dan Lancar

10 Tips Jitu Menghadapi Sidang Skripsi agar Tenang dan Lancar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah menjalani masa kuliah selama bertahun-tahun, pada akhir semester nanti kamu akan melewati siding skripsi. Sidang skripsi merupakan penentu utama seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studinya.

Banyak yang takut dan khawatir dengan sidang skripsi, padahal sebenarnya sidang skripsi itu bisa dihadapi dengan tenang supaya kamu lancar saat presentasi dan menjawab pertanyaan dosen. Jangan terlalu memikirkan hasil akhir atau nilainya, cukup jalani sidang skripsi dengan sebaik-baiknya.

Karena jika yakin, nilai akhir yang didapatkan tidak akan mengkhianati hasil kerja kerasmu. Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat dan lakukan supaya bisa melewati sidang skripsi dengan tenang. Intip yuk tips jitu berikut ini yuk!

1. Pahami Isi Skripsi dengan Baik

Pahami Isi Skripsi dengan Baik

Isi skripsi yang cukup kompleks itu tentunya akan menjadi hal yang dipertanyakan bagi penguji.  Maka dari itu pahami dengan baik isi skripsi kamu dari jauh-jauh hari. Nah, supaya kamu bisa memahami isi skripsi, hindari untuk menghafalnya.

Disarankan menulis catatan kecil dengan poin-poin supaya bisa diingat dengan lebih mudah. Jika kamu sudah sangat memahami isi skripsimu, pertanyaan-pertanyaan dari dosen jadi lebih mudah dijawab. Selain itu yang paling penting adalah pelajari hal paling penting dari isi skripsimu.

2. Latihan Presentasi di Depan Kaca atau Depan Teman

Latihan Presentasi di Depan Kaca

Selain takut dengan pertanyaan dosen, biasanya mahasiswa juga takut atau gugup jika berbicara di depan dosen. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa latihan secara rutin di depan kaca sambil mempresentasikan isi skripsi kamu. Mulai dari pembukaan hingga penutup sidang, sebaiknya latihan rutin supaya mulutmu tidak kaku.

Selain itu, kamu juga bisa latihan di kelas di hadapan teman-teman. Supaya lebih maksimal, kamu juga bisa menawarkan kepada teman-temanmu supaya mereka bertanya. Dengan begitu kamu bisa merasakan suasana presentasi sidang sebelumnya.

3. Konsultasi Soal Pertanyaan yang Akan Muncul dengan Senior yang Sudah Lulus

Konsultasi Soal Pertanyaan yang Akan Muncul dengan Senior yang Sudah Lulus

Jika kamu kenal dengan senior di kampus, kamu juga bisa berkonsultasi tentang sidang skripsi. Kamu juga bisa menanyakan atau meminta nasihat supaya bisa menghadapi sidang skripsi dengan lancar.

Karena biasanya senior yang lebih tahu tentang prosedur sidang karena mereka telah merasakan sidang tersebut. Sebagai tambahan, kamu juga bisa meminta ia menunjukkan catatan atau pola pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh dosen tertentu.

4. Persiapkan Peralatan yang Akan Digunakan Saat Sidang

Persiapkan Peralatan yang Akan Digunakan Saat Sidang

Supaya kamu merasa lebih siap saat hari sidang skripsi, sebaiknya rapihkan dan persiapkan peralatan apa saja yang akan digunakan nanti misalnya laptop, pen laser untuk presentasi, dan pakaian. Untuk pakaian, gunakan pakaian formal sesuai ketentuan dari kampus.

Umumnya pakaian sidang menggunakan pakaian formal berwarna hitam putih. Dilengkapi dengan sepatu formal seperti pantofel atau heels untuk cewek. Kamu juga perlu merias diri dengan baik supaya terlihat lebih siap dan meyakinkan.

5. Tidur yang Cukup di Malam Hari

Tidur yang Cukup di Malam Hari

Jika kamu sudah memahami materi skripsi dari jauh-jauh hari, kamu tidak perlu belajar lagi hingga larut malam sehari sebelumnya. Karena kamu harus istirahat yang cukup.

Jika kamu biasa begadang karena mengerjakan skripsi, sebaiknya tidur lebih awal saat malam sebelum sidang. Supaya pikiran lebih segar dan tidak mengantuk saat pagi harinya. Sehingga kesehatan kamu juga akan terjaga.

6. Sarapan dengan Menu yang Sehat

Sarapan dengan Menu yang Sehat

Selain tidur lebih awal, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi di pagi harinya. Untuk sarapan, hindari makanan dengan kandungan lemak atau karbohidrat yang tinggi karena akan membuat kamu mengantuk. Cukup konsumsi buah-buahan, atau sayuran segar.

Jika kamu ingin makan nasi, sebaiknya konsumsi dengan porsi yang lebih sedikit supaya tidak kekenyangan dan mengantuk. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat akan membuat kamu lebih fokus dan bisa berkonsentrasi dengan baik.

7. Datang Lebih Awal Saat Hari Sidang

Datang Lebih Awal Saat Hari Sidang

Buat kamu yang sering telah saat kuliah, kamu harus mengubah kebiasaan tersebut saat hari sidang skripsi. Sebaiknya datang lebih awal supaya kamu tidak terburu-buru dan membuat kamu merasa lebih capek di pagi hari. Datang lebih awal saat hari sidang juga bisa membuat kamu lebih tenang dan merasa siap.

Sehingga kamu punya waktu untuk membaca ulang beberapa poin penting yang sudah dicatat. Jadi pikiranmu akan lebih tenang dan merasa yakin. Tidak percaya? Yuk, coba buktikan sendiri.

8. Optimis dan Yakin

Optimis dan Yakin

Selain persiapan secara teknis, mental kamu juga harus siap. Kamu harus optimis dan yakin. Tanamkan baik-baik rasa yakin tersebut di dalam pikiranmu. Merasa optimis dan yakin bukan berarti kamu pede sehingga kamu justru menyepelekan sidang skripsi.

Tapi pikiran yang optimis dan yakin akan membuat pikiranmu menjadi fokus dan membuat tubuhmu tidak merasa gugup.

9. Jangan Panik

Jangan Panik

Biasanya ketika sudah merasa yakin juga tidak menutup kemungkinan kamu akan merasa panik menjelang giliranmu untuk sidang. Rasa panik yang timbul itu manusiawi, tapi bisa kamu kontrol dengan baik supaya tidak panik. Cara paling sederhana adalah berdoa sesuai keyakinanmu. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang.

Selain itu adalah menarik dan mengeluarkan nafas secara bergantian sebelum nama kamu dipanggil untuk giliran presentasi di sidang skripsi. Intinya adalah jangan panik supaya gesture tubuh dan mulutmu bisa lancar.

10. Minta Doa Restu Orangtua

Minta Doa Restu Orangtua

Selain beberapa tips di atas, segala urusanmu tidak akan berjalan lancar tanpa restu orangtua. Selain doa sendiri, mintalah restu atau doa dari orangtua saat hari sidang skripsi. Karena doa orangtua adalah salah satu doa yang paling bisa terkabul.

Jika kamu sedang jauh dari orangtua, kamu bisa menelpon sebelum berangkat ke kampus. Bagaimana pun juga doa restu orangtua itu akan sangat berpengaruh terhadap apa yang kamu lakukan.

11. Jaga Kesehatan Beberapa Hari Sebelum Sidang Skripsi

Jaga Kesehatan Beberapa Hari Sebelum Sidang Skripsi

Beberapa hari sebelum melewati sidang skripsi, kamu harus menjaga kondisi badan supaya tidak sakit saat hari sidang tiba. Mulailah menjaga tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup.

Hindari begadang berlebihan lagi dan kurangi menongkrong sampai larut malam. Kamu juga harus rutin minum air putih supaya bisa lebih fokus dan menjaga badan tidak mudah lemas. Dengan begitu kamu bisa melewati sidang skripsi dengan maksimal.

Nah, buat kamu yang sebentar lagi akan menghadapi sidang skripsi, terapkan beberapa tips di atas dengan baik ya! Selalu berpikir positif dan yakin bahwa kerja kerasmu selama ini akan mendapatkan hasil yang sesuai. Karena apa yang kamu pikirkan itu akan terjadi, so stay positive ya!

Jika kamu tahu tips jitu lainnya untuk menghadapi sidang skripsi, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Semoga artikel kali ini menginspirasi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *