Bacaterus / 7 Tips Memilih Jasa Percetakan untuk Memulai Usaha

7 Tips Memilih Jasa Percetakan untuk Memulai Usaha

Baru mau memulai usaha baru, tapi masih bingung memilih jasa percetakan terbaik untuk menunjang usahamu tersebut? Sebagai konsumen, kamu berhak memperoleh jasa percetakan yang berkualitas dan menawarkan produk yang sesuai budget. Terlebih mengingat kamu baru memulai usaha baru, sangat wajar jika kamu ingin menghemat biaya pengeluaranmu dengan mencari percetakan yang murah.

Murah tak harus murahan, lho. Ada banyak pilihan jasa percetakan, terutama digital printing Jakarta, yang menawarkan kualitas baik dengan harga terjangkau. Lantas, bagaimana cara memilih jasa percetakan yang terbaik untuk memulai usaha baru? Yuk, simak tips dari Bacaterus berikut ini!

1. Utamakan yang Reputasinya Baik

Awam dalam memilih jasa percetakan? Tak masalah. Kamu bisa memilih jasa percetakan berdasarkan reputasinya. Semakin banyak klien dan testimonial positif yang diberikan pada suatu jasa, maka kemungkinan besar jasa tersebut memang terpercaya dan membuat pelanggannya merasa puas.

Di mana kita bisa melihat reputasi sebuah jasa percetakan? Coba lihat ulasan di Google atau buka website resminya. Di website resmi biasanya akan dicantumkan portfolio atau daftar klien yang pernah bekerjasama dengan jasa tersebut. Nah, dari sana lah kamu bisa memberikan penilaian awal terhadap jasa tersebut.

2. Kelengkapan Produk yang Ditawarkan

Sebuah jasa percetakan yang berkualitas pasti menawarkan beragam produk yang cukup lengkap, mulai dari cetak spanduk, kaos, jersey, stiker, poster, buku, brosur, sampai dengan backlite. Mengingat kebutuhan setiap pelanggan pasti berbeda-beda, jadi sudah sepantasnya sebuah jasa percetakan menyediakan pilihan produk yang cukup lengkap.

Kamu wajib memilih jasa percetakan yang memang menawarkan beragam pilihan produk seperti ini. Mengapa? Karena jasa yang menyediakan pilihan produk yang lengkap menunjukkan keseriusannya dalam menekuni usaha tersebut.

3. Cek Kualitas Hasil Produksi

Sebagai konsumen tentu saja kamu berhak melihat portfolio dari jasa percetakan yang hendak dipilih. Coba jelajahi website atau akun media sosial jasa tersebut untuk mengetahui hasil produksinya. Kalau ingin melihat langsung, sampaikan kepada staf jasa yang kamu pilih untuk melihat portfolionya secara langsung.

Dari hasil produksi yang kamu lihat, tentu saja kamu jadi bisa menilai kualitas jasa percetakan tersebut. Jika kualitasnya memang sesuai dengan yang kamu inginkan, lanjutkan saja proses transaksinya. Namun, jika kualitasnya ternyata tidak sebagus yang kamu pikir, carilah jasa percetakan lainnya.

4. Memberikan Pelayanan yang Baik

Dalam mencari vendor percetakan untuk memulai usaha barumu, kamu juga harus mengutamakan pelayanan dari staf jasa percetakan yang dipilih. Kriteria pelayanan yang baik bisa dinilai dari kecepatan merespon pelanggan, staf yang komunikatif dalam menjawab atau mendiskusikan sesuatu dengan pengguna jasa, dan keramahan dalam berkomunikasi.

Ketika kamu memperoleh pelayanan yang baik, kamu pasti akan merasa nyaman untuk melanjutkan transaksi dengan vendor tersebut. Apalagi sebagai pemula tentu saja kamu membutuhkan vendor yang mau diajak berkomunikasi dan menjelaskan berbagai hal yang belum kamu pahami sebelumnya.

Oleh karena itu, jika kamu menemukan sebuah jasa percetakan yang menarik hati, jangan ragu untuk memulai komunikasi. Jasa yang baik pasti akan selalu sigap dalam menjawab berbagai pertanyaan calon pengguna jasanya.

5. Pertimbangkan Biaya Cetak

Semua poin dalam menentukan vendor percetakan sudah membuatmu sreg, tapi harganya sangat tidak bersahabat dengan budget yang tersedia. Jika sudah seperti ini, kamu harus mencari vendor lain yang menawarkan harga lebih terjangkau. Jangan sampai usahamu kacau karena harus mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk percetakan. Pasalnya, kamu juga perlu mengeluarkan uang untuk keperluan lain.

Agar tidak buang-buang waktu, cobalah untuk menanyakan harga terlebih dahulu ketika pertama kali menghubungi jasa percetakan. Dengan begitu kamu jadi bisa membuat pertimbangan lainnya setelah sreg dengan harga yang ditawarkan.

Akan tetapi, sebagai pengguna jasa kamu juga harus bijaksana, ya! Ingatlah motto: “Ada harga, ada kualitas” sebelum membuat penilaian. Kalau kualitasnya memang sebanding dengan harganya, tentu saja vendor tersebut sangat worth.

6. Lama Waktu Pengerjaan

Setelah cocok dengan berbagai poin yang menjadi pertimbangan dalam memilih vendor percetakan, kamu wajib bertanya tentang lama waktu pengerjaannya. Jangan sampai durasi pengerjaannya lebih lama dan melewati tanggal di mana kamu sudah merencanakan untuk membuka usaha baru ini.

Coba diskusikan dengan pihak vendor terlebih dahulu. Pastikan bahwa jasa yang kamu pilih memang sanggup mengerjakan pesananmu sesuai dengan waktu yang kamu berikan. Kalau sudah deal dengan durasi pengerjaannya, kamu pun bisa santai mempersiapkan kebutuhan lainnya untuk memulai usaha baru.

7. Dapatkan Rekomendasi dari Sumber Terpercaya

Kalau masih bingung memilih vendor percetakan terbaik untuk memulai usahamu, coba dapatkan rekomendasi dari sumber yang terpercaya. Misalnya, jika ada kerabat atau teman yang pernah memakai jasa percetakan, tanyakan mengenai hasilnya dan harga yang mereka dapatkan dari jasa tersebut. Umumnya, rekomendasi dari sumber terpercaya memang lebih memuaskan.

Bacaterus juga ingin memberikan rekomendasi jasa percetakan yang terpercaya, yakni Vendorcetak.com. Ini merupakan jasa digital printing yang terpercaya di Jakarta. Jasa ini juga melayani berbagai produk percetakan, kamu hanya perlu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhanmu. Mengenai harga, Vendorcetak.com memberikan harga yang bersaing dengan jasa sejenis lainnya.

Nah, sudah tahu tips memilih jasa percetakan terbaik untuk memulai usaha baru, kan? Jika kamu menemukan jasa yang memenuhi kriteria di atas, jangan ragu untuk segera deal. Ingat, sebagai pengusaha kamu harus berani mengambil keputusan terbaik, termasuk dalam memilih vendor percetakan yang nantinya akan menunjang usaha barumu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar