Bacaterus / Rumah / 10 Tips Membersihkan Bekas Stiker dengan Cepat & Mudah

10 Tips Membersihkan Bekas Stiker dengan Cepat & Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Setiap benda yang baru biasanya memiliki stiker, seperti stiker barcode dan segel yang menandakan keaslian barang. Ada stiker yang mudah dilepaskan, tapi ada juga yang sulit dilepaskan. Biasanya stiker pada barang-barang berbahan dasar plastik dan stainless steel akan lebih mudah dilepaskan, karena stikernya tidak menempel terlalu kuat. Akan tetapi, jika stikernya dibiarkan terlalu lama, apa pun bendanya, maka stiker akan sulit dilepaskan.

Belum lagi jenis-jenis stiker lainnya seperti stiker motor, stiker nama, stiker pelapis casing laptop, dan masih banyak lagi jenis stiker lainnya. Biasanya stiker-stiker ini lebih sulit dilepaskan daripada stiker barcode. Stiker-stiker yang sulit dilepaskan akan meninggalkan bekas seperti sisa lem dan kertas/plastik yang terlihat jelek. Walaupun begitu, kali ini Bacaterus akan memberikan tips membersihkan bekas stiker dengan mudah. Berikut cara-caranya:

10 Tips Membersihkan Bekas Stiker dengan Mudah

1. Gosok Menggunakan Jari

Tips Membersihkan Bekas Stiker

Langkah pertama dalam tips membersihkan bekas stiker adalah dengan menggosok sisa stiker menggunakan jari. Dorong terus sisa stiker menggunakan jari Anda hingga stiker terangkat seluruhnya.

Untuk memudahkan Anda, basahi terlebih dahulu sisa stiker tersebut dengan air yang banyak. Karena bagian dalam stiker biasanya terbuat dari kertas, maka air dapat melunakkan kertas stiker, sehingga memudahkan dalam proses pengangkatan.

2. Gosok Menggunakan Kuku

Gosok Menggunakan Kuku

Langkah ke dua, buat Anda yang kukunya agak panjang, bisa dimanfaatkan tuh buat mengangkat sisa stiker! Cara ini merupakan cara tercepat dalam mengangkat sisa residu stiker. Anda bisa melakukannya kapan saja, di mana saja, tanpa perlu tambahan alat lainnya. Cukup gosok-gosok sisa stiker menggunakan kuku, dan stiker pun akan terangkat sempurna.

3. Aseton

Viva Nail Polish Remover

Tips membersihkan bekas stiker yang ke-3 adalah dengan nail polish remover atau yang lebih dikenal dengan sebutan aseton di Indonesia. Selain berguna untuk mengangkat cat kuku, aseton juga bisa Anda manfaatkan untuk mengangkat sisa stiker yang membandel!

Caranya, cukup mudah. Anda tinggal siram atau bubuhkan aseton dengan kapas pada sisa stiker, lalu mulai scrub menggunakan sendok. Jangan gunakan jari Anda, karena aseton tidak baik jika terkena kulit. Anda bisa juga merendam benda yang ada sisa stikernya dengan aseton selama 10 menit, baru melakukan proses scrubbing. 

4. Benda Tajam

Benda Tajam

Anda bisa banget memanfaatkan benda dengan ujung tajam seperti garpu, pisau, gunting, dan kartu ATM atau kartu kredit bekas. Iya, Anda bisa pakai kartu lama Anda untuk mengangkat residu stiker. Jangan pakai kartu ATM baru, ya, sayang nanti kotor.

Caranya? Tinggal gosokkan saja benda-benda tersebut pada permukaan benda yang ada sisa stikernya. Untuk pisau jangan gunakan ujungnya, tapi gunakan bagian tengahnya saja seperti ketika Anda akan memotong sayuran, lalu kerik sisa stiker hingga habis.

5. Tisu Basah

Tisu Basah

Jika Anda malas membasahi handuk untuk mengangkat sisa stiker, ambil langkah simpel saja. Gunakan tisu basah untuk membersihkan sisa stiker tersebut. Anda bisa menaruh tisu basah di atas sisa stiker selama beberapa menit, agar cairan dari tisu merembes ke dalam stiker. Setelah itu, gosok sisa stiker hingga terangkat sempurna.

6. Cuka

Cuka

Selain berguna untuk menyedapkan makanan, cuka juga bisa bermanfaat untuk membersihkan barang-barang dapur. Lalu, cuka juga dapat digunakan dalam tips membersihkan bekas stiker. Anda bisa menggunakan handuk atau lap yang telah ditetesi cuka, lalu gosokkan pada sisa stiker. Jika kekuatannya masih kurang, Anda bisa meneteskan cuka kepada stikernya langsung.

7. Minyak Goreng

Minyak Goreng

Ternyata banyak sekali barang-barang dapur yang multifungsi, ya? Selain digunakan untuk memasak, minyak goreng juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan barang dari residu stiker. Langkahnya mirip seperti ketika Anda menggunakan alat bantu lainnya. Cukup teteskan minyak goreng pada sisa stiker, lalu gosok menggunakan sendok atau pisau.

8. Selai Kacang

Selai Kacang

Wah, ini sih makanan favorit untuk sarapan! Roti akan terasa hambar tanpa selai, bukan? Selai kacang merupakan pendamping roti yang paling terkenal setelah selai cokelat dan selai buah-buahan lainnya. Tapi, kali ini kita tidak akan memakan selai kacangnya.

Selai kacang akan digunakan untuk mengangkat sisa stiker. Caranya, balurkan peanut butter pada sisa stiker, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, angkat selai dengan tisu atau lap. Selai kacang dapat digunakan karena selai ini mengandung minyak alami yang terbentuk dari kacang.

Walaupun selai kacang bisa digunakan untuk mengangkat sisa stiker, tapi kemungkinan besar masih ada beberapa spot stiker yang masih menempel. Jika itu terjadi, Anda tinggal menggosoknya saja menggunakan jari atau kuku.

9. Cairan Pembersih

 Cairan Pembersih 

Sudah jelas, kalau cairan pembersih khusus pasti bisa dipakai untuk membersihkan apa saja. Anda bisa membeli cairan pembersih dapur di mini market atau swalayan terdekat di kota Anda.

Cara menggunakannya? Anda tinggal semprotkan (jika berbentuk spray) dan tuang (jika berbentuk krim) cairan pembersih pada sisa stiker. Tunggu beberapa menit hingga cairan menguraikan sisa stiker dengan sendirinya, lalu bersihkan dengan lap atau tisu.

10. Mayones

Mayones

Anda mungkin heran, kenapa mayones bisa masuk ke dalam list tips membersihkan bekas stiker. Mayones dapat mengangkat sisa stiker karena mengandung cuka dan minyak. Jika stiker menempel pada barang-barang selain baju, kayu dan plastik, mayones dapat berguna dengan baik untuk mengangkat stiker.

Ya, itu dia 10 tips membersihkan bekas stiker dari Bacaterus. Anda dapat mengaplikasikan cara-cara ini untuk mengangkat sisa stiker pada handphone, motor, kaca, piring, gelas, laptop, tv, apa pun itu barangnya. Apakah Anda punya tips lainnya dalam mengangkat sisa stiker yang membandel? Jika ada, beritahu kami di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *