Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Memutihkan Lutut dan Siku dengan Bahan Alami

10 Cara Memutihkan Lutut dan Siku dengan Bahan Alami

Lutut dan siku adalah bagian tubuh yang mudah menghitam. Jika Anda menggunakan celana pendek, pasti lutut hitam Anda akan terlihat dengan jelas. Sudah menggunakan body lotion pemutih kulit, tapi lutut Anda masih menghitam. Wah, itu artinya Anda juga harus melakukan perawatan lain selain dengan body lotion.

Kali ini, Bacaterus ingin berbagi tips memutihkan lutut dengan bahan-bahan alami. Tahukah Anda bahwa ada beberapa bahan alami yang dapat dikombinasikan untuk mencerahkan warna lutut? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

10 Cara Memutihkan Lutut dan Siku Secara Alami

1. Yogurt

Yogurt Tips Memutihkan Lutut

Selain enak untuk dimakan, yogurt ternyata bisa menjadi salah satu tips memutihkan lutut yang praktis, lho. Kandungan lactic acid di dalam yogurt mampu melembabkan dan mencerahkan kulit.

Ada dua cara untuk menggunakan yogurt sebagai bahan alami pemutih lutut, pertama campurkan yogurt dengan cuka putih. Kemudian, gunakan campuran tersebut sebagai masker pada lutut. Bersihkan dengan air hangat, keringkan lutut dengan handuk dan segera oleskan lotion pada kulit.

Cara kedua adalah campurkan 1 sdm yogurt dengan 2 sdm tepung terigu. Selanjutkan, gunakan campuran ini sebagai masker selama 20 menit. Bersihkan dengan air hangat sambil digosok menggunakan jari Anda.

2. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini memang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, mulai dari untuk merawat rambut sampai dengan kulit. Gel lidah buaya dapat menjadi pelembab alami untuk kulit. Di samping itu, gel lidah buaya sering dimanfaatkan sebagai campuran untuk produk pemutih kulit.

Gunakan gel lidah buaya pada seluruh bagian lutut yang menghitam. Diamkan selama 20 – 30 menit sampai gel tersebut mengering di kulit. Langkah berikutnya adalah membilas sisa gel lidah buaya dengan air hangat. Lakukan perawatan ini sebanyak 1-2 kali seminggu untuk segera memiliki kulit lutut yang lebih cerah.

3. Minyak mustard

Minyak mustard

Bukankah minyak mustard sering dipakai untuk memasak atau sebagai salad dressing? Ya, tepat sekali! Minyak mustard memang sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk memasak. Namun, tahukah Anda bahwa minyak mustard mengandung asam linoeic, asam oleic, dan asam erucic yang akan menghambat pigmen melanin pada kulit?

Setelah mandi, oleskan minyak mustard ini di sekujur lutut sambil dipijat-pijat ringan. Setelah itu, diamkan di kulit selama 15 menit. Pastikan minyak ini sudah meresap ke dalam kulit sebelum Anda mengenakan pakaian. Apabila sudah beberapa jam, cuci lutut Anda dengan sabun dan air hangat untuk menghilangkan sisa minyaknya.

4. Batu apung

Batu apung

Jauh sebelum ada produk pemutih kulit, tips memutihkan lutut dengan memanfaatkan batu apung memang sudah lebih dulu digunakan. Seperti yang kita ketahui, lutut jadi menghitam bisa saja disebabkan oleh penumpukan kotoran dan sel kulit mati. Oleh karena itu, manfaatkan batu apung untuk menggosok bagian lutut guna melunturkan sel kulit mati.

Batu apung juga bisa digunakan untuk menghilangkan daki di seluruh tubuh, termasuk di leher maupun ketiak. Hanya saja, agar kulit Anda tetap halus meskipun Anda menggosok dengan batu apung, segera gunakan lotion atau pelembab kulit sehabis mandi. Batu apung dapat Anda gunakan setiap hari sampai warna kulit lutut terlihat lebih cerah.

5. Gula

Gula

Menggunakan produk yang mengandung scrub memang cukup ampuh untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah. Lantas, bagaimana bila kali ini Anda menggunakan scrub yang lebih alami? Ya, salah satu jenis scrub alami adalah gula pasir. Namun, untuk memutihkan lutut Anda harus mengombinasikan gula pasir dengan minyak zaitun.

Gosokkan campuran gula dan minyak zaitun ke lutut Anda. Gosok dengan gerakan melingkar selama 3 menit. Jika sudah selesai, bilas lutut dengan air panas. Apabila masih ada sisa lengket dari minyak zaitun, cuci lutut Anda dengan sabun. Lakukan perawatan ini setiap minggu untuk mendapat hasil yang lebih optimal.

6. Lemon

gunakan lemon

Buah yang satu ini sudah sangat familiar sebagai bahan tambahan untuk produk pencerah kulit. Tak ada salahnya untuk kali ini Anda menggunakan lemon asli untuk memutihkan lutut. Air lemon bisa langsung dioleskan ke lutut dan biarkan mengering secara alami. Setelah itu, bilas lutut Anda dengan air bersih.

Ada juga cara lainnya, yakni mencampur air lemon dengan madu, lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker pada lutut Anda. Sambil menunggu masker ini kering, beri pijatan ringan sesaat. Jika sudah kering, bilas lutut Anda dengan air hangat.

7. Daun mint

Peppermint

Tips memutihkan lutut selanjutnya adalah dengan menggunakan daun mint. Daun dengan aroma menthol ini ternyata mengandung minyak alami yang dapat merangsang pembentukan kolagen di dalam tubuh, sehingga dapat meratakan warna kulit.

Untuk memanfaatkan daun mint sebagai bahan alami untuk memutihkan lutut, rebus segenggam daun mint sampai airnya mendidih. Tambahkan air perasan buah lemon ke dalam air rebusan daun mint tadi dan tunggulah sampai dingin.

Setelah itu, celupkan kapas ke dalam air rebusan daun mint dan gosokkan kapas tersebut ke lutut Anda. Diamkan selama 15 – 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Perawatan ini sebaiknya dilakukan setiap hari agar warna lutut cepat terlihat cerah.

8. Kunyit

Kunyit

Pada kesempatan kali ini, Bacaterus ingin mengajak Anda untuk turut memanfaatkan kunyit sebagai bahan alami pemutih lutut. Namun, Anda hanya perlu menggunakan bubuk kunyit yang sudah jadi, bukan memarut kunyit secara langsung.

Campurkan bubuk kunyit secukupnya dengan krim susu yang kental. Oleskan pasta tersebut ke lutut, bisa juga ke bagian kaki lainnya yang terlihat menghitam. Biarkan pasta ini mengering, lalu kemudian bilaslah sisa pasta kunyit di kulit Anda dengan air bersih.

9. Mentimun

mentimun

Mencari tips memutihkan lutut dengan bahan alami tapi tidak ingin cara yang ribet? Nah, gunakan saja mentimun! Buah yang sering dijadikan lalap ini bisa langsung dipotong dan dioleskan bagian dalamnya ke lutut selama 10 menit. Sesudah itu, diamkan lagi selama 5 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Cara lainnya adalah memarut timun dan menyaring airnya. Kemudian, campurkan air perasan lemon ke dalam air timun tersebut. Oleskan pasta dari kedua buah ini di lutut Anda dan diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas lutut Anda sampai bersih.

10. Pepaya

pepaya

Kandungan Vitamin C dan E di dalam pepaya diklaim mampu mencerahkan warna kulit, termasuk lutut Anda yang tampak menghitam. Nah, untuk menggunakan pepaya sebagai bahan alami pemutih lutut, Anda bisa langsung menggosokan buah pepaya ke lutut Anda atau memarut buah pepaya hingga halus dan menggunakannya sebagai masker. Pilihlah cara yang paling mudah dan terasa nyaman bagi Anda.

Tips Memutihkan Lutut

Semua tips memutihkan lutut ini dijamin bebas efek samping, lho! Jadi, tunggu apalagi segera pilih bahan alami yang paling nyaman untuk memutihkan lutut Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment