Bacaterus / Tips Menempatkan Action Figure untuk Menghias Kamar

Tips Menempatkan Action Figure untuk Menghias Kamar

Action figure merupakan miniatur superhero atau karakter dengan berbagai pose. Sekilas action figure memang nampak seperti mainan anak-anak. Namun, siapa sangka jika orang dewasa pun juga gemar mengoleksi action figure? Ya, action figure bukan hanya ‘mainan’ semata, tapi bisa juga dipakai untuk menghias ruangan atau sebagai properti untuk foto maupun membuat video.

Tertarik untuk mengoleksi action figure? Bacaterus akan berbagi tips menempatkan action figure di dalam kamar, nih! Yuk, percantik kamarmu dengan memanfaatkan action figure dari tokoh favoritmu!

1. Tempatkan di Lemari Khusus

Tempatkan di Lemari Khusus

Jika koleksi action figure-mu sudah terlalu banyak, saatnya memikirkan sebuah tempat yang bisa menampung semua koleksimu tersebut. Apabila kamarmu cukup luas, tak ada salahnya kamu membeli sebuah lemari khusus untuk menempatkan koleksi action figure-mu.

Pastikan lemari yang kamu beli ini memiliki kaca bening atau terbuka. Percuma banget kan kalau kamu membeli lemari tertutup jadinya koleksimu tidak akan terlihat?

Tempatkan action figure sesuai dengan kategorinya. Misalnya, rak bagian atas diisi dengan Transformers action figure, mulai dari tokoh Bumblebee, Optimus Prime, dan Megatron. Sementara rak bawah dipakai untuk meletakkan action figure tokoh Marvel, mulai dari Iron Man, Captain America, Hulk, dll.

2. Buat Sekat di Atas Tempat Tidur

Buat Sekat di Atas Tempat Tidur

* sumber: loaderror.co.uk

Cara lain untuk menghias kamar dengan action figure adalah membuat sekat di atas tempat tidur atau di bagian mana pun di kamarmu. Pembuatan sekat tentu saja lebih murah dibanding membeli lemari. Kamu bisa membuat beberapa tingkat sekat untuk menempatkan koleksimu.

Penempatan action figure di sekat yang dibuat di atas tempat tidur tentu saja akan membuatmu lebih dekat dengan koleksimu ini. Jadi serasa tidur ditemani oleh Bumblebee dan Optimus Prime kalau koleksi action figure-mu adalah robot-robot Transformers.

3. Letakkan di Meja Kerja

Action Figure Transformers

Spot lain di kamarmu yang bisa dipakai untuk meletakkan action figure adalah meja kerja. Akan tetapi, kamu hanya bisa menempatkan beberapa buah tokoh saja agar mejamu tidak terkesan penuh sesak.

Kalau kamu sering bekerja di meja tersebut, sebaiknya pilih figur aksi paling favorit untuk ditempatkan di mejamu itu. Dengan demikian, kamu jadi bisa terus memandangi koleksimu itu kalau sedang jenuh bekerja. Biasanya tokoh favorit bisa menjadi mood booster tersendiri, lho.

4. Buat Sudut dengan Tema Sesuai Action Figure

Buat Sudut dengan Tema Sesuai Action Figure

* sumber: news.toyark.com

Yang satu ini adalah cara unik menempatkan action figure untuk menghias kamar. Pastikan kamarmu mempunyai space yang cukup dan kamu pun siap menyediakan budget untuk membuat tema yang sesuai action figure-mu.

Sebagai contoh ketika kamu mengoleksi figur Game of Thrones, buatkan tempat yang sesuai dengan lokasi syuting film tersebut. Jangan lupa tambahkan miniatur Iron Throne agar semakin terasa unsur Game of Thrones-nya.

Opsi lain, apabila kamu mengoleksi Transformers action figure, tempatkan figur aksimu ini di dekat miniatur mobil-mobilan. Mengapa mobil? Karena Transformers sangat identik dengan mobil yang bisa bertransformasi menjadi robot. Buatkan sudut khusus untuk meletakkan Transformers action figure beserta miniatur mobil-mobilmu, ya!

5. Jangan Lupa Membersihkan Action Figure

Jangan Lupa Membersihkan Action Figure

* sumber: www.gunpla101.com

Walaupun kamarmu tertutup dan bebas dari polusi, tapi tetap saja koleksi action figure-mu akan berdebu. Apalagi bila kamu menempatkan action figure di tempat terbuka (bukan lemari yang tertutup kaca), tentu saja koleksimu ini jadi lebih cepat berdebu.

Jika kamu menyayangi koleksi action figure-mu ini, jangan lupa untuk membersihkannya secara teratur, ya! Bagaimana sih cara membersihkan action figure yang benar? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Rendam Action Figure

Gunakan air dingin atau air hangat saat merendam action figure. Hindari penggunaan air panas karena bisa mengelupas warna action figure. Waktu yang ideal untuk merendam action figure adalah 5 menit. Proses perendaman ini bermanfaat untuk melunturkan debu, minyak, dan segala jenis kotoran yang yang melekat pada action figure.

  • Teteskan Sabun

Hati-hati dalam memilih sabun untuk membersihkan action figure. Kami menyarankanmu untuk memakai sabun cuci tangan atau sabun cuci piring. Tuangkan 1-2 tetes sabun di atas action figure-mu.

  • Gosok dengan Kain atau Sikat Halus

Selain berhati-hati dalam memilih sabun, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih alat untuk menggosok action figure. Agar tidak melukai cat  figur aksimu, pakailah kain lembut atau sikat berbulu halus. Gosok seluruh bagian action figure hingga ke sela-selanya. Hindari menggosok terlalu keras agar untuk menjaga cat action figure tidak terkelupas.

  • Bilas Sambil Digosok

Untuk membersihkan sisa residu sabun pada action figure, sediakan satu mangkuk berisi air hangat yang suam-suam kuku. Rendam miniatur tokoh yang sudah disabun ke dalam air hangat, lalu gosok dengan sikat berbulu halus agar tidak ada residu sabun yang masih menempel.

  • Keringkan dengan Tisu Lembut

Nggak mau kan ada noda air di koleksi action figure-mu? Setelah mencuci bersih semua koleksimu, segera keringkan dengan tisu lembut. Agar tidak mengelupas cat action figure, keringkan dengan cara ditepuk-tepuk halus saja. Setelah itu, angin-anginkan sebentar sebelum ditata kembali di tempatnya.

Nah, itulah serba-serbi cara menghias kamar dengan action figure beserta tips membersihkannya. Jangan ragu untuk mengoleksi action figure sebanyak mungkin karena jika ditata dengan baik, koleksimu itu bisa menjadi hiasan yang bagus untuk setiap ruangan.

Kalau kamu ingin mendapatkan action figure berkualitas baik dengan harga terjangkau, mampir saja di AFS Store! Ada banyak koleksi action figure dari beragam tokoh ternama, mulai dari Transformers, Starwars, Marvel, Dragon Ball, dan masih banyak lagi!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar