bacaterus web banner retina

7 Tips Agar Lebih Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 25 Maret 2021

Datangnya bulan Ramadhan menjadi satu keberkahan bagi seluruh umat muslim di mana pun berada. Alangkah merugi jika kita melaluinya tanpa banyak beribadah dan menimba pahala. Ada banyak kegiatan bermanfaat dan pastinya berpahala yang bisa dilakukan selama menjalankan puasa Ramadhan. Salah satunya adalah membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya.

Sebagai umat Muslim kita semua pasti tahu bahwa Al-Qur’an diturunkan pada saat bulan Ramadhan. Seperti tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 158 yang terjemahannya berbunyi, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Membaca Al-Qur’an pada saat puasa akan memberi Anda banyak keutamaan. Beberapa di antaranya adalah dapat menyempurnakan ibadah puasa, menjadi ibadah sunnah paling baik, sebagai amalan mulia, mendapat pahala seperti pahala dalam menuntut ilmu dan pahala shalat sepanjang malam.

Mengetahui keutamaan tersebut, apakah Anda berniat untuk rutin membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadhan nanti? Jika jawabannya iya, berikut kami sampaikan tips khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan yang bisa Anda coba praktekkan.

1. Kuatkan Niat Terlebih Dahulu

Sumber: islami.co

Dalam melakukan apa pun, niat adalah pondasi terkuat. Menguatkan niat sejak awal akan memberi dorongan yang besar untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Bila di tengah jalan Anda merasa mulai lelah dan kehilangan motivasi, ingat kembali pada niat semula.

Melakukan hal baik akan selalu ada saja godaannya. Ini karena iblis telah bersumpah untuk senantiasa menyesatkan manusia. Ia akan mendatangi kita dari depan, belakang, kanan dan kiri. Oleh karena itu kuatkan dan perbaiki niat saat akan membaca dan mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an.

Lakukan ibadah ini semata hanya karena Allah. Luruskan hati hanya mengharap ridho dari-Nya. Jangan fokus pada keutamaannya terlebih dahulu, melainkan pada Allah. Biar Allah yang akan melimpahkan keutamaan-keutamaan itu pada Anda. Setelah niat terbangun dengan kuat, semua akan terasa lebih ringan.

2. Buat Perencanaan dan Catat Waktunya

Sumber: muslim.okezone.com

Tips khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan setelah niat adalah mulai buat perencanaan dan catat waktunya. Hal ini bertujuan untuk mengukur seberapa banyak ayat yang bisa Anda baca setiap harinya. Kesibukan Anda di tempat kerja atau kuliah juga harus dihitung, termasuk waktu istirahat.

Kita ambil contoh jika waktu istirahat Anda sebanyak 30 menit, maka gunakan 15 menit untuk beribadah (sholat dan mengaji) dan 15 menit lagi untuk makan. Buat perencanaan yang cukup fleksibel dan realistis dengan jadwal harian Anda. Selain di waktu istirahat, Anda bisa membaca Al-Qur’an setiap selesai shalat. Sempatkan barang 5 menit untuk mengaji. Dengan begitu dalam lima waktu Anda sudah meluangkan waktu sebanyak 25 menit.

Namun, alangkah lebih baik jika Anda menyisakan waktu lebih banyak untuk membaca Al-Qur’an setelah menunaikan shalat subuh. Rencanakan setidaknya satu hingga dua jam untuk bertadarus. Membaca Al-Qur’an pada pagi hari akan memberi Anda banyak berkah.

3. Targetkan Satu Hari Satu Juz

Sumber: madaninews.id

Agar tujuan Anda untuk khatam Al-Qur’an selama Ramadhan tercapai, mulai targetkan untuk membaca satu juz setiap harinya. Al-Qur’an memiliki 33 Juz, maka Anda bisa membaca dengan membaginya dalam 30 hari, sementara sisa 3 juz lagi bisa ditambahkan pada hari libur atau ketika Anda memiliki waktu luang lebih banyak.

Idealnya kita memang perlu menyempatkan dan meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an, bukan membacanya ketika sempat atau punya waktu luang. Jangan khawatir, sebab dengan menargetkan satu juz satu hari, Anda sudah berada di jalan yang benar. Baca secara konsisten setidaknya dua hingga empat lembar setiap harinya. Dengan izin Allah, Anda bisa khatam Al-Qur’an selama Ramadhan.

4. Manfaatkan Aplikasi Al-Qur’an dan Bawa Al-Qur’an Kecil

Sumber: belajaralquran.com

Kunci mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadhan adalah membacanya sesering dan sebanyak mungkin setiap harinya. Untuk itu Anda butuh membawa Al-Qur’an dalam bentuk yang lebih praktis. Di zaman yang serba canggih ini, kemudahan membaca Al-Qur’an sudah di depan mata. Anda hanya perlu memasang aplikasi Al-Qur’an pada smartphone. Cukup sekejap, ayat-ayat Al-Qur’an langsung bisa Anda baca.

Sayangnya, tidak semua orang nyaman membaca Al-Qur’an melalui layar handphone. Terlalu lama menatap layar akan membuat pusing dan lain-lain. Untuk menyiasati ini Anda bisa membawa Al-Qur’an ukuran kecil. Dengan ukuran yang mini, Anda dapat membawa dan membacanya kapan pun serta di mana pun. Hasilnya target satu hari satu juz pun lebih mudah terpenuhi.

Baca juga: 10 Tips Olahraga Waktu Puasa yang Menyehatkan

5. Baca Al-Qur’an di Banyak Tempat

Sumber: darunnajah.com

Jika memiliki tujuan untuk khatam Al-Qur’an selama Ramadhan, Anda harus membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an di mana saja. Baiknya memang di masjid atau mushola agar lebih khusyuk, tapi jika itu tidak memungkinkan, Anda bisa membacanya di mana pun. Misalnya saja saat Anda naik kendaraan sepulang beraktivitas atau saat hendak menuju ke suatu tempat.

Jika sedang janjian dengan teman, Anda juga bisa menunggunya sembari membuka dan membaca ayat-ayat Allah tersebut. Abaikan keramaian, Anda hanya perlu fokus pada bacaan. Hanya, bila membacanya di tempat umum, pastikan barang-barang berharga tetap aman dan terawasi ya! Bagaimana pun waspada diperlukan sebagai salah satu bentuk ikhtiar.

6. Rutin Melakukan Tadarus Bersama-sama

Sumber: griyaalquran.id

Ada kalanya kita dilanda jenuh saat membaca Al-Qur’an sendirian. Akibat dari hal itu, rencana khatam selama bulan Ramadhan pun bisa terganggu karena semua melenceng dari jadwal. Rasa jenuh yang diikuti rasa malas adalah musuh terbesar Anda dalam menyelesaikan ‘misi’ ini.

Namun, tidak usah khawatir sebab ada cara untuk menyiasatinya. Selain kembali mengingat pada niat awal, Anda bisa mengajak beberapa teman untuk tadarus bersama. Cari teman-teman yang punya misi sama dengan Anda, yaitu menyelesaikan Al-Qur’an selama Ramadhan. Dengan memiliki teman, Anda bisa saling mengingatkan dan menyemangati ketika rasa bosan mulai datang.

Jika diperlukan, buat semacam kompetisi. Siapa yang paling banyak membaca Al-Qur’an dalam satu hari akan mendapat hadiah dari hasil patungan bersama teman lainnya, sementara siapa yang paling sedikit, harus mentraktir buka puasa bersama keesokan harinya. Cara ini efektif memacu semangat sehingga Anda dan teman-teman bisa khatam Al-Qur’an sesuai target.

7. Gabung dengan Grup Online Para Pembaca Al-Qur’an

Sumber: insights.civicommrs.com

Tips khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah bergabung bersama grup online yang berisi para pembaca Al-Qur’an atau orang-orang yang punya goal sama. Tips ini berlaku terutama untuk Anda yang kesulitan mengumpulkan teman di kehidupan sehari-hari. Bergabung bersama grup semacam itu tidak ada ruginya. Tidak usah pula merasa malu karena kemampuan membaca yang masih rendah.

Selama di grup, Anda bisa melakukan diskusi dengan sesama anggota, berbagi video pembacaan surat dan ayat serta aktivitas menyenangkan lainnya. Hal-hal tersebut bisa mengundang mood yang hilang untuk kembali datang. Bila sudah demikian, rutinitas membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadhan akan bertambah menyenangkan.

Demikian tadi adalah beberapa tips khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan yang semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Hal terpenting dari ‘misi’ ini adalah niat dan istiqamah. Pastikan niat yang dimiliki hanya karena Allah ya! Ingat juga untuk tetap istiqamah dan betah. Jika bosan dengan rutinitas membaca Al-Qur’an selama Ramadhan, Anda harus segera mencari cara untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram