Bacaterus / Udang / Inilah Tips Membersihkan Udang Paling Praktis dan Mudah

Inilah Tips Membersihkan Udang Paling Praktis dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Udang adalah sumber protein hewani yang sangat lezat. Udang tinggal diberi garam sedikit saja terus dikukus atau digoreng itu udah enak. Apalagi kalau ditambah bumbu-bumbu yang cocok pasti tambah enak banget.

Selain dagingnya yang sudah lezat dari sananya, udang itu serbaguna. Bisa ditumis, disayur, dijadikan bakso, dijadikan dimsum, digoreng crispy, pokoknya banyak banget yang bisa kamu lakukan dengan udang.

Jika membeli udang segar di tukang sayur, pasar, atau swalayan, kamu pasti mendapatkannya utuh dengan kepala, kaki, cangkang, ekor, nadi, kotoran, semuanya. Sebenarnya kembali lagi ke kamu, mau makan ekor dan cangkang udang atau tidak. Yang jelas, kepala udang biasanya tidak dikonsumsi, tapi bisa dijadikan kaldu. Sedangkan nadi udang merupakan saluran pencernaan mereka juga, jadinya itu kotor.

Buat kamu yang suka masak udang mungkin sudah hapal kalau di bagian punggung udang itu ada ‘vena’-nya. Sebenarnya itu bukan urat nadi udang, melainkan saluran pencernaan mereka.

Kadang mereka terlihat seperti benang tipis bening, tapi kadang ada yang kotor sekali sampai terlihat hitam. Sebenarnya si vena ini tidak berbahaya kalau dikonsumsi. Tapi, mereka tidak enak dipandang, apalagi kalau kamu berencana menyajikannya untuk keluarga, teman, atau untuk dijual, big NO!

Mengupas dan membersihkan udang segar mungkin tampak seperti tugas yang sulit, apalagi kalau kamu membelinya berkilo-kilo. Tapi, jika dilakukan dengan teknik yang tepat, itu akan menjadi hal mudah. Yang kamu butuhkan hanya gunting dapur, pisau kecil, dan tusuk gigi/tusuk sate. Udang-udang yang kamu beli pun siap diolah. Inilah tips mudah membersihkan udang dari Bacaterus.

Cara Mengupas Udang

Sebelum mengolah udang menjadi hidangan yang lezat dan bergizi, sebaiknya kupas dulu udangnya. Tidak sulit untuk mengupas udang, cukup ikuti beberapa langkah ini.

1. Gunting

* sumber: burntlumpiablog.com

Jika kamu mau memasak udang yang dikupas, tanpa kepala, cangkang, dan kaki, ayo ikuti tips ini. Pertama-tama, siapkan gunting. Terus, kamu buang kepala udangnya. Biasanya gampang sih tinggal ditarik pakai jari. Tapi, kalau kamu ngerasa susah, bisa digunting juga. Setelah itu, selipkan guntingmu ke bagian atas cangkang udang, terus gunting deh sampai mentok ke dekat ekor.

2. Kupas

* sumber: burntlumpiablog.com

Kupas cangkang udangnya. Kalau sebelumnya kamu sudah membuang kepala udang langkah ini akan lebih mudah. Tapi kepala udangnya jangan dibuang ke tempat sampah. Soalnya, kamu bisa menyulapnya jadi kaldu homemade yang lezat. Gunakan jari jempol dan telunjukmu untuk mengelupas cangkang udang seperti ketika kamu mengelupas stiker.

3. Buang Ekor

* sumber: norecipes.com

Mau buang ekor udangnya? Boleh. Walaupun biasanya ekor udang sering sengaja disisakan ketika dimasak, kamu bisa membuangnya kalau mau, supaya tidak repot menyisihkan ekor udang saat makan misalnya. Atau, kalau kamu mau membuat resep yang membutuhkan udang cincang, berarti kamu hanya butuh dagingnya saja tanpa embel-embel lainnya dari udang, kan.

Ekor udang tinggal kamu jepit pakai jempol dan telunjuk, terus tahan badan udang dan tarik ekornya perlahan. Kamu mungkin melihat sedikit daging di bagian ekor yang sudah terlepas, tapi kadang ada yang nyangkut di ekor jadi udang kamu buntung. Tapi, tidak apa, jangan merasa rugi karena itu hanya sedikit sekali bagian dari daging udang.

4. Iris dan Buang Kotoran

* sumber: burntlumpiablog.com

Nah, masuk ke bagian inti, nih. Waktunya membuat nadi/kotoran udang. Caranya, siapkan pisau kecil atau pisau buah. Setelah melepaskan cangkangnya, urat udang akan terlihat cukup jelas di punggungnya. Letakkan ujung pisau di tengah punggung udang, lalu bikin sayatan kecil memanjang dari ujung ke ujung.

Jangan terlalu dalam menekan pisaunya kalau tidak mau kotoran udangnya pecah. Nanti kamu akan melihat ada kotoran udang yang memanjang sepanjang tubuh mereka. Kamu bisa mengambilnya menggunakan pisau maupun jari, mencucinya di air mengalir, atau menyekanya dengan tisu dapur.

Teknik Membersihkan Udang Ala Jepang

Pernah tidak melihat acara masak di YouTube dan ketika mereka membersihkan kotoran udang, cangkang udangnya tidak dikupas dulu? Itu adalah teknik memasak dari Jepang. Cara ini memudahkan dan menyingkat waktu untuk mengelupas cangkang udang satu persatu.

Cara ini memang lebih tricky, tapi akan lebih mudah buat kamu ke depannya. Kamu jadi bisa hemat waktu juga, loh! Teknik ini cocok diaplikasikan jika kamu mau memasang udang dengan cangkangnya, ketika sedang buru-buru, atau kalau malas saja, haha.

Tapi, ada juga yang tetap membuang cangkang udang untuk keperluan memasaknya, tapi mereka tetap tidak membelah udang untuk membuang nadinya. Jadi, tekniknya tetap sama hanya udangnya dikupas dulu cangkangnya,. Selain cara unik mengambil nadi udang, orang Jepang juga punya tips mencuci udang supaya rasanya lebih enak dan udangnya lebih plumpy.

1. Buang Kepala dan Cangkang

* sumber: burntlumpiablog.com

Pertama-tama, seperti biasa, buang kepala udangnya. Tarik kepala udangnya. Terus, lanjut dengan cangkangnya kalau kamu mau. Untuk membuang cangkangnya ada cara cepat, yaitu mulai dari ruas ke-3 dari kepala udang.

Karena ruas ke-3 itu ada di tengah-tengah, jadi semua cangkang baik yang depan dan belakang ikut tercabut semua. Jadi, kamu cuma perlu satu langkah saja buat membuang cangkang udang, tidak perlu bagian depan-tengah-ekor. Praktis!

2. Ambil Kotoran dengan Tusuk Gigi

* sumber: www.justonecookbook.com

Nah, ini dia teknik dari orang Jepang untuk men-devein udang. Kamu akan membutuhkan tusuk gigi atau tusuk sate. Nadi udang selalu memanjang dari punggung ke ekor, posisinya terus di situ, tidak berubah. Ini memudahkan kita untuk menerka di mana letaknya. Kamu posisikan dulu udangnya seperti gambar di atas, pastikan pegangan kamu cukup kencang agar udang tidak jatuh.

Sekitar di ruas ke-2 tubuh udang, tusuk dengan alat yang tadi sudah disiapkan. Dikira-kira, ya, tusuknya harus di bawah nadi udang. Jangan terlalu bawah, nanti daging udangnya rusak.

Angkat tusukan yang kamu gunakan, dan kamu akan melihat kotoran udang ikut terangkat. Kamu bisa menyubitnya menggunakan jari atau melanjutkan tarikan dengan tusukan tadi. Jika nadi udang putus, turun satu ruas dan lakukan hal yang sama.

3. Cuci dengan Tepung Kentang

* sumber: www.justonecookbook.com

Kalau udangnya sudah bersih dari nadi, lanjutkan dengan teknik mencuci udang ala orang Jepang ini, yuk! Buat orang Jepang, mencuci udang di air mengalir belum cukup. Tidak afdol rasanya kalau tidak mencuci udang pakai tepung kentang.

Taburkan tepung kentang secukupnya lalu gosok dan remas udang perlahan-lahan. Tepung kentang dipercaya bisa menyerap bau dan partikel kotoran dari udang yang tak kasat mata. Kamu akan kaget melihat betapa kotornya tepung kentangmu saat membilas udang nanti! Selain tepung kentang, kamu bisa juga pakai tepung jagung.

Membersihkan Udang Frozen

* sumber: www.bonappetit.com

Ada juga udang frozen, kan. Kalau kamu beli udang frozen, ini tipsnya. Mungkin akan muncul pertanyaan, lebih aman mana udang beku dengan udang segar? Sebenarnya kalau kamu beli udang ‘segar’ pun sebelumnya mereka sudah dibekukan dari tangan pertamanya untuk disebarkan ke pasar-pasar dan swalayan, kan? Jadi, udang yang benar-benar kamu beli dalam keadaan frozen pun tidak ada bedanya.

Berbeda dengan ikan dan ayam yang dibekukan, mereka harus punya titik kematangan yang pas agar terbebas dari bakteri. Sedangkan udang memiliki ukuran yang kecil jadi mereka cepat matang. Malah kalau kamu masak udang frozen, mereka terasa lebih juicy dan empuk karena mengandung air.

Cara membersihkan udang frozen, pertama kamu bilas udang menggunakan air dingin untuk menghilangkan kristal es-nya. Gunakan saringan dan bilas di air mengalir selama 1 menit.

Langkah ini akan menghilangkan kristal es dan memisahkan udang beku yang saling menempel. Terus, langsung masak, deh. Kamu bisa memarinasi udang, melumuri udang dengan tepung, menumisnya, apapun itu terserah kamu. Udangnya sudah bersih ini!

Untuk devein udang frozen akan lebih sulit karena biasanya udang frozen berukuran kecil-kecil. Mereka juga masih dalam keadaan beku, jadi sulit disayat menggunakan pisau apalagi jika menggunakan metode Jepang tadi. Jadi, tidak perlu di-devein juga tidak apa-apa.

Gimana, sekarang udah tahu kan cara membersihkan udang yang praktis dan mudah? Selain cara yang biasa, kamu juga bisa gunakan teknik membersihkan udang ala Jepang. Pernah mencoba salah satunya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *