bacaterus web banner retina

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Website

Ditulis oleh Hilman - Diperbaharui 21 November 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor PERMANEN LINK

Apakah Anda akan membangun sebuah website tapi bingung mulai dari mana? Gak perlu khawatir karena pada dasarnya ketika akan memulai sesuatu yang baru, orang akan kebingungan dulu. Untuk itu informasi ada sebagai solusi dari kebingungan Anda.

Seperti tulisan ini yang akan menjawab kebingungan Anda tetantang memulai sebuah website. Dari mana mulainya? Apa yang harus dilakukan? Dan bagaimana caranya, akan dijawab oleh 5 hal berikut ini.

1. Menentukan Konsep Website

website concept

Ada banyak orang ingin membuat website atau blog. Rata-rata tujuannya tentu untuk menambah pundi uang atau penghasilan. Yang punya toko offline misalnya ingin punya toko versi online. Yang punya jasa, ingin melebarkan jasa agar dikenal banyak orang.

Ada juga orang yang ingin membagun sebuah blog sebagai penghasilan utama mereka. Baik dengan cara melakukan monetasi maupun hanya sebatas halaman profil untuk diarahkan ke penjualan di tempat lain, misalnya ke situs marketplace tempat dia berjualan.

Nah, sebelumnya petakan terlebih dulu atau buatlah konsep website yang Anda inginkan. Website seperti apa dan tujuannya untuk apa? Misal Anda ingin membuat sebuah blog informasi, maka Anda perlu menentukan blog informasi seperti umum atau lebih khusus (niche).

Jika website yang akan dibangun sudah konsep mulai dari tujuan website kedepan dan keperluannya, maka Anda tidak akan kebingungan ketika mengurus website kelak.

2. Nama Domain

domain

Bagi Anda yang belum tahu, domain adalah alamat atau identitas dari website. Sebagai contoh, Wikipedia.com adalah domain dari sebuah situs bernama Wikipedia yang kontennya berisi semacam ensiklopedia. Google.com adalah domain yang merupakan nama dari situs mesin pencari bernama Google.

Umumnya domain memiliki nama yang serupa dengan identitasnya. Jadi misalnya jika Anda punya toko bernama Toko Emas XYZ, Anda bisa menggunakan nama domain www.tokoemasxyz.com. Tentu selama nama tersebut belum ada yang menggunakan.

Untuk itu tentukan identitas domain akan seperti apa. Usahakan untuk nama domain adalah nama yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang. Kalau misalnya namanya sudah digunakan orang, Anda bisa menggunakan variasi nama lainnya.

Alamat www.tokoemasxyz.com misalnya sudah ada yang menggunakan, Anda bisa variasi nama jadi tokoemasanda.com. Namanya bisa beda dengan nama toko Anda tapi topiknya tetap sama.

Jika sudah menentukan nama domain, Anda bisa membeli nama domain tersebut di berbagai registrar. Harga domain untuk .com murah. Umumnya hanya 100 ribuan pertahun. Jika Anda ingin lebih murah, Anda bisa cari promo domain murah dari Hostinger misalnya.

3. Hosting

web hosting

Hosting adalah tempat domain berada ketika diakses. Sederhannya, hosting adalah tempat menyimpan data mirip seperti penyimpanan di komputer atau gadget, bedanya hosting ini menyimpan data situs. Jadi ketika Anda mengakses sebuah situs, Anda sebenarnya sedang mengakses sebuah komputer server di tempat tertentu.

Hosting ini bisa dibeli di berbagai jasa web hosting Indonesia. Biasanya banyak pilihan paketnya, tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda sudah menentukan konsep website dengan baik, Anda tidak akan menemukan paket hosting untuk website Anda.

Apapun paket yang Anda pilih, sebaiknya Anda memilih hosting dari jasa penyedia hosting terpercaya. Mengapa? Karena ada banyak sekali penyedia hosting abal-abal. Ngakunya uptime 99% tapi ternyata sering down.

Jika Anda bingung mencari jasa penyedia hosting, Anda bisa membeli hosting di salah satu jasa hosting terpercaya, Hostinger. Jika ingin coba gratis terlebih dulu, bisa ke https://id.000webhost.com/ yang juga masih bagian dari Hostinger.

Selain itu, Hostinger juga menawarkan layanan website builder. Untuk pemula yang mau membangun website dan tidak mau ribet dengan instalasi website, fitur ini sangat berguna. Anda hanya tinggal klik secara otomatis website akan dibuat lebih mudah. Mirip langkahnya dengan proses instalasi program di sistem operasi Windows. Tinggal klik dan langsung pakai.

hostinger

Hostinger juga punya kelebihan yang membuat hosting ini adalah salah satu layanan terbaik yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Dipercaya lebih dari 29.000.000 klien dari Indonesia maupun luar negeri
  • Fasilitas domaing gratis untuk pembelian paket web hosting premium dan web hosting bisnis
  • Tipe penyimpanan SSD yang lebih cepat dan kapasitasnya tak dihitung (Unlimited Disk Space)
  • Bandwith  unlimited pembelian paket web hosting premium dan web hosting bisnis
  • Backup harian
  • Uptime server 99,9% (jadi bakal gak sering down)
  • Garansi 30 hari uang kembali
  • Bantuan live chat 24 jam 7 hari
contact us

Masih banyak keunggulan dari Hostinger sebenarnya yang akan membuat Anda tergoda untuk memakai jasa hosting ini. Daripada beli yang lain dan abal-abal kan mending langsung yang terpercaya. Buat Anda yang pemula sebaiknya tak perlu coba-coba memakai jasa hosting yang tak terpercaya.

4. Web Desain

web design

Poin keempat yang perlu Anda perhatikan adalah web desain. Jika Anda ingin membangun blog dengan mudah, sebaiknya gunakan CMS WordPress untuk penginstalan. Ada banyak tema atau theme WordPress dengan berbagai macam tampilan desan yang menarik. Cara ini praktis untuk yang terbatas dananya.

Untuk Anda yang memiliki banyak dana, web desain bisa menunjuk ahlinya. Tujuannya agar Anda bisa memiliki website dengan tampilan desain yang sesuai dengan identitas perusahaan Anda. Misalnya, perusahaan Anda identik dengan warna hijau. Kan tidak mungkin tampilan website penuh dengan warna merah dan simbol yang tak ada hubungannya.

5. Konten

content

Setelah 4 poin diatas selesai, maka selanjutnya mengisi konten dari website tersebut. Siapkan konten untuk website Anda. Jika website yang Anda buat adalah company profile, maka kontennya yang berhubungan dengan konten profile perusahaan.

Konten dalam hal ini bukan hanya tulisan, tapi juga gambar, maupun video. JIka website yang Anda buat adalah toko online, tentu website Anda membutuhkan banyak gambar sebagai ilustrasi produk yang Anda jual.

Itulah tadi 5 faktor penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan membuat sebuah website. Semoga membantu, terutama untuk Anda yang baru mulai membuat blog dari awal sekali.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram