Bacaterus / Ingin Kuliah di Jerman? Pelajari Bahasanya dan Penuhi Syaratnya

Ingin Kuliah di Jerman? Pelajari Bahasanya dan Penuhi Syaratnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 September 2019

Study-in-GermanyKuliah di Jerman – Persiapkan masa depan dengan menuntut ilmu setinggi-tingginya. Tidak banyak orang yang memiliki kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri. Padahal saat ini untuk mendapatkan kesempatan tersebut sangatlah mudah. Hanya saja apakah diri kita mampu bersaing dengan mahasiswa dari seluruh dunia untuk mendapatkan satu kursi di universitas yang diinginkan.

Masuk ke perguruan tinggi lokal di Indonesia sudah menjadi hal yang biasa, tapi kalau kamu memiliki kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri kenapa tidak. Jika kesempatan tersebut datang sebaiknya jangan sia-siakan. Kamu juga bisa membangun kesempatan tersebut dengan rajin mempersiapkan dari sekarang.

Jerman yang telah menjadi tujuan banyak mahasiswa internasional untuk belajar terus menerus naik pamor. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang ingin berkuliah di sana, pasalnya universitas yang ada di Jerman termasuk tertua di Indonesia. Sudah banyak lulusan Jerman yang menjadi orang besar di seluruh dunia.

Baik di bidang bisnis atau politik kamu masih memiliki kesempatan besar untuk meraihnya. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa kuliah di Jerman? Yuk ikuti penjelasannya disini.

Tips Cara Belajar Bahasa Jerman dengan Mudah

dutch dictionary

Bisa belajar di Jerman adalah kesempatan yang besar bahkan jika mendapatkan beasiswa. Namun hal tersebut bukan mustahil jika kita berusaha dari sekarang. Caranya mudah, yaitu cukup menguasai bahasa Jerman dan asah kemampuan dalam menggunakan bahasa Jerman. Dapatkan prestasi sebesar-besarnya yang akan membuat diri kamu dilirik oleh banyak orang.

Mempelajari bahasa Jerman bagi orang Indonesia akan terdengar sangat sulit, namun bukannya tidak mungkin. Hanya perlu terbiasa mendengarkan dan menulis siapa saja bisa menguasainya dengan mudah. Ada beberapa tips mudah bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Jerman dengan cermat. Ikuti lima tips belajar bahasa Jerman yang mudah berikut ini:

1. Ikuti kursus bahasa Jerman

Mengikuti kursus adalah jalan pintas yang akan ditempuh semua orang. Kamu bisa mendapatkan materi yang telah disusun dengan baik untuk bisa segera dipahami. Melalui kursus kamu bisa mempelajari bahasa Jerman sesuai dengan kebutuhan. Seperti bahasa Jerman untuk berpariwisata atau untuk tujuan akademik.

2. Menghabiskan banyak waktu untuk membaca

Tips yang kedua adalah habiskan waktumu untuk membaca berbagai bahan bacaan yang menggunakan bahasa Jerman. Kamu mungkin sudah menguasai bahasa Jerman dasar di tempat kursus, tapi biasakan diri untuk membaca sehingga lebih cepat mengenali artinya. bacalah berbagai macam buku baik itu novel atau buku pelajaran.

3. Manfaatkan aplikasi

Kini dengan adanya smartphone akan sangat membantu siapa saja belajar lebih fleksibel. Ketika sedang menunggu seseorang kamu bisa bermain game bahasa Jerman dalam aplikasi. Bisa juga dimainkan sebelum tidur, setidaknya kamu mendapatkan kosakata bahasa Jerman baru setiap harinya melalui aplikasi ini.

Biaya Kuliah di Jerman yang Harus Dipenuhi

budget study abroad

Apabila kamu sudah mengikuti kursus bahasa Jerman di Virtu Education dan telah berhasil menguasai bahasa Jerman maka langkah selanjutnya adalah memperkirakan biaya masuk ke universitas tersebut.

Pentingnya mendapatkan informasi yang akurat akan rincian biaya kuliah semakin matang. Setidaknya cek satu per satu universitas yang telah dipilih soal biaya kuliah ini.

Menyusun biaya ini bisa dilakukan enam bulan atau tiga bulan sebelumnya. Pada waktu tersebut biaya semester yang baru pasti sudah diupdate di setiap website universitas. Saat menghitung biaya kuliah ini, ada beberapa jenis biaya yang harus dipertimbangkan sebagai berikut.

1. Biaya masuk kuliah

Temukan semua informasi terkait dengan biaya masuk kuliah. Setiap universitas berbeda, baik itu swasta dan juga negeri. Jika memilih universitas negeri maka biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih murah.

Sedangkan untuk universitas swasta akan lebih mahal. Biaya masuk yang juga harus diketahui adalah biaya per semester. Coba total berapa jumlah biaya masuk dan biaya per semester hingga kamu lulus kuliah.

2. Biaya akomodasi

Masing-masing kita memiliki biaya sewa tempat tinggal yang berbeda. Jika beruntung kamu bisa tinggal di asrama dengan biaya lebih murah dibandingkan sewa apartemen. Biaya akan semakin mahal jika kamu tinggal di kota besar seperti Berlin. Jika tinggal di kota kecil atau pinggiran maka akan banyak share house yang sangat murah untuk mahasiswa.

3. Biaya konsumsi, transportasi dan lainnya

Ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulan dan harus dihitung sejak awal. Perhitungan ini setidaknya akan memperkirakan berapa biaya yang harus kamu siapkan setiap bulannya. Apakah kamu akan membutuhkan pekerjaan part time untuk memenuhinya. Jangan sampai semua biaya ada yang kurang karena penting juga untuk syarat sebagai pembuatan visa.

Syarat Kuliah di Jerman yang Harus Dilengkapi

Apabila ingin masuk universitas ke Jerman, kamu setidaknya harus mengikuti Studienkolleg selama setahun. Program ini digunakan untuk menyamakan kemampuan seluruh calon mahasiswa dari seluruh dunia. Studienkolleg adalah satu syarat utama kamu akan berhasil masuk untuk ikut ujian universitas.

Apabila setelah mengikuti ujian masuk universitas gagal, kamu harus mengulang Studienkolleg dari awal. Jadi persiapan untuk bisa kuliah di Jerman tidaklah main-main. Dibutuhkan waktu yang lama dan persiapan yang matang sehingga sekali ujian kamu akan berhasil masuk.

Selain studienkolleg, ada beberapa syarat lain dalam bentuk dokumen yang harus dipenuhi. Masing-masing universitas biasanya memberikan syarat dokumen khusus, tapi setidaknya gambaran secara umumnya adalah sebagai berikut.

1. Surat motivasi

Kamu harus menulis surat motivasi yang isinya adalah alasan mengapa kamu memilih universitas di Jerman tersebut, jurusan hingga tujuan setelah lulus. Surat ini biasanya diminta untuk ditulis dengan tangan yang rapi. Semua surat dari calon mahasiswa akan dibaca dan menjadi seleksi pertama.

2. Surat rekomendasi

Penting sekali untuk mendapatkan surat rekomendasi dari dosen atau tempat kamu bekerja saat ini. Apalagi jika kamu memiliki prestasi yang dilirik oleh dosen dari Jerman, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan surat rekomendasi darinya. Surat ini akan berfungsi sebagai pendamping dokumen lainnya dan cukup membantu untuk bisa diterima.

3. Formulir pendaftaran

Jangan lupa untuk menyertakan formulir pendaftaran universitas yang bisa diunduh melalui masing-masing website universitas. Formulir pendaftaran ini harus diisi dengan benar dan sesuai dengan daftar riwayat hidup kamu.

Jurusan Kuliah di Jerman yang Menarik untuk Dipilih

scientist

Jangan hanya memilih universitas ternama saja, kamu juga harus memilih dengan benar jurusan yang diminati. Pemilihan ini juga berhubungan dengan surat motivasi yang tentunya akan sangat membantu. Ada beberapa jurusan di Jerman yang sangat terkenal di seluruh dunia. Berikut ini jurusan yang harus dipertimbangkan.

1. Science

Jerman yang terkenal dengan ilmu pengetahuannya sangat menarik perhatian seluruh mahasiswa di dunia. Science adalah ilmu yang paling banyak dipilih untuk dipelajari. Pilihlah jurusan dan universitas yang telah mendapatkan banyak penghargaan Nobel di bidang science.

2. Kedokteran

Ilmu ini selalu dicari dan hingga kini masih banyak memupuk mahasiswa dari seluruh dunia. Ilmu kedokteran Jerman adalah yang paling mutakhir, dengan cara pengobatan sejak dulu hingga sekarang. Semua peralatan kedokteran yang canggih menjadi perhatian utama.

3. Sastra dan Seni

Ilmu sastra dan seni juga tidak kalah menariknya dari dua ilmu pasti lainnya. Sastra di Jerman telah melahirkan banyak penyair dan inilah yang menarik. Kesenian di Jerman juga tidak ada yang bisa mengalahkannya mulai dari seni lukis hingga musik.

Itulah beberapa informasi penting yang wajib kamu ketahui ketika memutuskan untuk melanjutkan studi ke negri Panser ini. Persiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari agar impianmu untuk belajar di Jerman menjadi kenyataan dan berjalan lancar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar