Bacaterus / Tips Memulai Bisnis Online Rumahan yang Menjanjikan

Tips Memulai Bisnis Online Rumahan yang Menjanjikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di era modern seperti sekarang ini, muncul beragam jenis bidang pekerjaan baru yang cukup menjanjikan. Hal tersebut terjadi karena perkembangan zaman yang diikuti dengan teknologi yang semakin canggih. Jika dulu pekerjaan banyak dilakukan secara offline, kini banyak pekerjaan yang bermunculan khususnya di bidang online.

tips bisnis

Dengan semakin naiknya kebutuhan hidup, dari sisi finansial tak bisa dipungkiri lagi bahwa memulai bisnis online rumahan menjadi satu hal yang mesti dilakukan. Kelebihan lain berbisnis online rumahan adalah kamu bisa mengerjakan bisnis sebagai pekerjaan sampingan.

Dan untuk kamu yang memiliki keinginan untuk berbisnis online rumahan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan khususnya untuk kamu yang baru mau memulai bisnis online rumahan, seperti:

1. Menentukan Ide Awal

Menentukan Ide Awal

Dalam memulai bisnis online rumahan, pastikan kamu sudah memiliki ide awal bisnis seperti produk apa yang akan dijual. Dalam menentukan ide awal saat akan memulai bisnis online rumahan mungkin memang akan sedikit sulit karena saat pertama akan ada banyak ide.

Cobalah untuk kumpulkan ide sebanyak-banyaknya lalu lakukan brainstorming. Apakah produk yang akan dijual cocok dengan target pasar kamu atau tidak? Atau Apakah produk yang akan dijual sesuai dengan keterampilanmu? Dan masih banyak lagi hal-hal yang perlu dipertanyakan pada diri sendiri sebelum memulai bisnis. Walaupun sekedar bisnis online rumahan, pastikan semuanya sudah direncanakan secara matang, ya.

2. Memulai Bisnis Online Berdasarkan Passion

Memulai Bisnis Online Berdasarkan Passion

Memulai usaha atas dasar hobi atau kesukaan pastinya akan membuat bisnismu terasa lebih menyenangkan. Selain memang akan lebih bersemangat dalam menjalankannya, bisnis yang dilakukan berdasarkan hobi akan lebih berkembang baik secara kreativitas dan berkembang secara ekonomi.

Meskipun bisnismu sudah sesuai dengan passion, kamu perlu mengasah skill dalam dunia online seperti cara menggunakan media sosial yang akan digunakan. Langkah awal yang bisa diambil memulai bisnis online adalah seperti membuat website, membuat akun media sosial yang menarik, memahami facebook ads dan masih banyak lagi.

3. Modal

Modal

Dalam memulai bisnis online rumahan, ada beberapa sumber modal yang bisa dipertimbangkan seperti modal dari dana pribadi atau dengan mengandalkan pinjaman. Modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis online yang pasti nggak sebesar ketika kamu akan memulai bisnis offline, di sinilah kelebihannya usaha secara online.

Jadi ketika sudah tahu pasti produk apa yang akan dijual, buatlah terlebih dahulu rincian modal awal, mulai dari pengeluaran produk yang akan dijual hingga biaya promosi. Jika kamu menemukan kesulitan, jangan ragu untuk memperlajari bisnis dari seseorang yang sudah berpengalaman. Kamu bisa bertanya pada rekan atau mengikuti seminar-seminar tentang bisnis.

4. Promosi

Promosi

Kalau membahas promosi dalam bisnis online rumahan, promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti promosi dari mulut ke mulut, promosi melalu media sosial hingga promosi melalui pemasangan iklan. Dalam hal ini, peran dari digital marketing sangatlah penting.

Lalu untuk menunjang promosi dalam dunia digital marketing, ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan agar lebih menarik perhatian konsumen yaitu foto produk harus jelas, deksripsi barang yang lengkap, dan kalimat promosi di media sosial yang harus menjual atau persuasif.

5. Siap Menghadapi Persaingan

Siap Menghadapi Persaingan

Di era seperti sekarang ini, bisnis online menjadi semakin ramai karena banyak fasilitas yang mendukung. Nah, untuk kamu yang baru saja memulai bisnis online harus siap menghadapi persaingan dalam bisnis online. Di dunia bisnis online, bukan hanya produk yang berkualitas baik saja yang dilihat tapi kita pun akan dituntut untuk lebih kreatif.

Yang perlu diingat untuk para pemula, bisnis online rumahan pada umumnya membutuhkan waktu. Tidak ada hal yang didapati secara instan. Yang diperlukan dalam bisnis adalah konsistensi dan motivasi yang cukup kuat untuk terus maju.

Berkaitan dengan poin yang sudah disebutkan sebelumnya, passion dibutuhkan dalam berbisnis khususnya bisnis online rumahan. Dengan adanya passion maka kamu akan lebih semangat menjalani setiap proses dalam berbisnis.

6. Tidak Cepat Puas

Tidak Cepat Puas

Dalam dunia bisnis baik usaha kecil maupun usaha besar, pastinya akan ada fase naik turunnya. Nggak selamanya bisnis akan selalu ramai, maka dari itu janganlah cepat puas. Tapi sebaliknya jika keadaan bisnis sedang lesu, jangan juga untuk cepat menyerah ya!

Jangan lupa untuk terus kembangkan bisnis onlinemu dengan cara kuasai produk, pelajari target pasar, dan selalu up to date dengan perkembangan pasar. Jika kamu sudah merasa melakukan hal-hal tersebut, maka kamu akan menemukan banyak peluang bisnis yang lebih besar dari sekedar bisnis online rumahan.

7. Membuat Catatan Keuangan

Membuat Catatan Keuangan

Untuk poin terakhir dalam tips memulai bisnis online ini adalah membuat catatan keuangan. Meskipun kamu memulai bisnis online berdasarkan hobi atau passion, pastinya kamu ingin juga mendapatkan keuntungan kan? Dengan membuat catatan keuangan yang rapih, kamu bisa mengatur pengeluaran apa saja yang mungkin bisa dikurangi sehingga pemasukan kamu bisa bertambah.

Jadi meski ini hanya bisnis online rumahan, catatan keuangan sangatlah diperlukan agar kamu dapat memantau flow keuanganmu. Oh iya, supaya usahamu terasa ada hasilnya, kalau bisa bedakan ya tabungan pribadi dengan tabungan usahamu. Hal ini mungkin terdengar sederhana tapi efeknya cukup besar lho!

Itulah 7 tips memulai bisnis online rumahan yang bisa kamu terapkan nanti. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kamu pelajari jika kamu tertarik untuk bisnis online, kamu bisa mendapatkan ilmu bisnis dari beragam sumber. Salah satu sumber informasi terpercaya untuk menambah wawasan tentang berita bisnis dan ekonomi, bisa kamu temukan di https://www.wartaekonomi.co.id/ .

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *