Bacaterus / Ikan Lele / 5 Tips Aman Membersihkan Ikan Lele Sebelum Dimasak

5 Tips Aman Membersihkan Ikan Lele Sebelum Dimasak

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lele merupakan ikan yang memiliki beragam kandungan nutrisi penting untuk tubuh, termasuk asam lemak omega-3, protein, juga vitamin B kompleks. Dalam 100 gram ikan lele terkandung energi 229 kilokalori. Untuk kandungan protein, setiap 100 gram ikan lele mengandung sekitar 18 gram.

Karbohidrat yang terkandung dalam ikan lele sebanyak 8 gram, serat 0,7 gram serta lemak 13 gram. Jadi, sebenarnya ikan lele itu tidak mengandung racun atau zat berbahaya yang bisa memicu kanker atau zat karsinogenik bagi tubuh manusia.

Tips Membersihkan Ikan Lele yang Aman

Tips Membersihkan Ikan Lele yang Aman

* sumber: komunitaspenyuluhperikanan.blogspot.com

Apakah kamu termasuk orang yang senang dengan ikan lele? Ikan lele adalah salah satu dari tiga ikan lokal Indonesia yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, bahkan tidak kalah dari ikan salmon yang mahal itu. Ikan lele bisa diolah menjadi beragam makanan, salah satunya yaitu pecel lele.

Namun terkadang niatan itu hilang karena rasa malas. Ketika menyadari kalau membersihkan ikan lele akan lumayan merepotkan, apalagi berisiko terkena patil ikan lele, membuat kamu jadi mundur. Jangan khawatir karena ada tips membersihkan ikan lele yang bisa kamu coba. Simak tipsnya di sini.

1. Masukkan Ikan Lele ke dalam Air Bersih (Berok)

Masukkan Ikan Lele ke dalam Air Bersih (Berok)

* sumber: indonesiansportfishing.blogspot.com

Bila kamu membeli ikan lele dalam keadaan masih hidup, sebaiknya lele diberok terlebih dulu selama seharian. Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu diberok?

Jadi diberok itu adalah ikan lele dipelihara di air yang mengalir untuk beberapa hari dengan tujuan untuk membersihkan organ dalamnya. Jangan lupa untuk menggunakan air bersih pada proses tersebut.

2. Pukul Kepala Ikan Lele Memakai Ulekan atau Cobek Palu

Pukul Kepala Ikan Lele Memakai Ulekan atau Cobek Palu

* sumber: bioboostsakti.blogspot.com

Ikan lele tak bisa dibersihkan begitu saja secara langsung sesudah proses berok. Supaya lele tidak bergerak-gerak, kamu bisa mencoba membuat ikan lele mati atau pingsan dengan cara memukul bagian kepalanya.

Supaya tidak dipatil oleh ikan lele,  jangan lupa sebagai perlindungan, pakailah sarung tangan ketika memegang kepalanya saat akan dipukul. Caranya yaitu dengan meletakkan kepala lele pada talenan kayu. Kemudian pukul beberapa kali kepalanya sampai lele tidak bergerak sama sekali.

3. Gosok Ikan Lele dengan Abu Gosok atau Garam

Gosok Ikan Lele dengan Abu Gosok atau Garam

* sumber: sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id

Karena badan ikan lele itu sangat licin, sebaiknya terlebih dahulu kamu membersihkan lendirnya. Caranya melakukannya relatif mudah, cukup kamu gosok garam atau abu gosok pada badan lele sampai lendirnya benar-benar hilang. Sesudahnya barulah bilas ikan lele hingga bersih di air mengalir.

4. Buang Insang Serta Isi perut Ikan Lele

Buang Insang Serta Isi perut Ikan Lele

* sumber: sahabatdapur.com

Ada trik khusus agar isi perut ikan lele lebih mudah dibersihkan. Pertama-tama, buat sayatan melintang pada leher ikan lele kemudian dari sayatan pertama buat sayatan tegak lurus, arahkan sayatan ke arah ekor. Setelah itu, rogoh isi perut lele memakai jari tangan hingga benar-benar bersih.

Ketika akan membersihkan insang, masukan jari kamu melalui celah kecil yang berada di bawah kepala ikan lele kemudian ambil insangnya. Sesudah itu barulah kamu membilas kembali ikan lele di air yang mengalir hingga bersih.

5. Lumuri Ikan Lele dengan Lemon atau Air Jeruk Nipis

Lumuri Ikan Lele dengan Lemon atau Air Jeruk Nipis

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=IuVwz6DkMGI

Terkadang meskipun ikan lele sudah dibersihkan, tetap saja masih ada bau amis yang tertinggal. Untuk menghilangkan bau amis itu, lumurkan air perasan lemon atau jeruk nipis pada ikan lele yang telah bersihkan tadi.

Diamkan untuk beberapa saat sampai hilang bau amisnya. Sesudah itu kamu bisa dengan leluasa  mengolah ikan lele menjadi aneka masakan yang kamu sukai.

Baca juga: 9 Jenis Ikan lele yang Biasa Dikonsumsi dan Dibudayakan

Cara Cepat dan Aman Mematikan Ikan Lele

Cara Cepat dan Aman Mematikan Ikan Lele

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Fh1W56XM4RI&app=desktop

Pernah kebingungan bagaimana cara mematikan ikan lele? Selain cara  yang umum dilakukan, yaitu dengan memukul bagian kepalanya dengan benda tumpul atau juga mematahkan bagian kepalanya, ternyata ada cara lain. Cara ini juga ampuh dan lebih cepat untuk mematikan ikan lele.

Ternyata cara cepat untuk mematikan ikan lele yaitu dengan memakai larutan air garam. Cara ini membuat ikan lele bisa lebih cepat mati serta meminimalkan kerusakan daging juga tubuh ikan lele. Kulit lele pun akan jadi kesat  sehingga memudahkan untuk memegang dan memprosesnya.

Lalu bagaimana cara mematikan ikan lele dengan menggunakan larutan garam? Mudah sekali kok. Intinya buatlah air berasa asin seperti air laut.  Caranya yaitu dengan melarutkan sekitar  1ons garam dapur (NaCl) ke  dalam 1 liter air.

Sesudah itu masukkan ikan lele yang akan dimatikan ke dalam ember atau bak yang sudah  diisi campuran larutan tadi.  Pastikan, tutup rapat-rapat tempatnya supaya lelenya tidak melarikan diri atau melompat dari dalam ember.

Tunggu sekitar 10 sampai dengan 15 menit, biasanya sesudah itu ikan lele akan mati dan siap tuntuk diproses ke tahap selanjutnya. Sekarang buang isi perutnya, dan selanjutnya kamu bisa memproses menjadi fillet atau dipotong-potong biasa sesuai keinginan lalu goreng.

Mungkin kamu agak sedikit bingung bagaimana cara menyembelih lele? Ternyata caranya sama saja dengan menyembelih ayam. Bedanya yang disembelih adalah daerah sekitar perut yaitu di bawah batok kepala ikan lele.  Meski merepotkan tapi cara ini lebih manusiawi.

Tips Simpel Menghilangkan Lendir dan Bau Amis Ikan Lele

Bila di atas sudah dibahas cara untuk mengolah atau memasak lele, tips berikut ini adalah cara untuk menghilangkan bau amis serta lendir yang menempel pada ikan lele. Sering kali menghilangkan lendir dari tubuh ikan lele cukup menyulitkan.

Lendir yang ada pada ikan lele yang membuatnya sangat licin ketika dipegang sehingga proses pengolahannya menjadi terhambat.  Untuk menghilangkan bau amis dan lendir ikan lele, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti. Berikut ini tips yang simpel yang bisa kamu coba untuk masalah tersebut.

  • Pakai Tepung Terigu
Pakai Tepung Terigu

* sumber: www.bogasari.com

Baluri ikan lele dengan tepung terigu sesudah dicuci bersih dan dibuang kotorannya. Tepung terigu itu dibalurkan sambil diremas-remas. Sesudahnya barulah cuci lagi ikan lele dengan air mengalir hingga bersih. Kamu akan merasakan permukaan kulit ikan lele menjadi lebih kesat sehingga mudah diolah.

  • Garam, Asam Jawa, dan Bubuk Kunyit

Garam, Asam Jawa, dan Bubuk Kunyit

Cara berikutnya untuk menghilangkan lendir dari ikan lele yaitu dengan menggunakan bahan-bahan seperti garam, asam jawa dan kunyit. Campurkan garam 1/2 sendok makan, ditambah asam Jawa sebanyak 2 ruas ibu jari, dan bubuk kunyit 1/4 sendok teh. Jangan lupa tambahkan air 2-3 sendok makan.

Ikan lele yang telah disiangi sebelumnya tinggal dilumuri dengan campuran tadi. Jangan lupa lele harus remas-remas. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit dan selanjutnya bilas dengan air mengalir.

  • Pakai Air Jeruk Nipis dan Garam
Pakai Air Jeruk Nipis dan Garam

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=HZaTo79e6BY

Untuk mengatasi lendir dan bau amis pada ikan lele, cara yang satu ini juga ampuh. Cukup siapkan air perasan jeruk nipis secukupnya kemudian campur dengan garam. Setelah itu baluri permukaan ikan lele dengan campuran tersebut secara merata.

Selain dibaluri, kamu juga bisa merendam ikan lele dalam campuran tersebut selama 10 menitan. Tujuannya untuk memastikan bau amis hilang terlebih dulu.

  • Pakai Kunyit dan Garam
Pakai Kunyit dan Garam

* sumber: www.honestdocs.id

Bahan lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan amis dan lendir adalah kunyit dan garam. Cukup ulek kedua bahan sampai halus. Kemudian tambahkan sedikit air lalu pada campuran tersebut. Sekarang lumuri  tubuh lele dengan campuran ini sebelum digoreng.

Setelah digoreng ikan lele akan terasa lebih gurih jika diproses dengan cara ini. Kamu bisa memilih alternatif atau cara yang lain jika dirasa campuran ini akan mempengaruhi resep dan rasa.

  • Pakai Daun Jambu Biji dan Garam
Pakai Daun Jambu Biji dan Garam

* sumber: www.hamidahjauhary.com

Ikan lele bisa jadi lebih kesat jika diberikan lumuran dua bahan ini, yaitu daun jambu biji dan garam. Caranya yaitu, sobek-sobek daun jambu biji kemudian campur dengan garam kasar. Gunakan campuran untuk menghilangkan lendir dengan cara menggosok permukaan kulit ikan lele dengan campuran ini.

Nah, itulah tips untuk membersihkan ikan lele yang aman dari bahaya patilnya. Selain cara membersihkan, ada juga tips untuk cara mematikan dan menghilangkan lendir serta bau amisnya. Jadi, kamu tak lagi kesusahan ketika ingin membuat olahan dari ikan lele. Selamat berkreasi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *