Bacaterus / Makanan / Buah-Buahan / 10 Cara Memilih Buah Alpukat yang Matang dan Enak

10 Cara Memilih Buah Alpukat yang Matang dan Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Siapa yang tak kenal alpukat, buah sejuta manfaat yang rasanya super lezat ini? Sangat beruntung tinggal di Indonesia karena pasokan alpukat selalu tersedia. Walaupun kuotanya banyak dan mudah ditemukan di mana-mana, memilih alpukat yang bagus agak tricky, loh.

Untuk orang yang belum biasa, pasti tidak tahu bagaimana cara membedakan alpukat yang matang dan yang tidak. Alpukat yang kematangannya belum pas agak lebih keras dagingnya dan rasanya juga lebih pahit. Jika Anda mau membuat jus alpukat, avocado toast, atau guacamole yang enak, ikuti 10 tips memilih buah alpukat dan bagaimana cara menyimpannya agar lebih awet. Yuk, disimak!

10 Tips Memilih Buah Alpukat yang Matang

1. Warna Kulit

Warna Kulit

Tips memilih buah alpukat yang pertama adalah dengan melihat dari warna kulitnya. Langkah ini merupakan yang termudah. Semakin hijau warna kulit alpukat, berarti semakin muda usianya. Pilihlah alpukat yang berwarna ungu cerah dan mengkilap. Bukan buah yang berwarna ungu kusam dan buahnya terlihat sudah lembek, karena tandanya sudah terlalu matang.

Mungkin ada yang suka langsung membelah alpukat tanpa melihat ciri-cirinya terlebih dahulu untuk mengetahui alpukat ini sudah matang atau belum. Janganlah sekali-kali Anda melakukannya lagi, karena jika kulit alpukat sudah dikupas saat belum matang, maka buah tersebut akan terganggu siklusnya. Sehingga, bisa saja alpukat yang telah dikupas tadi jadi tidak matang-matang.

Alpukat memang harus dipetik dari pohon ketika belum matang. Proses pematangannya terjadi setelah dipetik. Makanya, Anda pasti lebih sering menemukan alpukat berwarna hijau terang di pasaran daripada yang sudah berwarna ungu.

Jika Anda berencana untuk langsung memakan alpukatnya, belilah yang warna ungu kehitaman (ungu gelap). Namun, jika Anda berniat menyimpannya dulu, belilah yang warna hijau.

2. Tekstur Buah

Tekstur Buah tips memilih buah alpukat

* sumber: www.californiaavocado.com

Langkah kedua dalam tips memilih buah alpukat adalah dengan meraba tekstur buah. Alpukat yang sudah matang akan terasa empuk. Ingat, empuk, ya, bukan benyek.

Cara menekan buah alpukat yang benar bukan menggunakan satu jari, tapi menggunakan seluruh telapak tangan Anda. Hal ini untuk menghemat waktu memeriksa seluruh permukaan alpukat dan menjaga agar alpukat tidak rusak.

3. Tangkai

Tangkai

* sumber: www.kidsfooduniverse.com

Sekarang, lihatlah bagian tangkai alpukat. Jika masih tersisa bagian batang tangkai, petik saja oleh Anda. Lubang yang ditinggalkan batang tangkai akan memperlihatkan warna yang berbeda tergantung tingkat kematangan buah.

Jika lubang itu berwrna hijau, maka alpukat telah matang sempurna. Jika berwarna cokelat muda, berarti alpukat belum matang. Sedangkan jika lubangnya berwarna cokelat gelap atau hitam, maka alpukat sudah terlalu matang.

4. Kupas

Kupas 

* sumber: www.dvo.com

Setelah melalui tiga tahap di atas, sekarang waktunya mengupas alpukat. Selama ini banyak orang mengupas alpukat dari tangkai secara vertikal. Padahal cara yang paling benar untuk mengupas alpukat adalah dari tengah secara horizontal seperti gambar di atas.

5. Daging Buah

Daging Buah

* sumber: cocinamarie.com

Tips memilih buah alpukat yang selanjutnya adalah dilihat dari dagingnya. Buah alpukat yang matang dagingnya lembut dan bersih seperti ini. Jika sudah banyak serat berwarna hitam, berarti alpukatnya sudah terlalu tua (kematangan).

6. Biji Buah

Biji Buah

* sumber: www.usatoday.com

Melihat dari biji merupakan cara tradisional yang biasa digunakan untuk memilih alpukat yang bagus. Biji buah akan mudah terlepas jika alpukatnya sudah matang. Anda cukup menggoyangkan buah alpukat untuk mengetahui kualitas alpukat. Jika bijinya goyang apalagi jatuh, maka buah tersebut sudah layak konsumsi.

7. Mematangkan Alpukat

Mematangkan Alpukat

* sumber: www.foodandwine.com

Alpukat merupakan buah yang tidak bisa matang di pohon, sehingga buah ini harus dipetik dari pohon dan disimpan sampai matang. Nah, untuk mematangkan alpukat dengan cepat, Anda bisa menggunakan kaus kaki alpukat seperti gambar di atas. Atau, Anda tinggal masukkan alpukat ke kantung kertas seperti yang suka Anda dapatkan dari kedai kopi atau fast food. 

8. Menyimpan Alpukat Matang

Menyimpan Alpukat Matang

* sumber: www.thekitchn.com

Jika Anda hanya ingin memakan separuh dari alpukat, maka Anda harus menyimpannya dengan benar. Jika tidak, alpukat akan mudah kering dan busuk. Cara menyimpannya adalah, siapkan kotak kedap udara, lalu masukkan potongan bawang bombai ke dalamnya. Jika Anda menyimpan alpukat utuh yang belum dikupas, maka Anda bisa menyimpannya begitu saja di dalam lemari es.

9. Beri Lemon

Beri Lemon

* sumber: food52.com

Air lemon juga berguna untuk memperlambat pembusukan alpukat. Jika Anda tidak memiliki kotak kedap udara, Anda cukup teteskan perasan lemon di atas alpukat yang telah dibelah separuh. Atau, Anda bisa mengoleskan air lemon dengan cara yang bisa Anda lihat pada gambar di atas.

10. Langsung Konsumsi

Langsung Konsumsi

* sumber: www.delicious.com.au

Tips memilih buah alpukat yang terakhir adalah dengan langsung mengonsumsinya. Buah alpukat cepat sekali berubah kecoklatan (rusak) jika sudah dikupas tapi tidak langsung dimakan. Jadi, sebaiknya buka alpukat dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selesai sudah tips dari Bacaterus tentang alpukat. Semoga informasi ini berguna untuk Anda. Apakah Anda tahu tips lainnya untuk buah alpukat?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

2 Comments

  1. Muhammad Istiawan 7 Juni 2018 at 10:47 - Reply

    Terima kasih atas informasinya …
    Mudah-mudahan bermanfaat ….
    Amin.

    • Bacaterus 7 Juni 2018 at 14:13 - Reply

      Sama-sama. Terima kasih sudah mengunjungi Bacaterus.com. 🙂

Leave A Comment