Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / 8 Tips Memilih Kulkas yang Bagus agar Tidak Salah Beli

8 Tips Memilih Kulkas yang Bagus agar Tidak Salah Beli

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang paling di butuhkan di rumah. Fungsi dari kulkas sendiri adalah sebagai tempat menyimpan makanan yang tidak bisa bertahan lama di suhu ruang seperti daging atau sayuran agar tetap segar dan awet. Kulkas juga dapat mempercantik dapur pemiliknya, namun tergantung jenis dan model kulkas seperti apa yang dipilih tentunya.

Terkadang, orang membeli kulkas tanpa memikirkan banyak hal yang harus diperhatikan. Misalnya, seberapa banyak konsumsi listrik dan energi yang digunakan, bagus atau tidaknya kualitas dari kulkas yang dibeli maupun sesuai atau tidaknya kulkas yang dimiliki dengan kebutuhan.

Nah, kalau kamu nggak tahu dan bingung gimana caranya memilih kulkas yang cocok untuk kamu ‘pajang’ di dalam rumah, simak 8 tips memilih kulkas dari Bacaterus, ya.

8 Cara Memilih Kulkas

1. Beli di Toko yang Terpercaya

tips jitu memilih kulkas agar tidak salah beli perkulkasan

* sumber: www.moneycrashers.com

Pertama, carilah toko alat elektronik yang terpercaya. Kamu bisa memanfaatkan Google Search untuk menemukan toko alat elektronik yang mendapat rating bagus di sekitar tempat tinggalmu. Selain toko elektronik, kamu juga bisa memilih untuk membeli kulkas di tempat perbelanjaan lainnya, seperti supermarket atau retail perabot rumah tangga.

Sebagai pilihan alternatif, kalau kamu ingin lebih praktis, kamu juga bisa membeli kulkas melalui toko online. Tapi perlu diperhatikan, toko yang kamu pilih harus yang benar-benar terpercaya, ya! Jangan hanya karena tergiur harga murah, kamu akhirnya membeli barang yang salah.

 2. Tentukan Ukuran Kulkas

perkulkasan2

* sumber: www.pricebook.co.id

Sebelum memilih jenis kulkas seperti apa yang kamu inginkan, kamu harus menyesuaikan ukuran tempat yang ada di dalam dapur atau ruangan lain di rumahmu.

Untuk memperhatikan hal tersebut, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih kulkas yang kamu butuhkan, misalnya luas ruang yang dibutuhkan untuk membuka pintu kulkas, atau berapa ukuran lebar dan tinggi kulkas tersebut.

Di samping itu, kulkas juga memiliki banyak variasi yang bisa kamu pilih. Kalau kamu ingin membeli kulkas baru dengan ukuran dimensi dan kapasitas yang lebih besar, kamu bisa memilih kulkas yang mempunyai lebih banyak ruang nantinya.

 3. Tentukan Jenis Kulkas yang Diinginkan

Perkulkasan8

Selanjutnya untuk tips jitu memilih kulkas yakni menentukan jenis kulkas yang kamu inginkan. Jika kulkas lamamu merupakan kulkas yang tidak memiliki freezer, kamu dapat memilih kulkas berjenis Top Freezer atau kulkas dengan pintu freezer di bagian atas yang merupakan salah satu jenis kulkas yang paling umum digunakan saat ini.

Kalau kurang puas dengan kapasitas kulkas Top Freezer, kamu bisa memilih kulkas berjenis Bottom Freezer yang letak pintu freezer-nya berada di bagian bawah kulkas atau bahkan kamu bisa memilih kulkas dengan dengan dua pintu samping (Side by Side).

Ada juga kulkas berjenis French Door yang merupakan kulkas sejenis Side by Side dengan dua pintu samping dan dilengkapi dengan satu atau bahkan dua pintu lagi di bagian bawahnya. Kulkas ini juga termasuk jenis kulkas yang juga banyak dipilih masyarakat karena kapasitasnya yang besar.

4. Perhatikan Kualitas dan Material Kulkas

perkulkasan5

* sumber: www.consumerreports.org

Selain jenis kulkas, kamu juga harus pintar memilih dan memperhatikan kualitas serta material dari kulkas yang ingin kamu beli. Perlu dicermati, ada beberapa material logam yang dipakai sebagai bahan utama pembuatan kulkas, contohnya aluminium, besi cor, krom, tembaga, dan baja.

Menurut katom, jenis logam yang sering digunakan untuk membuat kulkas adalah aluminium dan stainless steel, karena kulkas berbahan aluminium biasanya dipakai untuk keperluan pabrik makanan, kulkas yang umumnya dijual secara komersil memiliki bahan stainless steel.

Kualitas stainless steel juga tidak kalah dari aluminium. Kulkas dengan bahan material stainless steel memiliki resistensi yang kuat terhadap bekas sidik jari sehingga tidak berbekas meski sering disentuh oleh tangan. Ditambah lagi, bahan ini punya kesan elegan dan enak dilihat. Selain itu, beberapa kulkas yang menggunakan bahan material non-logam yang berkualitas dengan biaya lebih murah, yakni plastik ABS.

5. Sesuaikan Penggunaan Daya Listrik Kulkas

perkulkasan4

* sumber: www.consumerreports.org

Daya listrik juga bisa disebut adalah komponen penting yang harus dipertimbangkan ketika membeli kulkas. Membengkaknya biaya listrik di rumah seringkali disebabkan oleh penggunaan daya listrik pada kulkas.

Ada beberapa langkah tepat yang bisa kamu ambil untuk mengatasi hal ini, contohnya pilih jenis kulkas yang memiliki konsumsi listrik paling rendah, atau kamu bisa mencari informasi tersebut dengan mengunjungi situs Energy Star, di mana situs tersebut akan menghitung rincian penggunaan listrik berdasarkan tipe, tahun pembuatan, serta ukuran kulkas.

6. Pilih Berdasarkan Fitur

perkulkasan9

* sumber: www.consumerreports.org

Kulkas juga memiliki banyak fitur yang tersedia. Ada kulkas yang dilengkapi dengan rak penyimpanan yang banyak dan memiliki fungsi yang berbeda, mulai dari rak penyimpanan telur, kotak susu atau botol minum, sampai rak untuk buah-buahan.

Kalau kamu nggak mau repot memindahkan kulkas yang lumayan berat saat harus mengganti letaknya atau sekedar membersihkan lantai sekitarnya, kamu bisa memilih kulkas yang dilengkapi fitur roller yang dapat mempermudah kamu untuk memindahkan kulkas.

Kulkas yang lebih modern, seperti Side by Side fridge atau kulkas dengan dua pintu samping biasanya dilengkapi dengan water dispenser dan in-door ice maker.

7. Sesuaikan Dengan Budget

Membuat Uang Kas Bersama

Selain menyesuaikan jenis dan fitur, pilihlah kulkas yang sesuai dengan budget kamu. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa memilih kulkas dengan ukuran serta kapasitas besar, seperti Side by Side fridge, Bottom Fridge atau bahkan French Door fridge. Kulkas berjenis French Door, Side by Side dan Bottom Freezer fridge dibanderol dengan harga belasan sampai puluhan juta rupiah.

Namun, bila budget yang kamu miliki kurang dari belasan juta, kamu bisa memilih kulkas berjenis Top Freezer yang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, yakni mulai dari dua juta rupiah per-unitnya. Tentu, setiap brand menawarkan harga yang berbeda-beda ya.

8. Cermat Memilih Brand Kulkas

perkulkasan7

*

Cermatlah dalam memilih brand kulkas yang akan kamu beli. Sekali lagi, jangan mudah tergiur dengan brand yang menawarkan harga murah karena kualitasnya belum tentu terjamin. Lebih baik merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk membeli kulkas dari brand terpercaya dengan kualitas yang baik dan terjamin.

Brand yang terpercaya dan banyak dipilih masyarakat juga biasanya memberikan garansi resmi serta pelayanan aftersales yang baik. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki gerai service center khusus yang siap melayani konsumen kala dibutuhkan.

Nah, itu dia 8 tips jitu memilih kulkas yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga tips di atas bermanfaat, ya. Bagaimana, sudah tahu kan, kulkas seperti apa yang paling cocok buat kamu? Butuh referensi kulkas terbaik? Silakan kunjungi 10 Merk Kulkas yang Bagus ini.

Kalau kamu membutuhkan informasi mengenai bagaimana  cara menyimpan daging sapi di dalam kulkas,yuk simak artikel 9 Cara Menyimpan Daging di Kulkas dengan cara yang baik dan benar agar daging sapinya awet dan tahan lama.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment