Bacaterus / Belanja Online / Ini Dia 10 Tips Membeli Emas di Toko Online yang Aman

Ini Dia 10 Tips Membeli Emas di Toko Online yang Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Desember 2018

Siapa yang tidak tertarik dengan emas? Logam mulia yang satu ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Tak heran jika banyak orang tertarik untuk berinvestasi emas karena harga jualnya di kemudian hari pasti lebih tinggi dari harga belinya.

Dewasa ini, transaksi pembelian emas tidak hanya bisa dilakukan di toko perhiasan. Ada banyak situs belanja online yang menjual emas dengan harga bersaing. Namun, apakah aman membeli emas secara online? Bacaterus akan memberikan tips membeli emas online yang aman. Tips ini akan membantu Anda membeli emas secara online dengan aman meskipun Anda tidak memiliki pengalaman bertransaksi emas di dunia maya.

10 Tips Membeli Emas Online

1. Pilih Toko yang Terpercaya

Pilih Toko yang Terpercaya Tips Membeli Emas Online

Emas adalah barang berharga bernilai tinggi. Sebagai konsumen, Anda harus jeli dalam memilih toko online yang terpercaya dalam menjual emas. Kredibilitas toko online tersebut harus jelas sehingga Anda dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Jika Anda ragu membeli di sebuah toko emas online, pertimbangkan untuk bertransaksi di situs jual beli online, seperti Tokopedia. Di platform jual beli online sejenis Tokopedia, keamanan dalam bertransaksi lebih terjamin. Uang yang Anda bayarkan akan ditahan oleh Tokopedia terlebih dahulu sebelum Anda menerima emas yang dikirimkan oleh penjual. Apabila emasnya sudah terima, maka uang akan diteruskan ke penjual.

2. Teliti Saat Memilih Penjual

Teliti Saat Memilih Penjual

Ketika Anda memutuskan untuk membeli emas di platform jual beli online sejenis Tokopedia, maka Anda harus teliti saat memilih penjual. Ada puluhan bahkan ratusan penjual emas online yang berada di Tokopedia. Pilih satu penjual yang paling meyakinkan.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih penjual emas di platform jual beli online. Pertama, baca review dari pembeli yang pernah melakukan transaksi dengan penjual tersebut. Review pelanggan terhadap Tokopedia bisa Anda baca di Indonesiareview.co.id.

Kedua, cek reputasi toko yang diberikan oleh situs jual beli online karena reputasi tersebut diberikan berdasarkan track record transaksi si penjual. Yang terakhir, lakukan tanya jawab singkat terhadap seller untuk meyakinkan diri Anda sendiri.

3. Cek Keaslian Review Pembeli

Cek Keaslian Review Pembeli

Tips membeli emas online yang aman adalah selalu baca review dari pembeli yang pernah bertransaksi di tempat Anda membeli emas. Sebagai konsumen, bacalah review di sini agar Anda lebih yakin sebelum memutuskan bertransaksi.

Itulah sebabnya mengapa kami merekomendasikan Anda untuk membeli emas di situs jual beli online. Pasalnya, situs jual beli online yang terpercaya selalu memiliki review yang jujur dari orang-orang yang pernah bertransaksi di sana. Hanya orang-orang yang pernah melakukan transaksi di situs jual beli tersebut yang bisa memberikan review-nya.  Berbeda dengan website toko emas online yang testimonial pembelinya belum terjamin keasliannya.

4. Perhatikan Keamanan Toko Online

Perhatikan Keamanan Toko Online

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum bertransaksi membeli emas antam secara online. Ketika memilih situs penjualan emas online, pastikan keamanan situs tersebut melalui beberapa hal berikut ini:

  • Ada https:// di depan nama domain
  • Terdapat gambar gembok atau kunci di address bar
  • Ketika melakukan pembayaran, ada kode OTP atau verifikasi ke email atau nomor HP Anda

Untuk menghindari pembajakan website, sebaiknya lakukan transaksi pembelian emas di situs jual beli online saja. Selain keamanannya terjamin, uang yang Anda bayarkan juga berada di pihak yang lebih jelas.

5. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Sebagai pembeli tentu saja kita ingin membeli barang dengan harga yang murah. Namun, ketika Anda membeli emas secara online justru Anda harus waspada terhadap toko online yang menjual emas dengan harga lebih murah dibanding penjual lainnya.

Emas yang terlalu murah dari harga pasaran memang perlu dicurigai. Bisa saja emas yang dijual memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibanding spesifikasi yang disampaikan. Sebagai contoh, di spesifikasi ditulis emas 24 karat, tapi yang datang justru emas 18 karat saja.

6. Pastikan Penjual Memberikan Sertifikat dan Kwitansi

Pastikan Penjual Memberikan Sertifikat dan Kwitansi

Saat membeli barang berharga seperti emas antam, tentu saja Anda berhak memperoleh sertifikat resmi dan kwitansinya. Kedua surat penting ini akan berguna ketika Anda hendak menjual emas tersebut. Jadi, pastikan penjual berkenan memberikan sertifikat dan kwitansi kepada Anda.

Untuk memastikan bahwa penjual bersedia memberikan sertifikat dan kwitansi pembeli emas, bacalah syarat dan ketentuan yang mereka tulis di lapaknya. Jika tidak ada keterangan mengenai hal ini jangan ragu untuk mengirim pesan kepada penjual agar Anda segera memperoleh jawabannya.

7. Hindari Membayar Biaya Lebih

Hindari Membayar Biaya Lebih

Maksud hati ingin membeli emas antam secara online, tapi mengapa Anda justru membayar emas tersebut lebih tinggi dari harga yang tertera? Tips membeli emas online yang harus Anda perhatikan adalah rincian biaya yang harus Anda bayar. Sebagai konsumen, jangan sampai Anda dirugikan oleh pihak penjual saat bertransaksi.

Penjual emas yang baik hanya mengenakan biaya pengiriman dan asuransi saja kepada pembeli. Selebihnya untuk menerbitkan sertifikat dan kwitansi seharusnya tidak dibebankan kepada pembeli. Kalau Anda menemukan penjual emas yang memberikan biaya tambahan, sebaiknya cari penjual lain yang tidak menambah biaya lain-lain yang memberatkan Anda.

8. Penjual Menjamin Keaslian Emas

Penjual Menjamin Keaslian Emas

Sebelum menerima emas yang sudah dibeli, Anda tidak dapat mengecek keaslian emas tersebut. Nah, tips membeli emas online adalah memilih penjual yang berani menjamin keaslian emas yang dijual.

Cara penjual menjamin keaslian emas dagangannya bisa bermacam-macam, ada yang menyertakan panduan mengecek keaslian emas melalui aplikasi atau memberikan jaminan “ganti baru” jika emas yang Anda terima tidak asli.

9. Mulai Membeli Ukuran Kecil

Mulai Membeli Ukuran Kecil

Ketika Anda sudah memantapkan hati untuk bertransaksi dengan salah satu penjual emas online, kini saatnya Anda memilih ukuran emas yang akan dibeli. Sebagai pemula, sebaiknya Anda membeli emas dengan ukuran kecil terlebih dahulu. Pilih emas dengan karat atau berat yang paling kecil.

Apabila transaksi berhasil dan Anda sudah memastikan bahwa emas yang diterima benar-benar asli dan sesuai keterangan, maka penjual tersebut bisa dipercaya sesuai dengan review orang-orang yang pernah bertransaksi dengannya. Selanjutnya, Anda bisa kembali bertransaksi dengan si penjual untuk membeli emas dengan ukuran yang lebih besar.

10. Pengiriman Menggunakan Asuransi

Pengiriman Menggunakan Asuransi

Mengirim emas tidak sama dengan mengirim makanan atau baju. Jika baju atau makanan tidak membutuhkan asuransi ketika dikirim melalui kurir, emas membutuhkan asuransi. Sebagaimana yang Anda ketahui, asuransi akan melindungi nilai barang yang dikirim jika saat pengiriman terjadi kerusakan atau kehilangan.

Tak ada salahnya menambah biaya untuk mengasuransikan emas yang kita beli secara online. Asuransi akan membuat kita lebih tenang saat menunggu emas tersebut sampai ke tangan kita.

Nah, itulah beberapa tips membeli emas online yang wajib Anda cermati. Ingat, selalu waspada ketika melakukan transaksi pembelian di dunia maya, terlebih jika barang yang diperjualbelikan adalah barang berharga seperti emas antam. Selalu perhatikan review pelanggan terlebih dahulu, untuk membuktikan kredibilitas penjual. Anda bisa mengetahui berbagai review pelanggan tersebut di Indonesiareview.co.id.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar