Bacaterus / 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Sepatu Online

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Sepatu Online

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2019

Saat ini membeli sepatu secara online adalah pilihan favorit sebagian orang. Selain lebih efektif dan efisien, harga sepatu yang dijual online biasanya lebih terjangkau dibandingkan harga sepatu di toko fisik.

Salah satu penyebabnya adalah produsen tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mengirim produk mereka dari pabrik ke toko fisik. Dengan menjual secara online, mereka bisa langsung mengirim sepatu dari pusat produksi langsung ke tangan konsumen.

Meskipun demikian, membeli secara online bisa cukup beresiko bagi kedua belah pihak. Oleh karena itu, baik penjual maupun pembeli harus sudah mengetahui posisi dan kewenangan mereka dengan baik sebelum transaksi dimulai.

Nah, khusus bagi calon pembeli, kali ini Bacaterus akan memaparkan beberapa tips penting yang bisa dilakukan sebelum membeli sepatu secara online.

1. Mengetahui Ukuran Kaki dan Sepatu

Ukuran Sepatu

Kamu harus sudah mengetahui ukuran kaki sebelum siap membeli sepatu secara online. Jika kamu tidak ingin mengalami kekecilan atau kebesaran maka ukuran kaki dan sepatu harus sesuai. Mengetahui dimensi kaki bisa sangat membantu untuk mendapatkan ukuran sepatu yang tepat.

Perlu diketahui bahwa ukuran sepatu bisa sangat bervariasi di antara produsen. Oleh karena itu, kemungkinan mendapatkan ukuran yang tidak sesuai bisa saja terjadi ketika kamu membeli produk sepatu dari brand yang berbeda.

Sebagian besar toko sepatu online umumnya menampilkan diagram ukuran di situs mereka. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk menentukan ukuran apa yang cocok. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan lengkungan kaki (tinggi, sedang atau rendah), karena sepatu yang berbeda dirancang untuk berbagai jenis lengkung.

2. Tentukan Sepatu yang Diinginkan

Sepatu Adidas

Sebelum siap membeli sebuah produk sepatu secara online, kamu harus sudah mendapatkan ide mengenai produk dan model apa yang kamu inginkan. Parameter-parameter lainnya termasuk fungsi, fitur, material dan warna sepatu, gaya (lihat tips lainnya di bawah), dan pastinya ukuran sepatu.

Jika kamu hanya pergi dengan ide “ingin membeli sepatu online”, maka hal tersebut bisa memakan banyak waktu. Mengapa? Toko online berbeda dengan toko fisik di mana kamu tidak bisa langsung memilih, mencoba, dan membawa pulang produk yang kamu inginkan.

Jadi, pastikan hal ini sudah kamu rencanakan sebelumnya agar kamu tetap nyaman ketika berbelanja sepatu online.

3. Pilih Toko yang Memiliki Penawaran Bagus

Retur mudah

Tidak semua toko sepatu menawarkan sejumlah kemudahan dan penawaran yang bagus bagi para konsumennya. Dalam hal ini yang paling penting adalah kebijakan retur atau pengembalian barang dan uang yang mudah.

Jadi, jika kamu menemukan suatu masalah pada produk yang kamu beli, kamu bisa melakukan retur dan pergantian produk dengan yang baru atau pengembalian uang.

Penawaran lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah respon yang cepat, opsi pengiriman, gratis ongkos kirim (biasanya dengan minimal belanja), kecepatan pengiriman dan pengembalian, dan lain-lain.

4. Hindari Membeli Sepatu Murah

Harga murah

Jika kamu berencana untuk membeli sepatu premium atau original secara online, sebaiknya hindari produk yang harganya murah. Mengapa? Karena sepatu yang berkualitas tidak dijual dengan harga yang rendah.

Meskipun saat ini sudah banyak pabrikan sepatu ternama yang membuka toko online resmi, mereka jarang atau bahkan tidak pernah menjual produk premiumnya dengan harga yang tidak masuk akal.

Misal, Yeezy Boost 700 dijual resmi (retail) di Indonesia di angka Rp 4 jutaan. Jadi, jika ada toko yang menawarkan produk tersebut dengan harga yang jauh lebih murah, maka kamu perlu berhati-hati sebelum membelinya.

Jadi, agar terhindar dari produk palsu atau rusak, kamu bisa menerapkan tips yang satu ini. Kamu harus siap dengan harga yang mahal jika ingin memdapatkan produk premium yang berkualitas tinggi.

5. Pilih Fungsi Daripada Gaya

fungsi

Jika (mohon maaf) kamu bukan seorang public figure (yang umumnya sangat memperhatikan gaya berpakaian), kamu sebaiknya memilih fungsi daripada gaya ketika hendak membeli sepatu.

Tidak semua bidang pekerjaan memiliki kode berpakaian atau mengharuskan seseorang untuk tampil fresh dan kekinian setiap harinya. Sangat penting untuk memperhatikan fungsi daripada gaya karena kaki kamu sangatlah tidak ternilai, sehingga harus dibuat senyaman mungkin.

Jika pekerjaan mengharuskanmu untuk lebih banyak bergerak, khususnya di luar ruangan, maka sepatu premium adalah pilihan yang sangat bagus. Selain lebih awet, sepatu yang berkualitas umumnya dibuat dengan tingkat kenyamanan yang tinggi.

Beberapa orang berpikir bahwa sebaiknya membeli satu produk yang berkualitas daripada membeli banyak tapi tidak berkualitas. Apakah kamu salah satunya?

6. Beli di Situs Resmi

Membeli sepatu di situs resmi perusahaan bisa membantumu terhindar dari barang palsu dan rusak. Brand-brand ternama dunia seperti¬†Adidas (ditulis “adidas” dalam logonya) pastinya memiliki quality control yang sangat bagus, sehingga produk-produk yang mereka jual di situs resmi mereka sudah terjamin kualitasnya.

Sebagai informasi, brand sepatu asal Jerman ini sudah masuk ke Indonesia sejak lama. Mereka sudah memiliki toko online resmi lokal yang menjual berbagai macam produk terbaik untuk berbagai kalangan.

Adidas juga merupakan salah satu brand olahraga terbesar di dunia. Merk ini sudah sangat lekat dengan berbagai jenis olahraga, khususnya yang paling populer di dunia, yaitu sepak bola.

Jadi, jika kamu sedang mencari perlengkapan sepak bola terbaik, seperti pakaian, sepatu, sarung tangan kiper, kaus kaki, dan berbagai aksesoris sepak bola lainnya, maka Adidas adalah pilihan yang tepat dan direkomendasikan.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja di Adidas Indonesia termasuk gratis ongkos kirim dengan berbelanja minimal Rp 750.000, pengembalian yang mudah, respon yang cepat, dan masih banyak lagi. Sangat menarik, bukan?

Nah, itulah beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan saat hendak membeli sepatu secara online. Sudah siap membeli produk sepatu impianmu di toko online? Jika ya, selamat berbelanja.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *