Bacaterus / Mesin Cuci / 10 Tips Membeli Mesin Cuci yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan

10 Tips Membeli Mesin Cuci yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2019

Teknologi memang semakin berkembang dan sangat bermanfaat bagi semua orang. Salah satu perkembangan teknologi yang membawa manfaat positif bagi orang banyak adalah mesin cuci. Jika dahulu, Anda harus mengucek dan memeras pakaian ketika mencuci, kini tugas-tugas mencuci tersebut dapat diambil alih oleh mesin cuci.

Ada berbagai merk, tipe, dan kapasitas mesin cuci yang beredar di pasaran. Nah, agar Anda tidak salah dalam memilih mesin cuci yang tepat, Anda harus memperhatikan tips membeli mesin cuci dari Bacaterus berikut ini. Tips ini membantu Anda untuk memperoleh mesin cuci yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

1. Budget yang Anda Miliki

Uang

* sumber: medan.tribunnews.com

Nah, sebelum membeli mesin cuci, hitung dulu budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda membeli mesin cuci dengan harga yang melebihi budget Anda karena nantinya justru akan memperberat pengeluaran bulanan Anda.

Jika Anda menginginkan sebuah mesin cuci, tetapi dana yang dimiliki masih kurang, maka Anda bisa menunda dulu keinginan untuk memiliki mesin cuci sampai dana Anda mencukupi. Akan tetapi, jika kebutuhan Anda sudah terlalu mendesak, pilihlah mesin cuci dengan harga yang sesuai dengan dana Anda.

2. Perhatikan Daya yang Dibutuhkan Mesin Cuci

tips membeli mesin cuci

Mesin cuci adalah barang elektronik yang bekerja dengan mengandalkan daya listrik. Semakin besar daya yang digunakan oleh mesin cuci, semakin tinggi pula tagihan listrik yang harus dibayar. Pilihlah mesin cuci yang hemat pemakaian daya listrik.

Saat ini, ada beberapa brand yang mengeluarkan produk mesin cuci berjenis eco yang lebih ramah lingkungan dan hemat daya listrik. Selain itu, perhatikan juga cara menghemat listrik yang pernah kami ulas di halaman ini.

3. Sesuaikan Kapasitas Mesin Cuci dengan Kebutuhan

Cara Mencuci Handuk dengan Mesin Cuci

Kapasitas mesin cuci juga harus diperhatikan karena akan mempengaruhi harga dan daya listrik yang digunakan. Semakin besar kapasitas mesin, biasanya harganya juga akan semakin mahal dan penggunaan daya listriknya juga semakin besar.

Agar tidak sia-sia, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas yang sesuai dengan jumlah pakaian yang dicuci. Misalnya, mesin cuci dengan kapasitas 6 kilogram bisa digunakan untuk mencuci pakaian 1-3 orang. Sementara itu, jika jumlah orang lebih dari 4, sebaiknya pilih mesin cuci yang berkapasitas 8 kilogram atau lebih.

4. Pilih Jenis Mesin Cuci yang Tepat

tips memilih mesin cuci

Dewasa ini, ada 2 jenis mesin cuci, yakni mesin cuci top load (mesin cuci bukaan atas) dan mesin cuci front load (mesin cuci bukaan depan). Untuk keperluan mencuci pakaian sehari-hari, sebaiknya Anda memilih mesin cuci top load.

Mesin cuci top load ini terdiri dari 1 tabung atau 2 tabung. Mesin cuci 1 tabung lebih praktis karena dapat menjalankan siklus pencucian dan pengeringan secara otomatis. Sementara itu, mesin cuci 2 tabung terdiri dari tabung pencucian dan pengeringan, di mana Anda harus memindahkan pakaian dari tabung pencucian ke pengeringan secara manual.

Apabila Anda ingin membeli mesin cuci untuk keperluan membuka usaha laundry atau cuci kiloan, sebaiknya Anda memilih mesin cuci front load. Pasalnya, mesin ini memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk membersihkan pakaian dalam jumlah banyak.

5. Tentukan Merk Mesin Cuci Anda

AQUA Mesin Cuci

Bingung dalam memilih merk mesin cuci yang tepat? Tak perlu bingung. Karena selain merk, Anda juga harus mempertimbangkan berbagai aspek sebelum membeli mesin cuci, seperti harga, kapasitas, dan jenis.

Pada tips membeli mesin cuci kali ini, kami menyarankan Anda untuk memilih merk yang sudah ‘ternama’. Ini bukan berarti merk-merk baru itu buruk. Namun hal bertujuan untuk meminimalisir resiko kerusakan karena tak dapat dipungkiri bahwa merk memang mempengaruhi kualitas mesin cuci.

6. Fitur yang Dibutuhkan

mesin cuci android

Beda jenis mesin cuci, beda pula fitur yang ditawarkan. Karena perkembangan teknologi sudah semakin maju, maka perusahaan elektronik kerap kali menyematkan beberapa fitur mutakhir pada barang produksinya yang akan mempermudah proses pengoperasiannya.

Mesin cuci modern dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti fitur untuk mengontrol cucian melalui smartphone atau fitur pencucian lainnya. Pastikan Anda benar-benar membutuhkan fitur yang ada di mesin cuci tersebut. Jika tidak, carilah mesin cuci lain yang menyediakan fitur yang benar-benar Anda butuhkan.

7. Pilih Ukuran yang Pas

mesin cuci kecil

Dimensi mesin cuci ini juga merupakan poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin cuci. Pasalnya, jangan sampai Anda membeli mesin cuci yang tidak bisa diletakkan di tempat yang sudah Anda sediakan.

Sebelum membeli, ukur terlebih dahulu tempat yang Anda sediakan di rumah. Setelah berada di toko barang elektronik, pilih mesin cuci yang memiliki dimensi sesuai dengan ruang yang sudah tersedia agar nantinya tidak terlalu memakan banyak ruang.

8. Perhitungkan Lama Garansi

GARANSI UANG KEMBALI

Tak ada yang menjamin bahwa barang elektronik baru akan awet hingga 5 tahun ke depan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pembeli untuk memperhitungkan lama garansi yang diberikan ketika membeli sebuah barang elektronik. Garansi ini merupakan garansi resmi yang diberikan oleh brand elektronik itu sendiri. Pada umumnya, mesin cuci baru mendapat garansi resmi minimal 1 tahun.

9. Memudahkan atau Menyulitkan?

Pada dasarnya, mesin cuci dirancang untuk memudahkan proses pencucian pakaian. Jadi, jangan sampai fitur atau mode mesin cuci Anda membuat Anda kesulitan saat mencuci pakaian. Carilah mesin cuci yang menawarkan kemudahan untuk mencuci baju.

10. Beli di Retail yang Terpercaya

Jangan Tergiur dengan Mesin Cuci yang Terlalu Murah

Kecurangan bisa terjadi di mana saja, termasuk di tempat penjualan barang elektronik. Untuk mencegah kecurangan berupa bandrol harga di atas standar atau penggantian komponen mesin cuci secara ilegal, sebaiknya belilah mesin cuci di retail yang terpercaya dan memiliki track record penjualan yang positif.

Tips membeli mesin cuci ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli mesin cuci baru baik itu untuk keperluan rumahan ataupun untuk usaha laundry. Sebagai pembeli, kita memang harus cermat dan waspada saat hendak membeli mesin cuci atau barang elektronik lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Tips Membeli Mesin Cuci yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan”

  1. Artikelnya sangat membantu dalam memilih mesin cuci , apa lagi bagi org yg baru ingin mempunyai mesin cuci ☺, good?

Tinggalkan komentar