Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Cara Memilih Melon yang Manis dan Sudah Matang

10 Cara Memilih Melon yang Manis dan Sudah Matang

Ditulis oleh

Melon merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, teksturnya yang empuk, mudah didapatkan di mana saja, melon termasuk buah yang harganya sangat terjangkau. Namun, kadang kita mendapatkan melon yang tidak pas, sehingga rasanya tidak manis.

Untuk itu, sekarang Bacaterus akan membagikan tips memilih melon yang manis. Melon yang kematangannya tepat akan terasa manis. Lalu, tekstur empuk dari melon pun pas, tidak terlalu keras dan tidak terlalu benyek. Ingin tahu tipsnya? Yuk, Bacaterus!

10 Tips Memilih Melon yang Manis

1. Lihat Bentuk

Lihat Bentuk

* sumber: www.leaf.tv

Tips memilih melon yang manis yang pertama adalah dengan melihat bentuknya. Tampilan melon yang matang dan manis biasanya simetris. Lalu, melon yang manis biasanya bukan yang berbentuk bulat sempurna, tapi yang bulat tapi sedikit oval seperti telur.

2. Lihat Kulit

Lihat Kulit

Setelah melihat bentuk melon, tips memilih melon yang manis yang ke-2 adalah dengan melihat kulitnya. Melon yang sudah matang memiliki jaring-jaring kulit yang tebal dan banyak. Jaring-jaring ini merupakan garis-garis yang berwarna hijau-keputihan di seluruh permukaan kulit melon. Lalu, pilihlah melon yang kulitnya tidak hijau sempurna, tapi hijau kekuning-kuningan.

3. Lihat Bagian Tangkai

Perhatikan bagian ujung tangkai buah melon yang Anda pilih. Melon yang matang dan manis memiliki bentuk jaring-jaring yang agak turun. Maksudnya, semakin matang dan semakin manis buah melon, maka jaring-jaringnya akan terlihat semakin sedikit di daerah tangkai buahnya.

4. Angkat

Angkat

Selanjutnya, tips memilih melon yang manis yang ke-4 adalah dengan mengangkatnya. Angkatlah dengan kedua tangan Anda, lalu Anda bisa membandingkannya dengan melon yang lain. Melon yang sudah matang akan terasa lebih berat dibandingkan dengan yang belum matang.

Lalu, rasakan tekstur buahnya. Melon yang bagus akan terasa padat, tapi tidak keras. Melon yang bagus juga memiliki kulit yang terasa seperti beludru, yang akan terasa lembut jika Anda menekan jari-jari Anda ke kulit melon.

5. Cium

Cium

Tips memilih melon yang manis yang ke-5 adalah dengan mencium aroma melon. Jika dari jauh saja wangi melonnya sudah tercium, segera beli melon tersebut, karena pasti melon itu sudah matang dan rasanya pun manis.

Aroma yang manis ini berasal dari gas etilen (gas yang dihasilkan buah yang telah matang). Semakin matang buah, maka semakin banyak pula gas etilen yang dikandungnya, berarti semakin manis juga buah tersebut.

6. Ketuk

Ketuk

Setelah dilihat, diraba, dan dicium, sekarang ketuklah melon yang Anda pilih. Lalu, dengarkan dengan seksama suara pantulan atau gema yang dihasilkan oleh ketukan Anda. Semakin dalam bunyi gema ketukan, maka semakin matang buah melon tersebut.

7. Simpan di Suhu Ruangan

Di atas tadi merupakan tips memilih melon yang manis. Sekarang, mari ketahui cara menyimpan melon agar jadi lebih manis. Biasanya melon dipetik ketika hampir matang untuk mengurangi risiko kerusakan saat dikirim dari perkebunan ke toko. Makanya, kadang akan dibutuhkan waktu beberapa hari sebelum melon matang sempurna dan rasanya jadi manis legit.

Untuk itu, jika Anda membeli melon yang belum matang sempurna, simpanlah melon di udara terbuka. Anda bisa menyimpannya di konter dapur. Waktu penyimpanannya beragam, tapi rata-rata 3 – 5 hari merupakan waktu yang cukup untuk mematangkan melon.

8. Simpan di Kulkas

Jika Anda belum siap memakan melon yang telah matang, simpanlah di kulkas. Melon dapat bertahan hingga 5 – 7 hari setelahnya jika dimasukkan ke dalam lemari es.

9. Bungkus dengan Plastik

Jika melon sudah Anda potong-potong, tapi tidak akan Anda habiskan, simpanlah di dalam lemari es. Tapi, sebelum itu, bungkus melon menggunakan plastik kedap udara (plastic wrap) atau kotak makan kedap udara.

Hal ini dilakukan untuk mencegah daging melon menyerap bau kulkas. Lalu, jangan buang bijinya jika Anda berniat untuk menyimpan melon di kulkas selama beberapa hari agar rasanya tetap enak.

10. Beli di Perkebunan

Tips memilih melon yang manis yang terakhir adalah dengan membelinya dari perkebunannya langsung. Melon yang berada di toko buah, baik yang skala kecil hingga besar, merupakan buah melon yang tidak matang dari tumbuhannya langsung.

Melon-melon yang ada di toko sudah dipetik sepekan hingga dua pekan sebelum waktunya matang. Seperti yang sudah kami katakan di atas, hal ini untuk mengurangi risiko melon rusak saat perjalanan. Maka dari itu, untuk mendapatkan melon yang matang di tempat, sebaiknya Anda membelinya langsung dari perkebunan melon terdekat di daerah Anda.

Itulah sepuluh tips memilih melon yang manis dan bagaimana menyimpannya agar awet dari Bacaterus. Tahukah Anda kalau semua bagian melon dapat dimakan? Kulit melon bisa Anda olah lagi menjadi masakan. Lalu, biji melon dapat dikeringkan atau dipanggang. Semua bagian melon memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. Yuk, makan melon sekarang!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment