Bacaterus / Ikan / 10 Tips Membersihkan Ikan yang Baik dan Benar, Anti Amis!

10 Tips Membersihkan Ikan yang Baik dan Benar, Anti Amis!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada banyak bahan makanan yang bisa kita olah untuk kemudian dikonsumsi. Terlepas dari hal tersebut, tentunya bahan makanan yang ada perlu untuk dibersihkan terlebih dahulu, agar terjamin kebersihannya. Setiap makanan yang masuk ke mulut kita harus bersih dan segar, bukan? Salah satunya adalah olahan ikan.

Ikan adalah bahan makanan yang kaya akan protein, mineral, asam lemak omega-3, dan vitamin K. Tak hanya itu, ikan juga mempunyai segudang manfaat lainnya bagi Kesehatan tubuh, lho!

Manfaat ikan bagi Kesehatan kamu antara lain meningkatkan fungsi otak, menjaga Kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung, baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, menjaga kesehatan mata, hingga menjaga kesehatan kulit. Wah, banyak, ya?

Maka dari itu, sebelum ikan dimasak, ada baiknya untuk dibersihkan dengan baik dan benar terlebih dahulu. Membersihkan ikan enggak sulit, kok! Kamu bisa mengikuti sepuluh langkah sederhana membersihkan ikan di bawah ini, ya! Apa saja tipsnya? Yuk, kita mulai!

1. Rendam Ikan dengan Air Hangat

Rendam Ikan dengan Air Hangat

Dalam membersihkan ikan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memasukkan ikan ke dalam wadah dan merendamnya di air hangat. Gunanya ialah supaya bakteri yang menempel pada ikan dapat hilang dengan seketika.

Nah, enggak cuma itu, untuk mengurangi aroma amis, kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit taburan garam pada ikan.

Kamu bisa merendam ikan selama kurang lebih 10 menit, sebelum akhirnya membersihkan sisik pada ikan. Enggak hanya untuk menghilangkan aroma amis, lendir pada ikan juga akan berkurang dan sisik ikan akan lebih mudah dibersihkan, serta menjadi lebih lunak.

2. Pakailah Sarung Tangan

Pakailah Sarung Tangan

Untuk menjaga kebersihan, sebelum membersihkan ikan, ada baiknya supaya kamu mencuci tangan. Dengan begitu, kuman yang menempel di tangan kamu enggak ikutan nempel di ikan. Gunakan juga sarung tangan, ya! Jika kamu melakukan persiapan tersebut, tangan kamu akan terhindar dari bau amis, dan enggak luka akibat sisik ikan.

Kamu bisa menggunakan sarung tangan plastik, atau sarung tangan karet sebagai pelindung ketika membersihkan ikan. Jika enggak ada sarung tangan, pastikan kamu hati-hati ketika memegang pisau saat membersihkan sisik ikan.

3. Cuci Ikan dengan Air Dingin Mengalir

Cuci Ikan dengan Air Dingin Mengalir

* sumber: www.soco.id

Setelah ikan selesai direndam selama kurang lebih 10 menit, kamu bisa melanjutkannya dengan mencuci bersih ikan dengan air dingin mengalir, melalui keran di wastafel dapurmu. Gunakan saja air mengalir yang kecil, jangan terlalu besar supaya cipratan airnya enggak membasahi kamu.

Kemudian, cucilah ikan sampai bersih, hingga ke sela-sela dalam bagian tubuh ikan. Pastikan enggak ada bagian yang terlewat, ya guys!

4. Gunakan Talenan Kayu

Gunakan Talenan Kayu

Saat membersihkan ikan, kamu enggak bisa hanya bermodalkan pisau saja. Kamu juga perlu alas. Gunakanlah talenan kayu yang ada di dapurmu. Talenan kayu jauh lebih baik, dibandingkan dengan talenan berbahan dasar lain. Tekstur talenan kayu yang kasar, dapat membuat ikan enggak mudah bergeser saat dibersihkan.

Jika enggak ada talenan kayu, kamu bisa membersihkannya langsung di wadah, atau di wastafel dengan catatan, bersihkan terlebih dahulu tempat yang akan kamu gunakan. Kebersihan itu nomor satu, ya!

5. Miringkan Pisau

Miringkan Pisau

* sumber: www.thespruceeats.com

Ketika membersihkan ikan, pastikan pisau yang kamu gunakan sudah diasah dan enggak tumpul. Kalau pisau yang kamu gunakan tumpul, kamu akan kesulitan ketika mengikis sisik ikan.

Cara yang benar dalam membersihkan ikan ialah pegang ikan dengan menggunakan tangan kiri. Kemudian, gunakan tangan kanan untuk mengikis sisik ikan. Peganglah punggung pisau dengan hati-hati. Lakukan posisi memiringkan pisau ini untuk memudahkan pengikisan sisik. Jangan tegak!

Bersihkan sisik ikan dimulai dari bagian ekor ikan, lalu tarik hingga ke arah kepala ikan. Kikis sisik ikan hingga bersih pada kedua sisi badan ikan. Pastikan enggak ada sisik yang tersisa.

6. Belah Perut Ikan

Belah Perut Ikan

* sumber: www.dictio.id

Setelah dirasa semua sisik pada kedua sisi badan ikan sudah bersih, belahlah perut ikan. Kemudian keluarkan semua isi dalam perut ikan. Pastikan kamu hati-hati dalam melakukannya. Jangan sampai empedu pada ikan pecah di dalam.

Jika empedu pecah, maka seluruh daging pada tubuh ikan akan terasa pahit saat dimakan. Tak hanya itu, kamu juga harus membersihkan insang ikan, bagian kepala, dan potong beberapa bagian sirip ikan atau ekor ikan. Sesuaikan saja seleramu. Sirip dan ekornya, dipotong atau enggak.

7. Cuci Ikan Kembali

Cuci Ikan Kembali

Selanjutnya, saat isi perut ikan sudah bersih, dan beberapa bagian ikan sudah dipotong, letakkan kembali ikan di bawah air yang mengalir untuk dibilas.

Kembalilah cuci ikan di air yang mengalir hingga bersih. Masukan jarimu ke sela-sela tubuh ikan, dan buka bagian kepalanya untuk dicuci. Fungsinya adalah untuk memastikan enggak ada kotoran dan darah yang tersisa.

8. Gunakan Kantong Plastik

Gunakan Kantong Plastik

Saat memasak, tentu kamu enggak ingin bahan masakan mengotori dapurmu, kan? Maka dari itu, supaya sisik dari ikan yang sudah dibersihkan enggak mengotori wastafel ataupun dapur kamu, gunakanlah kantong plastik atau trash bag sebagai wadah pembuangan.

Caranya, saat kamu selesai membersihkan sisik pada ikan, ambil semua sisik ikan menggunakan tanganmu, dan buang ke kantong plastik yang sudah kamu sediakan. Ada baiknya, letakan kantong plastik tersebut di dekat wastafel, supaya memudahkan kamu saat membuangnya. Dengan begitu, sisik ikan enggak akan terbuang ke saluran pembuangan, dan enggak membuat saluran mampet.

9. Balurkan Jeruk Nipis atau Cuka

Balurkan Jeruk Nipis atau Cuka

* sumber: www.afrolems.com

Setelah delapan tahap sudah kamu selesaikan, lanjut ke tahap selanjutnya. Taruhlah ikan ke dalam wadah yang sudah dicuci bersih. Kemudian, balurkan ikan dengan perasan jeruk nipis ataupun cuka.

Hal tersebut berfungsi untuk memastikan kembali bahwa ikan enggak akan berbau amis ketika dimakan. Lalu, diamkan kembali ikan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas kembali ikan dengan air mengalir.

10. Simpan Ikan di Kulkas

Simpan Ikan di Kulkas

* sumber: parenting.orami.co.id

Tahap terakhir dalam membersihkan ikan ialah taruh kembali ikan di dalam wadah. Wadah tertutup ataupun terbuka. Simpan ikan yang sudah selesai dibersihkan tersebut di dalam kulkas, lebih tepatnya di dalam freezer agar ikan selalu dalam keadaan segar.

Jika kamu ingin langsung memasaknya, pastikan air pada tubuh ikan sudah kamu tiriskan, ya. Hal itu berfungsi supaya saat ikan digoreng, minyak pada wajan enggak meletup-letup dan melukai kamu. Hati-hati, ya!

Nah, itulah sepuluh tips dan langkah membersihkan ikan yang bisa kamu praktekkan. Dari semua tips yang ada, tetap pastikan bahwa ikan yang kamu pilih adalah ikan yang segar, ya! Enggak Cuma itu, saat membersihkan ikan, kamu juga harus memastikan bahwa ikan sudah bersih dengan baik dan benar. Selamat mencoba, guys! Jangan lupa untuk turut membaca artikel jenis ikan yang paling banyak dimakan di dunia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *