Bacaterus / Sekolah / 10 Tips Menabung untuk Pelajar Supaya Bisa Lebih Hemat

10 Tips Menabung untuk Pelajar Supaya Bisa Lebih Hemat

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menabung adalah hal yang sering diingatkan orangtua sejak kecil. Karena dengan menabung dapat membuat kita bijak dengan uang. Tapi Terkadang hal tersulit dalam menabung adalah memulainya. Terutama saat kebutuhan sekolah sedang banyak. Belum lagi jika ada teman-teman yang sering mengajak hangout.

Jika kamu berencana akan daftar kuliah setelah lulus sekolah, tidak ada salahnya membantu orangtua dengan menyisihkan atau menabung sebagian uang jajanmu. Dengan begitu, ketika lulus nanti, kamu bisa memiliki uang darurat atau uang lebih untuk bekal kehidupanmu selanjutnya. Sebenarnya menabung itu tidak sulit, yuk terapkan tips menabung untuk pelajar di bawah ini.

1. Pantau Pengeluaran

Pantau Pengeluaran

* sumber: thelatinahomemaker.com

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak uang yang sering kamu keluarkan. Pantau semua pengeluaranmu seperti membeli alat-alat sekolah, biaya transportasi, biaya jajan, dan lainnya.

Setelah mengetahuinya, atur angka berdasarkan kategori lalu totalkan setiap jumlahnya. memantau keuangan kamu adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa kamu tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Kamu bisa menuliskannya di buku catatan atau di handphone.

Dengan memantau  apa yang sudah kamu belanjakan, dapat membantu kamu memperhatikan pola, membuat kamu lebih tahu ke mana uang dibelanjakan, dan membantu kamu mengidentifikasi jika perlu melakukan perubahan.

2. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

* sumber: www.thefashionablehousewife.com

Setelah memantau pengeluaranmu, mungkin kamu akan sadar jumlah barang mana yang lebih sering dibeli. Apakah kebutuhan atau keinginan semata. Jika kamu sedang berada di mall, sebelum menyentuh barang tersebut tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu. Apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut?

Jika membeli barang hanya karena warnanya menarik namun tidak akan sering dipakai, sebaiknya jangan beli barang tersebut. Lebih baik masukkan uang dalam tabunganmu.

3. Bawa Bekal dari Rumah

Bawa Bekal dari Rumah

* sumber: www.mirror.co.uk

Makanan bisa menjadi salah satu biaya terbesar kamu, jadi ada baiknya mencari cara untuk mengurangi pengeluaran makan. Jika biasanya di sekolah kamu jajan atau makan siang di kantin, sebaiknya pertimbangkan membawa bekal makan siang dan camilan ke sekolah.

Jika memungkinkan, seringlah memasak dengan anggota keluarga di rumah supaya bisa menyimpan lebih banyak makanan. Selain itu, jika biasanya kamu sering membeli minuman dingin di kantin sekolah, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut dengan membawa botol minum air putih.

Atau kamu juga bisa belanja makanan dengan merencanakan makanan apa saja yang akan dibeli untuk per minggu. Buatlah daftar belanja mingguan dan belilah makanan sesuai kebutuhanmu.

4. Belanja di Tempat yang Mengadakan Diskon Khusus Pelajar

Belanja di Tempat yang Mengadakan Diskon Khusus Pelajar

* sumber: typicalstudent.org

Tidak hanya orang dewasa, pelajar juga senang berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Jika kamu sedang bepergian ke luar rumah dan mengunjungi toko-toko, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah toko tersebut mengadakan diskon khusus pelajar.

Pada waktu-waktu tertentu biasanya beberapa toko di mall mengadakan diskon khusus tersebut dengan menunjukkan kartu pelajar. Nah kamu harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Atau jika kamu sudah punya toko langganan, kamu juga dapat bernegosiasi dengan karyawan atau pemilik toko supaya bisa mendapatkan diskon khusus pelajar.

5. Beli Buku Pelajaran Bekas

Beli Buku Pelajaran Bekas

* sumber: www.spot.ph

Buku pelajaran umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Biasanya pihak sekolah menyediakan koperasi khusus untuk membeli buku-buku pelajaran. Supaya kamu dapat menghemat pengeluaranmu untuk menabung, sebaiknya kamu cari buku pelajaran bekas yang masih layak pakai.

Kamu perlu datang ke toko buku khusus buku-buku bekas. Biasnya toko seperti itu menyediakan kumpulan jenis buku pelajaran yang lengkap. Atau alternatif lainnya adalah kamu bisa meminjam buku dari perpustakaan kota dengan gratis. Sehingga kamu memiliki uang lebih untuk ditabung.

6. Jangan Terlalu Sering Hangout

Jangan Terlalu Sering Hangout

* sumber: www.independent.ie

Buat kamu yang sering diajak hangout oleh teman-teman, sebaiknya beranilah berkata tidak. Karena hangout akan membuat kamu memiliki pengeluaran yang tidak terduga. Makan di restoran, nongkrong di café, menonton film di bioskop, dan lainnya tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Supaya kamu bisa menabung, sebaiknya ajak teman-temanmu berkumpul di rumah dan sediakan makanan kecil. Selain lebih hemat, kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan menyenangkan di rumah dan menghabiskan quality time dengan baik.

7. Kurangi Membeli Kopi atau Minuman Kekinian

Kurangi Membeli Kopi atau Minuman Kekinian

* sumber: www.foxbusiness.com

Karena menjamurnya outlet kedai kopi atau minuman kekinian, bisa jadi salah satu pengeluaran terbesarmu. Apalagi buat kamu yang tinggal di kota besar yang sangat mudah mendapatkan minuman kekinian.

Ditambah dengan aplikasi ojek online yang semakin membuat kamu lebih mudah mengeluarkan uang untuk membeli minuman kekinian. Daripada uang jajanmu terkuras untuk minuman hits, lebih baik ditabung dan lebih sering minum air putih yang lebih sehat.

8. Kurangi Biaya Transportasi yang Mahal

Kurangi Biaya Transportasi yang Mahal

* sumber: jakartaglobe.id

Jika sekolah kamu berlokasi di tempat yang strategis, mudah dijangkau oleh transportasi umum sebaiknya beralih dari kendaraan pribadimu dengan naik transportasi umum. Terutama buat kamu yang membawa mobil ke sekolah, sebaiknya ganti kebiasaan tersebut dengan menggunakan transportasi umum yang lebih murah.

Dengan begitu, pengeluaranmu untuk biaya bensin dan perawatan kendaraan akan berkurang. Sehingga uang tersebut bisa kamu tabung.

9. Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Tabungan

Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Tabungan

* sumber: www.tellerreport.com

Menggunakan rekening tabungan adalah cara sederhana untuk membantu kamu menyimpan dana. Dibanding menabung di tabungan biasa yang bisa membuat kamu tergoda untuk mengambilnya, lebih baik mulai pisahkan uang untuk kebutuhan pribadi dengan uang tabungan ke dalam rekening yang berbeda.

Tantang diri kamu untuk tidak menarik uang tabungan. Dengan begitu kamu dapat memiliki uang tabungan tanpa tercampur dengan uang yang biasa digunakan sehari-hari.

10. Buat Target Menabung

Buat Target Menabung

* sumber: knewmoney.com

Salah satu cara terbaik untuk menabung uang adalah dengan menetapkan tujuannya. Mulailah dengan memikirkan apa yang ingin kamu tabung. Mungkin kamu berencana untuk mengumpulkan uang kuliah, membeli gadget baru untuk mendukung belajarmu, mengumpulkan dana darurat, membangun bisnis baru, dan lain-lain.

Setelah tahu tujuan tabunganmu, kemudian cari tahu berapa banyak uang yang kamu perlukan dan berapa lama kamu harus menyimpannya. Jika kamu tidak ingin repot dengan membuat kartu ATM yang berbeda, kamu bisa membuat tabungan dengan toples atau kotak khusus, lalu pisahkan uang tabunganmu sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan.

Itulah beberapa tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu terapkan. Mudah bukan? Sebagai pelajar, mungkin kamu masih mengandalkan uang dari orangtua, tapi setelah lulus nanti kamu juga bisa mandiri dengan mempersiapkan beberapa dana yang akan kamu butuhkan kedepannya.

Dengan begitu kamu harus menabung dengan cara-cara di atas. Semoga berhasil! Jika kamu punya pengalaman menabung sesuai versimu sendiri, silahkan berbagi tipsnya dengan kami di kolom komentar. Intip juga artikel cara menabung meskipun penghasilan kecil.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *