Bacaterus / Mesin Cuci / 10 Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat Sesuai Kebutuhan

10 Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Juni 2019

Keberadaan mesin cuci sangat meringankan pekerjaan rumah tangga. Waktu yang dulu terbuang karena harus mencuci secara manual kini bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas lainnya. Saat mesin cuci mengerjakan tugasnya, Anda juga bisa melakukan pekerjaan lain tanpa harus menunggu mesin cuci beroperasi. Dengan memiliki mesin cuci, Anda jadi hemat waktu dan tenaga.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki mesin cuci sendiri. Masih ada sejumlah orang yang belum mempunyai mesin cuci dan berencana untuk membeli mesin cuci baru. Bacaterus punya tips memilih mesin cuci yang tepat agar Anda bisa mendapatkan mesin cuci yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

10 Tips Memilih Mesin Cuci

1. Ukur Ruang yang Tersedia

Ukur Ruang yang Tersedia Tips Memilih Mesin Cuci

Tips memilih mesin cuci yang pertama adalah Anda harus menyesuaikan ukuran mesin cuci yang akan dibeli dengan luas ruang cuci yang tersedia. Hal ini dilakukan untuk memastikan mesin cuci bisa masuk ke dalam ruang cuci, baik itu mesin cuci satu tabung atapun mesin cuci dua tabung.

Ambil meter ukur untuk mengukur luas ruang cuci. Kemudian, pastikan bahwa mesin cuci yang akan dibeli bisa melewati pintu untuk masuk ke dalam ruang cuci. Anda juga harus mempertimbangkan faktor lainnya, seperti mesin cuci tidak terlalu merapat ke dinding dan Anda tetap bisa masuk ke dalam ruang cuci meskipun sudah ada mesin cuci di dalamnya.

2. Pastikan Lantai Kuat Menahan Mesin Cuci

Pastikan Lantai Kuat Menahan Mesin Cuci

Solusi terbaik untuk meletakkan mesin cuci adalah di ruang bawah tanah. Namun, di Indonesia tidak semua rumah memiliki ruang bawah tanah. Sebagian orang terbiasa meletakkan mesin cuci di kamar mandi atau bagian belakang rumah.

Di mana pun Anda meletakkan mesin cuci, pastikan bahwa lantainya kuat menahan mesin cuci. Pasalnya, mesin cuci memiliki bobot yang cukup berat. Belum lagi Anda akan mengisi mesin cuci dengan pakaian-pakaian yang beratnya minimal 2-5 kilogram. Saat beroperasi, mesin cuci juga akan mengeluarkan getaran. Jika lantai tidak kuat menahan beban dan getaran dari mesin cuci, lama kelamaan lantainya akan menjadi retak.

3. Perhitungkan Kapasitas Pakaian yang Akan Dicuci

Perhitungkan Kapasitas Pakaian yang Akan Dicuci

Mesin cuci yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai kapasitas. Kapasitas mesin cuci yang tersedia mulai dari 5 sampai dengan 20 kilogram. Cara menentukan kapasitas mesin cuci bisa dicermati dengan jumlah pakaian yang akan dicuci.

Mesin cuci dengan kapasitas 5 kilogram bisa mencuci 25 potong pakaian sekaligus. Bila penghuni di rumah Anda berjumlah 4 orang dan setiap orang berganti pakaian 2 kali sehari, maka jumlah baju yang cuci dalam sehari adalah 16-20 potong pakaian. Mencuci 16-20 potong pakaian setiap hari bisa dilakukan dengan bantuan mesin cuci 5 kilogram saja.

Namun, jika Anda ingin membeli mesin cuci untuk usaha laundry, maka pilih kapasitas yang lebih besar agar bisa mencuci baju dalam jumlah banyak sekaligus.

4. Hemat Air dan Listrik

Hemat Air dan Listrik

Kebanyakan orang memilih mesin cuci sesuai dengan biaya dan modelnya saja. Padahal, salah satu tips memilih mesin cuci adalah mempertimbangkan kemampuannya dalam menghemat air dan listrik. Dewasa ini, mesin cuci sudah dilengkapi dengan teknologi hemat air dan hemat listrik.

Hemat air artinya mesin cuci bisa beroperasi dengan baik meskipun tabungnya tidak diisi air hingga penuh. Selain itu, mesin cuci yang hemat listrik tidak menggunakan daya listrik terlalu banyak sehingga tagihan listrik pun jadi lebih ekonomis.

5. Kemampuan Menghilangkan Noda di Baju

Kemampuan Menghilangkan Noda di Baju

Bukankah untuk menghilangkan noda di baju kita harus memilih deterjen khusus mesin cuci yang tepat? Ya, pemilihan deterjen memang sangat berpengaruh untuk menghilangkan noda di baju. Akan tetapi, deterjen juga harus didukung dengan mesin cuci yang benar-benar mampu membantu proses menghilangkan noda pada pakaian.

Dalam pengujian kami, mesin cuci bukaan depan (front load) lebih mampu menghilangkan noda pada pakaian dibanding mesin cuci bukaan atas (top load). Selain itu, keberadaan fitur pengaturan suhu air juga sangat membantu proses melarutkan deterjen bubuk agar mampu mengangkat noda di serat pakaian.

6. Utamakan yang Mudah Dipakai

Utamakan yang Mudah Dipakai

Mesin cuci diciptakan untuk meringankan aktivitas mencuci pakaian. Jadi, ketika memilih mesin cuci sebaiknya pilih mesin cuci yang mudah dipakai. Meskipun Anda belum memiliki pengalaman dalam menggunakan mesin cuci, setidaknya Anda bisa mengira-ngira jenis mesin cuci yang lebih mudah digunakan.

Bila perlu, tanyakan pengalaman orang-orang yang sudah pernah menggunakan mesin cuci. Temukan mesin cuci yang mudah dipakai agar tidak menyulitkan Anda ketika hendak mencuci baju.

7. Tentukan Fitur dan Program yang Bermanfaat

Tentukan Fitur dan Program yang Bermanfaat

Inovasi terbaru selalu hadir di setiap mesin cuci keluaran mutakhir. Ada yang menyediakan kemampuan mengontrol mesin cuci melalui smartphone, ada yang dibekali dengan papan penggilasan sehingga Anda tidak perlu membungkuk saat hendak mengucek pakaian, dan ada pula yang menyediakan sejumlah siklus pencucian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tips memilih mesin cuci yang tepat adalah menyesuaikan fitur dan program yang benar-benar Anda butuhkan. Semakin banyak fitur dan teknologi yang tersemat, semakin mahal harga mesin cuci tersebut. Kalau Anda tidak memerlukan fitur-fitur tambahan, beli saja mesin cuci konvensional yang harganya tentu lebih terjangkau.

8. Top Load atau Front Load?

Top Load atau Front Load

Ada dua jenis mesin cuci, yakni top load dan front load. Pilih jenis mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memerlukan mesin cuci untuk keperluan rumah tangga, mesin cuci top load (bukaan atas) sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Akan tetapi, bila Anda membutuhkan mesin cuci untuk membuka jasa laundry, pertimbangkan untuk memilih mesin cuci front load karena penggunaan airnya lebih sedikit. Sekedar informasi, harga mesin cuci front load cenderung lebih mahal dibanding mesin cuci top load. Jadi, pilihlah mesin cuci yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Merk Adalah Jaminan

Merk Adalah Jaminan

Setiap membeli barang elektronik Anda harus memperhatikan merk dari barang yang akan Anda beli. Tak dapat dipungkiri bahwa merk tentu menjamin kualitas dari barang elektronik tersebut.

Saat memilih mesin cuci, perhatikan pula merk yang Anda pilih. Pastikan Anda memilih mesin cuci dari merk yang sudah terkenal. Jangan lupa untuk mencermati garansi yang Anda dapatkan. Pilih merk mesin cuci terbaik yang memberikan garansi panjang.

10. Jangan Tergiur dengan Mesin Cuci yang Terlalu Murah

Jangan Tergiur dengan Mesin Cuci yang Terlalu Murah

Menyesuaikan budget dengan mesin cuci yang hendak dibeli memang perlu. Namun jangan sampai Anda tergiur dengan mesin cuci yang terlalu murah. Boleh saja membeli mesin cuci yang murah, tapi perhatikan merk, fitur, dan kualitas dari mesin cuci tersebut. Mesin cuci merupakan investasi jangka panjang, jadi pilihlah mesin cuci berkualitas bukan yang murah tapi nyatanya berkualitas buruk.

Tips memilih mesin cuci ini akan membantu Anda menemukan mesin cuci yang tepat sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk membeli mesin cuci di tempat yang terpercaya. Jika tidak sempat berkunjung ke toko elektronik, membeli mesin cuci secara online melalui situs belanja seperti Bukalapak bisa menjadi solusi yang praktis. Kunjungi Bukalapak untuk melihat berbagai merk mesin cuci dengan harga yang bervariasi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar