bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Tips Agar Website Pribadi Tetap Update Meskipun Kamu Sibuk

Tips Agar Website Pribadi Tetap Update Meskipun Kamu Sibuk

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 5 Mei 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Sribu.com Permanen link

Punya website sama saja dengan memelihara tanaman. Jika kamu rutin mengurusnya, maka tanaman tersebut akan tumbuh dengan subur. Sama halnya dengan website, ketika kamu mulai tidak sempat mengurusnya dan membiarkan jadi terbengkalai, maka jumlah visitor akan menurun. Alih-alih bisa memperoleh income, posisi website-mu justru kian menurun di halaman pencarian Google.

Mengurus website seharusnya tidak perlu mengorbankan banyak waktu. Bahkan, ketika kamu memiliki aktivitas lain yang cukup padat, website yang sudah kamu miliki bisa tetap menjadi sumber penghasilan tambahan. Nah, bagaimana sih caranya agar website tetap update meskipun kamu punya kesibukan yang super padat? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Ingat Tujuan Awal Membuat Website

Masihkah kamu mengingat tujuan awalmu membuat website? Bahkan, mungkin kamu sudah mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa jasa pembuatan web profesional untuk membangun website pertamamu.

Apapun tujuan awalmu, jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk tetap meng-update website-mu tersebut. Kalau kamu sudah mengeluarkan modal untuk menggunakan jasa pembuatan website terbaik dan berkualitas, pastikan modalmu tersebut sudah kembali. Jika modalnya belum kembali, kamu bisa menjadikan hal ini sebagai penyemangat untuk tetap memantau website-mu agar bisa memperoleh income yang akan mengembalikan modal utamamu.

Luangkan Waktu Khusus

Agar website tetap ter-manage dengan baik di tengah-tengah kesibukanmu, cobalah sediakan waktu luang khusus. Misalnya, pada akhir pekan kamu mengumpulkan konten untuk website-mu. Sementara untuk mengunggahnya di website, cukup sediakan waktu 30-60 menit sehari.

Setidaknya sediakan waktu seminggu sekali untuk meng-update website-mu. Update secara berkala ini akan membuat rank website pada halaman mesin pencarian seperti Google tetap stabil. Dengan begitu, jumlah pengunjung website juga tetap stabil juga dan tidak menurun.

Buat Postingan Berjadwal

Sudahkah kamu memanfaatkan fitur scheduled post yang ada di website? Fitur seperti ini sangat bermanfaat untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk update website. Ya, ketika kamu memiliki materi untuk dijadikan konten, jangan langsung mengunggah semua konten tersebut. Jadikan konten tersebut untuk dipos beberapa kali. Nah, di sini kamu dapat memanfaatkan fitur posting berjadwal ini.

Dengan adanya scheduled post, kamu nggak perlu membuka website setiap hari untuk mengunggah konten. Fitur tersebut akan otomatis mengunggah konten-konten yang sudah kamu jadwalkan sebelumnya. Idealnya, buat setiap hari atau minimal dua hari sekali ada sebuah konten baru yang terunggah di website-mu.

Catat Semua Ide yang Diperoleh Secara Tiba-Tiba

Salah satu problem kompleks bagi pengelola website adalah tidak memiliki ide atau inspirasi dalam membuat konten. ‘Kebuntuan’ ini sering menjadi alasan bagi pemilik website untuk meninggalkan website yang sudah dikelolanya sejak lama. Alhasil, website tersebut dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Perlu kamu ketahui bahwa ide atau inspirasi dalam membuat konten bisa datang secara tiba-tiba, baik ketika kamu sedang bersantai, traveling, atau justru bangun tidur. Ketika kamu mendapatkan ide atau inspirasi, segera catat di ponselmu. Jika idemu ini berupa objek visual, segera abadikan dalam bentuk foto dan video.

Semakin banyak ide yang tercatat, maka semakin banyak bahan materi untuk meng-update website-mu ini. Ingat, materi ini diunggah dalam bentuk posting berjadwal saja agar website-mu tampak selalu up to date.

Kerjasama dengan Pihak Lain

Untuk kamu yang mengelola website bisnis atau website yang dipakai untuk berjualan barang maupun jasa, pertimbangkan untuk bekerjasama dengan pihak lain kalau kamu memang tidak memiliki waktu untuk mengurus website tersebut seorang diri. Hire seseorang untuk menjadi admin yang mengurus website-mu adalah ide yang tepat. Mereka akan membantumu mengunggah produk di website, mendata pembelian, sampai dengan packing barang.

Tentu saja kamu harus mengeluarkan dana lagi jika ingin mempekerjakan orang lain untuk mengurus website komersial. Coba perhitungkan lagi dengan keuntungan yang kamu peroleh. Kalau kamu masih bisa memperoleh laba meskipun membayar jasa admin yang akan membantumu, maka segeralah mencari orang yang tepat untuk membantumu mengurus website penjualan.

Pikirkan Kembali Income yang Akan Diperoleh

Baik website yang bersifat komersial atau non-komersial, dua-duanya akan memberikan income untukmu. Website non-komersial seperti traveling, food blogging, atau review sesuatu akan memberikan income melalui jumlah visitor dan adsense. Sementara jika kamu mengelola website yang menjual barang atau jasa, keuntungan sudah pasti akan diperoleh dari hasil penjualan produkmu.

Jadi, apapun jenis website-mu, keduanya akan sama-sama memberikan pemasukan. Jika ingin income yang semakin besar, maka kamu harus menjadi lebih rajin meng-update website tersebut. Income yang akan kamu peroleh ini bisa menjadi alasan terkuat untuk tetap mengurus website meskipun kamu memiliki aktivitas sehari-hari yang sangat padat.

Tips-tips di atas semoga bisa membantumu untuk tetap mengelola website-mu meskipun kamu sedang sangat sibuk. Kalau rasa malas melanda, ingat modal yang dulu kamu keluarkan untuk menggunakan jasa pembuatan web profesional, waktu yang sudah kamu pakai untuk membangun website tersebut dari nol, dan juga jerih payah lain yang sudah kamu lakukan.

Sayang banget kan kalau kamu sudah membangun website-mu dengan baik, tapi justru website tersebut dibiarkan terbengkalai karena kamu nggak punya banyak waktu untuk mengurusnya.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram