Bacaterus / Serba Serbi / Tips Memilih Hobi dan Koleksi untuk Mengatasi Rasa Jenuh

Tips Memilih Hobi dan Koleksi untuk Mengatasi Rasa Jenuh

Setiap orang memiliki kejenuhan dengan aktivitas sehari-hari. Salah satu cara mengalihkan perhatian dari kejenuhan adalah menekuni hobi dan koleksi. Menekuni hobi membantu pikiran menjadi rileks dan lebih fokus dalam menyelesaikan masalah.

Jenis-Jenis Hobi dan Koleksi

hobi koleksi barang antik

Teknologi boleh berkembang pesat. Namun menekuni hobi dan koleksi tak pernah pudar oleh bergulirnya zaman. Meski tampak sepele dan sederhana, menemukan kegiatan di luar aktivitas dan rutinitas membantu meredakan stress.

Sebagian besar alasan orang memilih mengoleksi barang adalah membantu menumbuhkan rasa peduli. Merawat barang koleksi mungkin membutuhkan waktu luang. Namun melihat koleksi yang terawat dengan baik akan menumbuhkan rasa bahagia. Maka kepedulian untuk rajin merawat barang koleksi tetap tumbuh bersama waktu.

Beberapa jenis hobi dan koleksi antara lain:

1. Koleksi barang antik

Pernah melihat seseorang mengoleksi barang pecah belah dan keramik zaman dahulu, atau sepeda kuno? Mereka adalah para kolektor barang-barang antik. Semakin kuno usia suatu benda, semakin menarik untuk dijadikan koleksi. Mengumpulkan barang kuno butuh ketelatenan sebab sangat sulit mencarinya

2. Koleksi tanaman hidroponik

Ingin koleksi tanaman hias, atau membudidayakan sayuran tetapi halaman rumah tidak luas? Kini hal itu tidak menjadi masalah besar. Koleksi tanaman hidroponik adalah jawaban paling masuk akal untuk tetap mampu membudidayakan tanaman, menyalurkan hobi bercocok tanam tanpa butuh ruang tanam yang luasnya berhektar-hektar. Manfaatkan teknik hidroponik untuk bercocok tanam.

3. Koleksi cenderamata khas daerah

Mengoleksi cenderamata khas suatu daerah adalah hal mengasyikkan. Setiap daerah wisata punya ciri khas suvenir yang menonjolkan daerahnya. Setiap suvenir khas memiliki cerita di baliknya.

4. Koleksi hewan piaraan

Senang memelihara dan merawat hewan? Mengapa tidak mengoleksi unggas atau burung hias. Semakin unik suara atau penampakan burung semakin indah untuk dipandang. Jika ditekuni lebih serius hobi koleksi burung hias bisa menjadi salah satu pintu rezeki.

5. Koleksi bunga

Selain tanaman hidroponik mengoleksi tanaman bunga adalah hobi yang tidak membutuhkan lahan terlalu luas. Bunga bisa ditanam di pot-pot kecil dan dijadikan penghias meja atau teras.

Tips memilih Hobi dan Koleksi

memotong bonsai

Berbagai jenis hobi dan koleksi malah membuat bingung untuk menentukan pilihan? Pertimbangan-pertimbangan sifat dasar manusia berikut mungkin membantu menetapkan hobi apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan:

1. Punya jiwa seni

Jika Anda sangat mencintai seni budaya, bisa bermain musik atau melukis ada baiknya menjadi kolektor benda seni. Hobi dan koleksi ini akan sangat menunjang kemampuan dan bisa jadi kelak mendatangkan penghasilan

2. Telaten

Anda sangat tekun, berhati-hati dan telaten? Hobi dan koleksi tanaman hidroponik adalah kegiatan yang sangat cocok dengan sifat dasar ini. Menanam dan merawat tanaman butuh ketelatenan tingkat tinggi. Adakala harus membuang hama dan bibit penyakit, memberikan perawatan ekstra dengan merapikan daun, menyirami tanaman atau memberikan pupuk.

Khusus untuk tanaman hidroponik mungkin perlu perlakuan khusus pada tanaman tertentu seperti memindahkannya di tempat yang kaya cahaya dan melindungi dari panas. Maka hanya orang yang telaten bisa melakukannya

3. Teliti

Anda sangat menyukai kerapian? Koleksi perangko adalah pilihan yang epat untuk menekuni hobi dan koleksi. Perangko bisa diatur dengan rapi berdasarkan gradasi warna atau tahun peluncuran.

Hobi dan koleksi adalah bagian dari kehidupan. Jika berniat menjadi kolektor tanaman hidroponik jangan lupa belanja persiapannya di Bukalapak. Berbagai keperluan bercocok tanam bisa diperoleh tanpa harus meninggalkan rumah.

About the Author:

Leave A Comment