bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 7 Tips Membeli Smartphone Gaming Murah Tapi Bagus

7 Tips Membeli Smartphone Gaming Murah Tapi Bagus

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 4 Mei 2021

Bermain game online sudah menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan saat ini. Tak heran jika produsen smartphone pun berbondong-bondong mengeluarkan seri smartphone gaming dengan spesifikasi gahar dan juga harga yang variatif.

Smartphone kelas mid-range saat ini juga banyak yang menyandang status sebagai smartphone gaming yang mumpuni meski spesifikasinya tidak setinggi seri Flagship. Namun, ini bisa jadi pilihan yang pas jika Anda punya budget terbatas untuk membeli smartphone gaming yang baru.

Jika Anda mencari smartphone gaming dengan harga murah tapi kualitas yang tidak murahan, berikut ada tips yang bisa jadi inspirasi Anda dalam membeli smartphone gaming baru.

1. Kenali jenis chipset

snapdragon 888 (Copy)

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih smartphone gaming dengan chipset yang tepat sehingga bermain game jadi lebih lancar, anti lag, dan visualnya jernih.

Chipset merupakan komponen penting dalam smartphone yang menjadi ‘otak’ performa dan kinerja dari sebuah smartphone. Chipset terdiri dari banyak komponen dengan fungsi yang berbeda-beda untuk mendukung kinerja sebuah smartphone, seperti prosesor dan GPU.

Chipset untuk gaming biasanya akan menggunakan model terbaru, tapi ada juga chipset keluaran lama yang masih oke jika dipakai untuk bermain game. Contohnya, saat ini chipset paling tinggi dan asyik dipakai gaming adalah Snapdragon 888 yang ada di smartphone kelas flagship.

Jika budget Anda terbatas, Snapdragon seri 600 juga sudah mumpuni untuk dipakai bermain game dengan lancar. Namun, perhatikan juga kombinasi GPU, RAM, dan juga memori internal agar kegiatan gaming semakin lancar.

2. Perhatikan jumlah core pada prosesor

snapdragon-665 (Copy)

Prosesor merupakan  bagian dari chipset yang tak kalah pentingnya dalam mendukung kemampuan smartphone untuk dipakai bermain game dengan grafis tertinggi sekali pun. Anda perlu memperhatikan jumlah core pada prosesor smartphone yang dilirik.

Akan tetapi sebagai info, besarnya jumlah core sebuah prosesor juga tidak 100% menjamin kecepatan performa smartphone. Anda harus teliti melihat pembagian core dan clock speed prosesor yang dibenamkan dalam sebuah smartphone.

Contoh prosesor yang sudah mumpuni dipakai untuk gaming adalah quad core atau 4 inti. Misalnya seperti yang ada di Redmi Note 8, smartphone ini menggunakan Snapdragon 665 Octa-Core dengan clock speed hingga 2,0GHz yang cocok dipakai bermain PUBG Mobile dan game dengan grafis tinggi lainnya.

3. RAM & memori internal

ram dan rom (Copy)

Tips selanjutnya adalah tetap memperhatikan kapasitas RAM dan memori internal smartphone yang ingin Anda beli. Ukuran RAM yang besar termasuk penting karena game Anda akan disimpan sementara di sini saat diakses oleh prosesor dan juga GPU, sedangkan memori internal digunakan untuk menyimpan data game dan aplikasi lainnya secara permanen.

Demi kenyamanan bermain game, ada baiknya Anda membeli smartphone dengan RAM minimal 3GB dan memori internal 32GB. Jangan khawatir, karena saat ini smartphone kelas menengah pun banyak yang sudah memiliki spesifikasi ini. Redmi Note 8 contohnya. Varian ram dan memori internal Redmi Note 8 terdiri dari 3GB/32GB, 4GB/64GB dan 6GB/128GB.

4. Ukuran layar & resolusi

redmi note 8 (Copy)

Game mobile populer saat ini biasanya hadir dengan grafis memukau yang memberikan pengalaman tersendiri saat memainkannya. Untuk pengalaman gaming yang lebih menyenangkan, perhatikan juga bagian layarnya.

Belilah smartphone yang minimal memiliki besar layar 6 inci untuk visual yang lebih jelas. Selain itu, perhatikan juga resolusinya, dimana layar smartphone minimal beresolusi 1080p (Full HD) untuk membuat pengalaman gaming yang lebih seru lagi.

5. Kapasitas baterai & fitur fast charging

baterai redmi note 8 (Copy)

Bukan hal baru lagi jika bermain game akan cepat menguras baterai smartphone. Maka dari itu pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai besar sehingga bisa dipakai lebih lama.

Selain itu fitur fast charging juga penting karena Anda bisa memangkas waktu charge menjadi lebih cepat sehingga bisa punya waktu lebih banyak untuk bermain game.

6. Speaker

Speaker redmi note 8 (Copy)

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan adalah speaker. Meski Anda bisa bermain game dengan menggunakan earphone, namun bermain game dengan volume full juga meninggalkan kesan tersendiri bukan?

Maka dari itu teknologi audio yang dibenamkan pada smartphone incaran Anda juga perlu diperhatikan. Contohnya pada Redmi Note 8 sudah menggunakan speaker ultra-linier yang punya ruang suara super besar 0,93cc yang tentunya bisa menambah keseruan saat bermain game dengan audio aktif.

7. Sistem operasi

android 11 (Copy)

Sistem operasi dan juga antarmuka smartphone juga memiliki pengaruh pada performa smartphone lho! Saat ini Android 11 merupakan versi paling tinggi, namun Android 8 ke atas juga sudah mumpuni untuk diajak bermain game online.

Itulah tadi tips beli smartphone gaming murah tanpa mengorbankan kualitasnya. Tenang saja, saat ini sudah ada banyak smartphone kelas mid-range yang mumpuni untuk dipakai main game online. Kisaran harganya pun di harga Rp 3-4 jutaan saja. Masih masuk budget Anda, kan?

Semoga tips di atas dapat membantu Anda menemukan smartphone gaming yang pas sesuai keinginan dan juga budget.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram