bacaterus web banner retina

Yuk, Cari Tahu Tips Memilih Pelembab Kulit Wajah yang Aman

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 November 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor PERMANEN LINK

Pelembab atau moisturizer tidak hanya diciptakan untuk jenis kulit kering saja. Pemilik kulit normal, berminyak, maupun berjerawat juga membutuhkan pelembab. Dengan kata lain, pelembab adalah basic skin care yang memang harus dimiliki oleh setiap orang, Sayangnya, masih banyak orang yang belum sadar dengan manfaat yang ditawarkan oleh pelembab dan cara menentukan skin care terbaik  untuk kulit setiap individu.

Bagi kamu yang belum pernah memakai pelembab sebelumnya dan berencana untuk membeli moistuizer yang aman di kulit wajah tanpa menyebabkan iritasi, Bacaterus akan memberikan sejumlah tips yang harus diperhatikan dalam memilih pelembab. Yuk, tak perlu berlama-lama lagi, simak tips lengkapnya berikut ini!

Manfaat Moisturizer untuk Kulit Wajah

Sebelum membahas tips memilih pelembab kulit wajah yang aman, Bacaterus ingin mengajakmu untuk mengenal manfaat dari menggunakan pelembab secara teratur. Apabila kamu berpikir penggunaan moisturizer hanya untuk melembabkan kulit wajah yang kering saja, maka kamu harus memperhatikan sejumlah manfaat di bawah ini.

  • Menjaga Kelembaban Kulit Wajah
Menjaga Kelembaban Kulit Wajah
*

Bukan hanya kulit kering saja yang membutuhkan kelembaban, kulit berminyak atau berjerawat juga memerlukan perawatan dari produk moisturizer. Pada kulit wajah berminyak dan berjerawat, pelembab bekerja dengan menyeimbangkan kadar minyak di kulit wajah.

Itulah sebabnya mengapa kamu sangat disarankan untuk memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Pasalnya, beda jenis kulit tentu saja beda cara penanganannya.

  • Mencegah Kerutan di Wajah
Mencegah Kerutan di Wajah
*

Perlu kamu ketahui, pelembab bukan hanya sekadar skin care, tetapi juga merupakan skin barrier yang melindungi kulit wajah dari berbagai masalah, salah satunya penuaan dini. Sebagai contoh, kondisi kulit yang terlalu kering karena tidak memakai moisturizer dapat memicu peradangan kronis pada kulit.

Nah, peradangan ini berimbas pada kerusakan kolagen yang akan menimbulkan kerutan halus dan tanda penuaan lainnya.

  • Melindungi Kulit dari Polusi dan Sinar UV
Melindungi Kulit dari Polusi dan Sinar UV
*

Sejumlah pelembab wajah sudah dilengkapi dengan SPF (Sun Protection Factor) untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Dengan memakai moisturizer dan pemilihan skin care terbaik, kamu sudah melakukan satu usaha untuk melindungi kulit wajahmu dari bahaya yang disebabkan oleh sinar UV.

Tak hanya itu saja, polusi juga bisa memicu kerusakan pada kulit wajah. Pelembab yang diperkaya dengan anti-pollution complex akan melindungi kulitmu dari polusi di lingkungan sekitar.

Masih banyak manfaat lain yang bisa kamu peroleh dengan memakai pelembab secara teratur. Jadikan pelembab sebagai skin care routine-mu sehari-hari jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan terhindar dari sejumlah masalah kulit.

Tips Memilih Skin Care Terbaik dan Aman Untuk Kulit Wajah

Ada banyak jenis skin care terbaik yang dapat menjadi resep untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing, salah satunya adalah pelembab kulit wajah. Akan tetapi, kamu harus cermat dalam memilih skin care terbaik untuk wajah agar produk tersebut cocok di kulitmu.

Lantas, bagaimana cara yang tepat memilih moisturizer yang aman untuk kulitmu? Yuk, simak tips berikut ini!

1. Kenali Jenis Kulitmu

Kenali Jenis Kulitmu
*

Beda jenis kulit, beda pula jenis pelembab yang harus kamu pakai. Oleh karena itu, ambil waktu beberapa hari untuk mencermati jenis kulitmu. Setelah mengetahui jenis kulitmu, ikuti panduan dalam memilih produk moisturizer berikut.

  • Berminyak: disarankan untuk memilih pelembab yang berbahan dasar air
  • Kering: sebaiknya memakai pelembab yang berbasis minyak
  • Jerawat: pilih produk pelembab yang bersifat acne care atau yang mengandung bahan untuk mengatasi jerawat, seperti salicylic acid atau tea tree
  • Sensitif: gunakan pelembab berbahan dasar alami atau dengan kandungan yang bersifat menenangkan kulit, seperti bahan herbal atau aloe vera
  • Normal/Kombinasi: jenis kulit ini bisa memakai semua jenis pelembab, tapi disarankan untuk memilih pelembab berbasis air.

Dengan memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit, maka kulitmu akan memperoleh perawatan yang tepat, terutama jika kulitmu memiliki sejumlah masalah, seperti jerawat, kering, atau berminyak.

2. Cermati Kandungan Pelembab

Cermati Kandungan Pelembab
*

Sebagai konsumen, tentu saja kamu harus jeli dalam menentukan skin care terbaik dari sebuah produk, apalagi jika produk tersebut memang digunakan untuk merawat kulitmu. Kamu harus memilih moisturizer yang kandungan di dalamnya benar-benar aman untuk kulit.

Berikut adalah sejumlah kriteria moisturizer dengan kandungan yang aman:

  • Non-comedogenic

Sangat penting untuk memilih pelembab yang bersifat non-comedogenic, yang artinya tidak menyumbat pori-pori wajah. Pada umumnya, moisturizer yang bersifat non-comedogenic ini tidak mengandung minyak sehingga sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

  • Hypoallergenic

Bagi pemilik kulit sensitif, pilih pelembab yang bersifat hypoallergenic karena pelembab ini memiliki risiko yang sangat kecil untuk menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

  • Bahan-bahan Alami

Semahal apapun pelembab wajah yang kamu beli, tentu tidak berarti jika pelembab tersebut tidak mengandung bahan alami. Utamakan memilih moisturizer yang terbuat dari bahan alami ketimbang yang menggunakan bahan-bahan kimia. Skin care terbaik terbuat dari bahan alami tentu lebih aman dipakai pada kulit wajahmu.

3. Utamakan dari Merk yang Terpercaya

Utamakan dari Merk yang Terpercaya
*

Siapa bilang merk tidak menjadi pertimbangan dalam memilih moisturizer? Justru kamu wajib memilih pelembab dari merk yang terpercaya. Salah satu kriteria merk pelembab yang terpercaya adalah yang sudah lama memproduksi skin care.

Merk yang berkualitas juga selalu transparan dalam menginformasikan bahan-bahan pembuatan produknya. Yang paling penting, merk tersebut harus menyertakan bahan alami dalam pembuatan setiap produknya.

Sebagai contoh, Kiehl’s adalah merk skin care terbaik yang telah terpercaya yang sudah 160 tahun eksis dalam memproduksi berbagai jenis skin care. Brand ini juga menggunakan sejumlah bahan alami yang aman untuk produk-produknya, seperti Lavender, Calendula, dan Beech Tree Extract.

Nah, itulah berbagai manfaat menggunakan moisturizer wajah dan tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih skin care terbaik dan aman untuk kulit kamu. Semoga kamu bisa memperoleh pelembab terbaik untuk merawat kulit wajahmu, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram